cara-membuat-email

Cara Membuat Email

Saat ini, memiliki akun email menjadi salah satu kebutuhan. Tak cuma untuk keperluan pribadi, namun juga untuk perusahaan . Hal ini karena email dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari media sosial sampai dengan verifikasi perbankan.

Electronic mail atau email adalah surat dalam format elektronik. Email dapat digunakan untuk banyak hal. Seperti untuk verifikasi di media sosial, perbankan, berkirim surat ke rekan bisnis, membuat blog, hingga mengirim CV untuk melamar pekerjaan.

Saat ini, hampir semua keperluan membutuhkan alamat email untuk melakukan validasi. Untuk itu, email pribadi sangat penting dimiliki sebagai salah satu identitas diri. Email merupakan surat elektronik yang digunakan sebagaimana kotak surat yang biasa ditemui di rumah-rumah . Bedanya, email hanya dapat menerima kiriman file-file digital saja seperti tulisan, gambar, dan lain sebagainya.

Selain itu, email juga digunakan sebagai identitas di internet ketika mendaftarkan diri ke sebuah layanan aplikasi atau jasa pembuatan website.

Rekomendasi Penyedia Layanan Email Gratis

Ada banyak sekali layanan email gratis yang bisa kamu gunakan, semisal Google Mail (Gmail),Yahoo, Outlook , Zoho Mail, Yandex dan webmail. Masing-masing layanan email mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang paling populer adalah Gmail dan Yahoo .

Supaya lebih tahu siapa saja penyedia email yang bisa kamu pilih, berikut adalah beberapa penyedia email populer saat ini:

1. Gmail

Layanan email gratis yang bisa kamu pakai adalah Gmail. Gmail muncul dan kemudian meruntuhkan dominasi Yahoo itu, digunakan di setiap smartphone Android. Jelas saja karena sistem operasi Android kini dimiliki oleh Google .

Dengan pengguna ponsel Android yang sedemikian besar, tak heran Gmail menjadi layanan email yang paling banyak digunakan.

Dengan Gmail, kamu bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Google di smartphone Android. Seperti Google Maps, Google Drive, Google Docs, Calendar, YouTube.

Google Drive adalah aplikasi penyimpanan awan yang powerful, lho! Cari tahu cara menggunakan Google Drive yuk!

Gmail juga sangat mudah disinkronkan dengan beragam aplikasi, baik yang berbasis aplikasi mobile maupun desktop.

Untuk memudahkan penggunaan, kini Google menyediakan layanan bernama Google Workspace. Sebuah layanan yang ditujukan agar berbagai aktivitas yang menggunakan Google jadi lebih maksimal Cari tahu tentang Google Workspace di sini.

2. Yahoo Mail

Meskipun berawal sebagai mesin pencari , Yahoo memiliki Yahoo Mail sebagai layanan andalannya. Yahoo Mail adalah sebuah layanan email gratis yang disediakan oleh Yahoo untuk mengirimkan surat elektronik ke semua orang. Bahkan, bisa digunakan untuk mengirim email marketing, lho!

Pelajari cara membuat email marketing di blog IDwebhost.

Dengan adanya layanan ini, maka pengguna bisa mendapatkan banyak kemudahan. Tak hanya berkirim surat elektronik dengan mudah, tetapi juga terintegrasi dengan berbagai layanan Yahoo lainnya.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan Yahoo Mail. Secara fitur, Yahoo Mail tergolong lengkap. Fitur attachment atau lampiran misalnya. Fitur ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk bisa melampirkan attachment dengan ukuran maksimal sebesar 25 MB.

Besarnya ukuran file yang sanggup “digendong” oleh Yahoo Mail ini tentu saja dapat memudahkan pengguna untuk mengirim file berkapasitas besar di email, tanpa khawatir terjadi masalah.

3. Zoho

Penyedia layanan email gratis untuk bisnis yang pertama adalah Zoho. Platform yang satu ini menyediakan pilihan free plan bagi kamu yang ingin membuat email gratis menggunakan nama domain perusahaan atau bisnis. Berikut adalah cara daftar email gratis di Zoho:

  • Buka website Zoho
  • Klik Free Plan, lalu pilih Get Started
  • Masukan domain website bisnis
  • Lengkapi informasi bisnis lalu klik proceed

Email gratis untuk bisnis dari Zoho hanya bisa digunakan untuk lima username dalam satu domain dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB.

