Menghapus Isi Email Trash di cPanel, Sent Item Ataupun Inbox
Blog Tips Keren Menghapus Isi Email Trash di cPanel, Sent Item Ataupun Inbox

Menghapus Isi Email Trash di cPanel, Sent Item Ataupun Inbox

Sebuah filter email di cPanel mempunyai fungsi dalam menyaring email yang masuk ditentukan berdasarkan kategori tertentu. Sehingga nantinya akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan dalam email. Apalagi jika email yang masuk dalam jumlah banyak sampai dengan ratusan. Contohnya, ketika Anda ingin menyaring email dan menghapus isi email trash di cpanel ditentukan berdasarkan kata, subject, penerima   email, balasan email dan lain sebagainya.

Menghapus Isi Email Trash di Cpanel

menghapus isi email trash di cpanel

Email yang nantinya akan dihapus dari folder yang ada di inbox atau sent item yang ada di webmail, maka tidak akan langsung terhapus dari server. Hal tersebut dapat terjadi karena semua email yang masuk akan masuk ke dalam folder trash terlebih dahulu. Jika Anda mendapatkan sebuah email yang berisi tentang email over quota, maka hal tersebut dapat terjadi jika Anda masih menyimpan email yang sifatnya tidak penting didalam folder trash. Yang harus Anda perhatikan, email yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan seperti semula. Jika Anda ragu, Anda dapat menghubungi pusat penyedia layanan hosting yang Anda gunakan.

Berikut ini merupakan panduan atau langkah-langkah dalam menghapus isi email trash di cPanel:

  1. Login terlebih dahulu ke dalam akun cPanel hosting milik Anda. Pilihlah menu “disk space usage”.
  2. Klik pada tanda > pada mail Anda. Hal ini dilakukan agar Anda nantinya dapat menampilkan isi file yang ada didalam folder main tersebut.
  3. Pilihlah nama domain yang akan Anda periksa, dengan meng-klik tanda >
  4. Selanjutnya, pilih nama akun email Anda, dengan cara meng-klik tanda >
  5. Selanjutnya, nantinya akan terlihat folder trash yang memang digunakan untuk menyimpan file yang dicari. Sebagai contoh, dalam file trash terdapat folder ‘cur’ dan ‘new’.
  6. Jika Anda sudah menemukan letak file trash dimana berada. Selanjutnya, Anda klik file trash yang nantinya Anda akan dibawa ke tab baru yang berbeda.
  7. Hapuslah file ‘cur’ dan ‘new’ yang terletak pada file trash.
  8. Kemudian, create ulang folder yang sudah dihapus dengan cara meng-klik “new folder’.

Dengan cara tersebut Anda sudah bisa menghapus isi email yang berada di folder trash lewat cPanel hosting Anda.

Menghapus isi Email Trash, Sent Item dan Inbox di cPanel

menghapus isi email trash di cpanel

Biasanya, kapasitas hosting akan penuh yang disebabkan oleh penggunaan dari email atau email disk usage. Jika diperinci, disk usage terdiri atas folder trash, send item, inbox dan juga spam. Seperti halnya pada email pada umumnya. Dan agar dapat mengurangi disk space usage langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus file email yang statusnya sudah tidak diperlukan lagi. Saat ini untuk melakukan hal tersebut sudah sangat mudah, karena sudah terdapat fitur “email disk usage”. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan login ke dalam cPanel hosting dan selanjutnya pilih pada menu “email disk usage”.
  2. Kemudian, pada kolom account, Anda dapat memilih akun email mana yang akan dihapus isi “folder trash” pada emailnya.
  3. Dalam kolom trash, nantinya Anda akan menemukan menu Actions dan pilihlah pada menu Manage dan selanjutnya pilih “Delete Permanently”.

Menghapus Isi Email Trash di cPanel Horde

Agar Anda dapat menghapus isi email trash di cPanel horde, Anda perlu untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah kedalam folder inbox email pada cPanel Anda
  2. Pilihlah email yang akan Anda hapus dengan cara melakukan atau memberikan centang pada email yang akan Anda hapus.
  3. Pilihlah tombol DELETE yang nantinya akan menghapus email tersebut. Email yang sudah berganti warna menjadi warna abu-abu akan tetap ada dalam inbox. Jika Anda tetap ingin menghapus email tersebut, kliklah PURGE DELETE. Maka selanjutnya, email tersebut akan otomatis terhapus dari server.

menghapus isi email trash di cpanel

Jika Anda ingin tetap untuk menyimpan email pada folder trash yang tersedia, karena jika email dihapus maka tidak akan muncul kembali pada inbox email. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada Options
  2. Pilihlah Deleting and Moving Messages.
  3. Centanglah pada When deleting messages, move them to your Trash folder instead of marking them as deleted? Dan selanjutnya pilihlah folder yang Anda inginkan untuk dihapus. Seringkali, folder yang dipilih adalah folder trash. Kemudian pilih dan klik save.
  4. Jika settingan tersebut sudahAnda lakukan, maka email tersebut akan dihapus dan otomatis masuk ke dalam folder trash. Selanjutnya Anda dapat menghapus email yang terdapat pada folder trash dengan menggunakan cara yang sama.

Melakukan Pengecekan Quota Hosting cPanel

Ketika sudah digunakan, dalam cPanel Anda akan terjadi pengurangan jumlah penggunaan dari disk space account. Karena jika quota disk space bisa saja penuh jika Anda terlalu sering melakukan update pada isi website atau mengisi dengan postingan dengan tulisan yang terdapat pada blog atau website Anda. Yang harus Anda ketahui adalah jika quota disk space termasuk dalam pengunaan email, sehingga termasuk dalam folder sent dan juga trash, database dan file website yang letaknya ada didalam folder public_html.

Sebenarnya, Anda dapat langsung melihat jumlah disk space yang Anda gunakan. Sisanya adalah dengan melihat status yang ada dihalamn cPanel yang terletak pada sebelah kiri. Namun, kekurangannya adalah status tersebut tidak di update secara real time, sehingga Anda harus menunggu beberapa menit agar statusnya berubah untuk kemudian menunjukkan nilai yang sebenarnya. Anda juga bisa menghapus isi email trash di cPanel agar bisa mengurangi space quota penuh yang terdapat pada cPanel.

Cara yang paling mudah adalah dengan melihat pada Disk Space Usage yang ada didalam cPanel. Disana, nantinya Anda akan dapat melihat ukurang dari masing-masing direktori, sehingga Anda akan dapat mengetahui folder manakah yang bisa membuat account hosting Anda penuh.

menghapus isi email trash di cpanel

Yang Terjadi Jika Hosting Penuh

Jika akun hosting Anda dalam keadaan penuh spacenya, maka akan terdapat beberapa gangguan yang bisa saja muncul, antara lain:

  • Tidak dapat menerima atau mengirimkan email.
  • Tidak dapat melakukan upload data atau file ke account hosting
  • Akan muncul error 500 atau internal server error yang ada pada website.

Jika yang membuat quota space Anda penuh adalah direktori public_html, maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan menghapus file yang sudah tidak digunakan sehingga akan menghemat disk space. Bedanya, jika disk usage summary memperlihatkan bahwa direktori mail penuh, maka Anda dapat masuk ke dalam webmail, agar selanjutnya menghapus email yang terdapat dalam folder trash dan sent.

Jika sudah dihapus namun masih penuh, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan upgrade pada paket hosting yang Anda gunakan agar dapat menampung banyak file dan juga email. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.