Cara Mengatasi Email Android Tidak Bisa Connect ke Server
Blog Tutorial Cara Mengatasi Email Android Tidak Bisa Connect ke Server

Cara Mengatasi Email Android Tidak Bisa Connect ke Server

Menggunakan email di perangkat mobile atau smartphone akan memberikan banyak keuntungan. Utamanya, Anda akan lebih cepat dan mudah dalam mendapatkan dan membagikan informasi via email. Bagi Anda yang menggunakan email untuk bisnis, tentu ini akan banyak membantu perkembangan bisnis Anda. Namun sering kali email bisnis mengalami kendala, salah satu kendalanya adalah tidak bisa terhubung ke server. Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa membaca tutorial kali ini mengenai cara mengatasi email android tidak  bisa connect ke server.

Penyebab Email Android Tidak Bisa Connect Ke Server

Ada baiknya Anda mengetahui penyebab email Android tidak bisa connect ke server. Ini bisa disebabkan oleh berbagai  hal, baik dari internal atau pun eksternal. Penyebab paling sering terjadi adalah adanya problem pada koneksi internet, selain itu juga terjadinya problem pada konfigurasi email.

Konfigurasi email ini menjadi penting untuk Anda perhatikan agar email bisnis bisa berjalan normal di aplikasi Android. Biasanya ada terjadi  kesalahan pada penggunaan port. Anda menggunakan port 25 yang mana port ini biasanya diblok oleh ISP. Karena adanya blok oleh ISP, maka port ini tidak dapat menyambungkan aplikasi Android ke server Anda.

Masalah lain yang juga bisa menjadi penyebab adalah, adanya kendala pada internal  server yang Anda gunakan. Untuk persoalan server ini, Anda bisa melihat secara langsung melalui akun server Anda. Karenanya,  penting untuk menggunakan jasa layanan server yang profesional. Anda bisa memilih hosting murah dan berkualitas dengan layanan profesional untuk menghindari kendala pada server Anda.

Cara Mengatasi Email Android Tidak Bisa Connect ke Server

Bagaimana cara mengatasi email android yang tidak bisa connect ke server? Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Cek Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet Email

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan cek koneksi internet Anda. Jangan sampai penyebab gagal koneksi karena jaringan internet Anda  terganggu atau berjalan lamban. Anda bisa mematikan terlebih dahulu data Anda atau jaringan wifi Anda. Lalu menghubungkan ulang dan memastikan bahwa koneksi internet terhubung dengan baik ke smartphone Anda.

Jika ternyata koneksi internet Anda sudah normal, dapat Anda gunakan untuk mengakses aplikasi lainnya, namun tetap tidak dapat Anda gunakan untuk menyambungkan email Android Anda ke server, maka Anda perlu untuk melakukan pengecekan pada langkah ke dua.

2. Mengubah Port Menjadi 587

Mengatasi Eror Email Port

Penyebab Email Android tidak bisa connect ke server adalah adanya kesalahan pada port yang Anda pilih. Kesalahan ini membuat port Anda diblokir oleh ISP. Maka, Anda bisa mengubah  port Anda agar tidak lagi diblokir oleh ISP.

Anda bisa mengubah port Anda menjadi Port 587. Caranya sebagai berikut ini:

– Silakan menuju Outgoing Server Pada Pengaturan Email Anda.
– Detail pada outgoing server diisi seperti detail pada incoming server.
– Kemudian untuk port silakan isi dengan 587
– Security type pilih SSL/TLS (Accept all certificates).

3. Hubungi Penyedia Layanan Anda

Hosting Untuk Email Terpercaya

Jika Anda telah memastikan kedua langkah di atas dilakukan dengan tepat, namun email bisnis Anda masih tidak dapat terkoneksi ke server Anda. Maka Anda sebaiknya menghubungi penyedia layanan server Anda. Bisa jadi, telah terjadi kendala di internal server yang Anda gunakan.

Menghubungi penyedia layanan menjadi langkah yang tepat, hal ini untuk menghindari terjadinya masalah yang lebih serius. Jika Anda memang belum pernah atau tidak memiliki kapasitas dalam melakukan konfigurasi server. Guna menghindari kesalahan yang tidak diinginkan maka sebaiknya meminta bantuan dari layanan Anda.