Mau mengirim file besar? Ada caranya lho, langkah-langkahnya juga sangat mudah!

Apa Fungsi Email yang Sesungguhnya?

Sebelum membahas tentang cara membuat email, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu tentang apa fungsi dari email.

Berikut adalah fungsi utama email:

  • Berkirim Pesan

    Fungsi email pertama adalah memudahkan dalam berkirim pesan . Email bisa mengirimkan pesan yang kamu buat kepada orang lain dalam hitungan detik.

    Berkirim pesan menjadi fitur paling dasar dari email. Kamu bisa mengirim email pada siapa saja. Bukan hanya email pribadi, tapi juga email bisnis yang berisi penawaran kepada pelanggan, juga bisa kamu kirimkan.

  • Untuk Pendaftaran Akun Social Media:

    Di era sosmed saat ini, kamu membutuhkan email untuk melakukan pendaftaran. Media sosial seperti seperti Facebook , Twitter dan Instagram membutuhkan email untuk registrasi dan verifikasi.

  • Untuk Instalasi Aplikasi

    Kegunaan lainnya dari email adalah untuk menginstal aplikasi tertentu di smartphone. Contohnya, bagi kamu pengguna smartphone android pastinya membutuhkan akun untuk bisa mengunduh aplikasi via Playstore.

    Tanpa akun email , kamu tidak akan bisa mengunduh dan melihat aplikasi apa yang sedang trending saat ini.

  • Promosi Produk dan Jasa

    Kegunaan lain dari email adalah keperluan untuk promosi jasa dan produk tertentu. Dengan memanfaatkan email kamu pun akan bisa melakukan promosi dengan mudahnya. Kamu bisa mengirimkan promosi maupun penawaran kepada lebih banyak orang.

Tipe-Tipe Email

Dua tipe email yang selama ini umum diketahui adalah email pribadi dan email bisnis. Email pribadi tentu digunakan untuk keperluan pribadi. Seperti untuk registrasi aplikasi, game, dan layanan perbankan.

Sedangkan email bisnis, seperti namanya digunakan untuk keperluan bisnis. Mulai dari melakukan penjualan , promosi, dan menjalin relasi dengan perusahaan lain.

Cara Membuat Email di Google

Google Mail atau Gmail merupakan layanan email berbasis web. Layanan email besutan Google ini banyak digunakan karena beberapa kelebihan.

Yang utama adalah satu akun Gmail dapat digunakan untuk mengakses semua produk Google, seperti Google Drive , Blogger, YouTube , Playstore dan lain sebagainya.

Kemudahan inilah yang membuat Gmail lebih populer dibandingkan kompetitornya yang lain. Seperti Yahoo , misalnya.

Untuk membuat email Google caranya juga sangat mudah. Kamu bisa membuatnya dari desktop dan smartphone. Berikut adalah cara membuat email Google via desktop

  • Masuk ke Halaman Utama Gmail

    Langkah pertama, silakan masuk ke halaman utama Gmail. Karena belum memiliki akun, silakan klik tombol Buat Akun/Create Account pada bagian kanan atas seperti gambar di bawah ini:

    cara-membuat-email
  • Langkah kedua Cara Membuat Email

    Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Di halaman ini, kamu diminta untuk mengisi kolom nama lengkap, nama pengguna, dan password. Google mewajibkan pengguna memasukkan minimal 8 karakter.

    Contohnya seperti gambar di bawah ini

    cara-membuat-email
  • Langkah ketiga cara membuat email

    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukkan nomor telepon (opsional), email pemulihan (opsional), tanggal lahir, dan gender. Ada empat pilihan di kolom gender dan kamu bisa memilih salah satu diantaranya. Jika sudah, klik Next.

    cara-membuat-email
  • Langkah Keempat: Menyetujui persyaratan layanan Google

    Langkah cara membuat email di Google via desktop yang terakhir adalah menyetujui persyaratan layanan Google. Baca dengan seksama persyaratan tersebut, lalu klik tombol I Agree di bagian bawah halaman.

    cara-membuat-email

    Selamat! Setelah beberapa proses di atas, email Gmail kamu sudah siap digunakan.

    cara-membuat-email

Cara Membuat Email Google via Smartphone

Tak hanya menggunakan dari desktop, kamu juga bisa membuat email Google dari smartphone. Meskipun menggunakan layar yang kecil, smartphone dapat digunakan untuk membuat email dengan nyaman. Berikut adalah cara membuat email Google dari handphone:

  1. Langkah pertama Cara Membuat Email Google dari smartphone

    Langkah pertama, masuk ke menu Gmail di smartphone kamu. Klik bagian profil di bagian kanan atas, lalu akan muncul pilihan seperti gambar di bawah. Silakan klik Tambahkan Akun Lainnya.

    cara-membuat-email
  2. Langkah kedua

    Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Silakan klik Buat Akun > Akun Sendiri

    cara-membuat-email
  3. Langkah Ketiga Kemudian, kamu akan diarahkan untuk memasukkan nama. Setelah itu klik Berikutnya
    cara-membuat-email
  4. Langkah keempat Kemudian, kamu diminta untuk memasukkan informasi dasar. Seperti tanggal lahir dan gender. Setelah itu, Klik Berikutnya.
    cara-membuat-email
  5. Langkah kelima Pada tahapan ini, Google memberikan tiga pilihan penamaan email pada penggunanya. Silakan pilih opsi yang diinginkan.
    cara-membuat-email
  6. Langkah keenam Buat kata sandi yang rumit. Password yang rumit berguna untuk mengamankan akun Google di smartphone. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan Two Factor Authenticator , ya!

Cara Membuat Email Bisnis

Selain untuk keperluan pribadi, email juga sangat penting untuk bisnis. Jadi, kamu perlu untuk membuat email bisnis

Lantas, bagaimana sih, cara membuat email bisnis itu?

Tenang, cara membuat email bisnis itu cukup mudah, lho. Terdapat tiga cara membuat email bisnis, antara lain:

  • Membuat email bisnis dari cPanel IDwebhost
  • Membuat email bisnis menggunakan Zoho
  • Membuat email bisnis menggunakan Google Workspace

1. Cara Membuat Email Bisnis via cPanel IDwebhost

Cara membuat email bisnis dari cPanel IDWebhost sangat mudah. Berikut cara membuat akun email di cPanel IDwebhost:

  1. Login ke akun cPanel IDwebhost. Masukkan username dan password, lalu klik Masuk
  2. Di dashboard, pilik menu Email Account cara-membuat-email

    Klik tombol Create untuk membuat email baru:

    cara-membuat-email
  3. Masukkan data yang diminta

    • Domain Pilih nama domain untuk emailmu.
    • Username Masukkan username untuk email.
    • Password Buatlah password yang kuat untuk keamanan akun email milikmu
    cara-membuat-email
  4. Jika muncul keterangan seperti gambar di bawah, email bisnis sudah berhasil dibuat:

    Selamat, kamu berhasil membuat email dengan domain bisnis menggunakan cPanel. Untuk memeriksa email, silakan klik tombol Check Email . Kamu juga bisa lho, mengubah pengaturan pada email. Caranya dengan klik menu Manage . Sedangkan tombol Connect Device berguna untuk menyambungkan perangkatmu dengan email. cara-membuat-email

    Bagaimana, cukup mudah bukan, cara membuat email bisnis menggunakan cPanel ?

    Hanya saja, ada satu kekurangan fitur email cPanel . Salah satunya tentang disk space yang terbatas sebesar 10 GB.

2. Cara Membuat Email Bisnis Dengan Zoho Mail

Layanan lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat email bisnis adalah Zoho Mail . Zoho menyediakan pilihan paket yang bisa kamu pilih. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan paket Free Plan untuk mencobanya.