Bagi Anda pengguna IDwebhost Anda bisa mendapatkan layanan 24 Jam ketika Anda mengalami gangguan atau kendala  terkait layanan yang Anda gunakan. Layanan penuh ini menjadi pilihan banyak pengguna hosting di Indonesia karena memberikan kemudahan dan kecepatan penanganan ketika layanan mereka mengalami kendala.

Patut diingat, ketika Anda memasuki bisnis digital Anda perlu untuk menggunakan layanan yang prima kepada calon pengunjung atau pelanggan Anda. Jangan sampai komunikasi terputus karena layanan Anda mengalami kendala yang berkepanjangan. Seperti dalam kasus ini  email bisnis Anda tidak dapat Anda gunakan karena adanya gangguan layanan pada server Anda.

Pentingnya Email Bisnis Connect di Smartphone

Pentingnya Email Bisnis

Dalam era digital yang serba cepat, dibutuhkan komunikasi yang cepat, utamanya bagi Anda pelaku bisnis. Ketika Anda dapat terhubung secara terus menerus dengan pelanggan, terhubung dengan informasi terbaru, maka Anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis Anda.

Selain itu memiliki email bisnis yang mana menggunakan nama domain bisnis Anda, akan menunjukkan kesan profesional dibandingkan ketika Anda menggunakan layanan email pada umumnya. Ini juga memiliki keunggulan untuk mempermudah pelanggan Anda dalam mengingat selalu bidang atau merek bisnis Anda.

Sebagai gambaran, ketika Anda rajin menggunakan email bisnis untuk memperbaharui komunikasi dengan pelanggan Anda, maka mereka akan lebih dekat dengan bisnis Anda. Ketika ada promosi, ada produk baru, mereka akan lebih cepat Anda jangkau untuk mendapatkan informasi produk atau jasa Anda. Maka email bisnis ini penting, agar Anda tetap terhubung dan dapat memberikan update secara terus menerus.

Untuk Anda mendapatkan email bisnis yang baik, maka ada berbagai syarat yang Anda perlukan. Misalnya Anda perlu memilih nama domain untuk email bisnis Anda yang paling sesuai dengan brand Anda. Mengapa? Karena dalam era digital bisa jadi nama bisnis Anda sudah digunakan oleh orang lain, oleh sebab itu ketika Anda memiliki ide nama bisnis, alangkah baiknya untuk mempersiapkan memilih nama domain bisnis Anda terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dengan menggunakan email di smartphone kita akan lebih mudah terhubung dengan bisnis kita.  Maka penting untuk memperhatikan email bisnis kita, jangan sampai email kita mengalami masalah tanpa kita sadari. Juga menjadi penting untuk menggunakan layanan yang prima untuk kebutuhan bisnis.

Dalam kebutuhan email bisnis misalnya, Anda membutuhkan nama domain bisnis yang terpercaya, artinya nama domain yang Anda gunakan bukan domain bermasalah. Sering kali ada domain yang sebelumnya digunakan untuk keperluan ilegal atau bermasalah, seperti untuk situs judi, atau pengirim spam. Maka menjadi penting memastikan domain yang Anda miliki bebas dari penggunaan yang negatif sebelumnya.

Anda bisa mendapatkan beragam domain  murah berkualitas dengan promosi diskon setiap harinya hanya di IDwebhost. Penyedia layanan domain IDwebhost telah menjadi bagian dari ratusan ribu bisnis di Indonesia. Nah, bagi Anda yang akan go digital, mulai dari sekarang menjadi bagian dari IDwebhost dalam memenuhi kebutuhan digital Anda.

Selain domain, pastikan server atau hosting yang Anda gunakan adalah hosting yang berkualitas prima. Jangan sampai, email Anda tidak terhubung karena kendala teknis pada server. Ini akan menjadikan Anda kehilangan banyak waktu untuk terhubung dengan pelanggan. Pastikan Anda menggunakan domain murah terpercaya untuk website bisnis dan email Anda.

Penggunaan email bisnis ini sangat penting dalam era bisnis digital! Maka ketika kita mengalami masalah gagal connect menjadi mendesak untuk segera mengatasi agar kembali terhubung. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Email Android Tidak Bisa Connect ke Server semoga dapat membantu Anda mengakses email melalui perangkat Android Anda. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.