Sebelum mendaftar ke Zoho , pastikan kamu sudah memiliki domain dan hosting, ya. Berikut cara membuat email bisnis menggunakan Zoho:

  1. Masuk ke website Zoho, klik opsi Email Bisnis
  2. Masukkan nama, email/nomor telepon, dan password untuk membuat akun Zoho.
    Jika sudah, klik Sign Up. cara-membuat-email
  3. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email atau nomor telepon yang kamu gunakan pada saat mendaftar. cara-membuat-email
  4. Tambahkan domain yang sudah kamu miliki di bagian Add an existing domain dengan klik Add Now. cara-membuat-email
  5. Masukkan domain dan informasi bisnismu pada kolom yang tersedia. Jika sudah, klik Add. cara-membuat-email
  6. Langkah selanjutnya adalah verifikasi. Klik Proceed to domain verification untuk memverifikasi domainmu. cara-membuat-email
  7. Ada tiga cara verifikasi domain yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan: TXT Record, CNAME Record, atau upload file HTMLdi website. cara-membuat-email
  8. Jika sudah klik Verify dan lanjutkan tahapan pengaturan hingga Zoho Mail milikmu bisa digunakan.

    Jika menggunakan Zoho yang gratis, kamu akan mendapatkan email 5 GB, maksimal lampiran 25 MB dan dapat digunakan hingga 5 pengguna.

3. Cara Membuat Email Bisnis dengan Google Workspace

Google Workspace dulu dikenal sebagai Google Suite . Workspace adalah layanan email yang memungkinkan penggunanya membuat email menggunakan domain sendiri dan tetap menggunakan Gmail untuk mengoperasikannya.

Pada dasarnya, Google Workspace adalah layanan berbayar. Namun kamu bisa mencoba versi gratisnya selama 14 hari. Setelah masa trial selesai, kamu harus membayar biaya berlangganan 3 Dollar Amerika per bulan.

Lantas, bagaimana

  • Langkah 1:
    Dari halaman utama Google Workspace, klik Start Free Trial cara-membuat-email
  • Langkah 2:
    Masukkan nama bisnis , jumlah karyawan, dan region. Jika sudah, klik Next. cara-membuat-email
  • Langkah 3:
    Isi kolom info kontak sesuai dengan data milikmu. Ini karena kamu akan menjadi admin Google Workspace . Jika sudah klik Next.
  • Langkah 4:
    Mengisi email menggunakan domain sendiri. Jika sudah memiliki domain sendiri, silakan klik Yes, I have one that I can use. cara-membuat-email
  • Langkah 5:
    Masukkan nama domain. Nama domain inilah yang akan digunakan untuk membuat custom domain. cara-membuat-email
  • Langkah 6:
    Konfirmasi email cara-membuat-email
  • Langkah 7:
    Kamu bisa memilih apakah ingin mendapatkan informasi terbaru dari Google atau tidak. Kamu bebas menentukan. cara-membuat-email
  • Langkah 8:
    Membuat email untuk login ke Google Workspace. Berikan ceklis pada kolom captcha, setelah itu klik Agree and Continue

    Itulah tadi cara membuat email bisnis menggunakan Google Workspace.

    cara-membuat-email

Jadi, kapan membuat email bisnis?

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah membuat email bisnis. Tak hanya meningkatkan trust, email bisnis membuat kamu tampak lebih profesional.

Kini, membuat email untuk bisnis juga sangat mudah. Kamu bisa mencoba membuat email bisnis menggunakan tiga cara di atas.

Mulai dari cara membuat email bisnis menggunakan cPanel , Zoho Mail, dan Google Workspace.

Untuk kamu yang baru saja memulai bisnis, membuat email menggunakan Google adalah pilihan yang bijak bisa digunakan secara gratis.

Namun jika bisnis kamu sudah berkembang lebih besar, Google Workspace bisa menjadi pilihan. Menggunakan Google Workspace banyak untungnya. Semua pekerjaan berjalan lancar dan dapat diakses dari komputer, tablet, dan smartphone.

Kembangkan ide bisnismu dengan memilih nama domain sendiri. Untuk semua keuntungan itu, Google Workspace IDwebhost bisa kamu dapatkan mulai dari 79 ribu Rupiah per bulan.

Gunakan Google Workspace Untuk Scale Up Bisnismu. Beli Sekarang!