Tips dan Cara Mengatasi Webmail Tidak Bisa Login
Blog Tips Keren

Tips dan Cara Mengatasi Webmail Tidak Bisa Login

Webmail tidak bisa login menjadi sebuah masalah yang pelik bagi pemilik sebuah website. Pasalnya, jika anda tidak bisa login, maka hal tersebut akan berpengaruh pada bagaimana anda melakukan rutinitas anda di website tersebut. Adanya webmail ini sangat penting untuk beberapa hal, misalnya jika ada visitor atau client yang ingin menyurati anda ke webmail tersebut. Selain itu, webmail juga punya peran penting dalam mengirimkan push notification setiap hal yang berkaitan dengan website anda. Jadi kalau ada webmail tidak bisa login ini maka sudah pasti anda akan kebingungan nantinya. Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan dalam hal ini. Tapi sebelum masuk ke solusinya, anda bisa pelajari dulu apa yang mengakibatkan timbulnya problem yang satu ini.

Penyebab Timbulnya Webmail Tidak Bisa Login dan Solusinya

 

Tips dan Cara Mengatasi Webmail Tidak Bisa Login
idwebhost

Salah Username dan Password

Webmail tidak bisa login ada disebabkan karena beberapa hal. Yang pertama, bisa saja hal tersebut karena kesalahan dalam penulisan pada saat anda login. Coba anda benar-benar cek lagi apakah Username dan Password yang anda masukan sudah benar? Hal ini pastinya akan sangat berpengaruh. Dalam hal ini yang bisa anda lihat adalah apakah sudah memasukan huruf besar atau huruf kecil di username dan password tersebut. Anda bisa masuk ke bagian cPanel dan melihat kembali email account atau username yang anda pergunakan. Kemudian, silahkan melihat password anda. Kalau perlu anda bisa melakukan change password untuk membuat kombinasi login yang lebih mudah bagi anda untuk menghapalkannya dengan baik. Yang terpenting adalah selalu ingat username dan password anda. Akan lebih baik lagi kalau anda menyimpannya di Notepad.

Kuota Webmail Habis

Faktor kedua penyebab webmail tidak bisa login adalah karena space account email anda penuh. Di sini anda akan melihat bahwa ada kuota yang diberikan dalam account email anda itu. Ada beberapa account yang punya kuota yang unlimited. Tapi sayangnya itu tidak semuanya. Anda juga akan melihat bahwa ada beberapa yang diberikan kuota terbatas. Oleh karena itu, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan upgrade jumlah kuota ke unlimited, jika memang set default-nya sejak awal adalah kuota terbatas. Kalau memang anda tak menghendaki ingin kuota unlimited, maka cari email yang sudah tak terpakai lagi dan langsung saja hapus agar tidak membebani storage yang anda miliki di dalamnya. Jika anda ingin tau apakah kuota email sudah penuh atau belum maka cek saja di bagian cPanelnya.

Space Hosting Sudah Mencapai Batas

Faktor kedua pemicu webmail tidak bisa login adalah karena space hosting anda sudah penuh. Hal ini juga akan membuat masalah webmail tidak bisa login bisa muncul. Pasalnya anda sudah tidak memiliki lagi disk space yang kosong ada didalamnya. Oleh karena itu, yaang bisa anda lakukan saat ini adalah menghapus sejumlah file yang menurut anda tidak digunakan lagi. Hapus juga saja email yang sudah tidak terpakai yang ada di akun hosting yang anda gunakan tersebut. Dengan demikian, disk space anda akan tetap memiliki kapasitasnya sendiri yang sudah terjaga dengan baik. Tapi anda juga masih ada opsi lainnya yaitu membuat space dari account hosting anda terisi kembali dengan jumlah maksimal dengan cara mengupgrade disk space yang anda miliki nanti.

Masalah Port 2095 Terblokir

Webmail tidak bisa login juga bisa terjadi karena masalah port 2095 yang terblokir secara otomatis. Hal ini bisa anda cari solusinya dengan cara bertanya kepada provider internet yang memblokirnya. Coba kirimkan alamat webmail(dot)namadomainanda(dot)com. Kemudian, anda minta untuk membuka blokiran tersebut supaya bisa diakses kembali dengan mudah didalamnya. Apabila sudah dibuka, maka masalah webmail tidak bisa login ini sudah tuntas dan anda tak perlu khawatir lagi.

Tips Mencegah Webmail Tidak Bisa Login

 

Tips dan Cara Mengatasi Webmail Tidak Bisa Login
idwebhost

 

Webmail tidak bisa login adalah sebuah problem yang bisa muncul tanpa anda sangka. Karena itu langkah pencegahan harus dilakukan supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi. Jika sudah demikian, maka yang harus anda lakukan adalah melakukan pencegahan. Seperti kata pepatah bahwa mencegah itu lebih baik dari mengobati. Dengan adanya pencegahan sejak dini, maka anda akan terhindar dari masalah lainnya yang lebih rumit. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Pertama, anda bisa mencegah masalah webmail tidak bisa login dengan cara mencatat semua informasi login yang ada di web anda di Notepad. Dengan adanya Notepad tersebut maka anda tidak akan lupa lagi dengan username dan password anda. Hal tersebut tentu saja akan berdampak signifikan apabila anda melihat bahwa didalamnya banyak masalah yang terjadi.

Kedua, cara mencegah webmail tidak bisa login adalah dengan selalu rajin melihat spesifikasi dari hosting anda. Jika ternyata diskspace sudah semakin menipis, alangkah baiknya jika anda tidak membiarkannya begitu saja. Tambah lagi diskspace-nya kalau memang perlu. Hal ini sangat penting guna menunjang kemudahan anda dalam mengakses webmail itu sendiri agar tidak mengalami masalah yang kian berlarut didalamnya.

Baca Juga: Cara Pasang Domain Di Blogspot Melalui Jasa Buat Domain

Ketiga, tips lain dalam mencegah webmail tidak bisa login adalah dengan menghapus email yang sudah tidak penting lagi didalam webmail itu sendiri. Pada dasarnya memang webmail memberikan anda kemudahan berkirim surel via internet, tapi ada batasannya juga berapa jumlah yang bisa anda kirim dan terima. Solusinya sebenarnya mudah, yaitu meningkatkan webmail anda menjadi mail dengan kuota yang unlimited. Jika punya kuota yang unlimited, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh didalamnya.

Kesimpulannya

 

Tips dan Cara Mengatasi Webmail Tidak Bisa Login
idwebhost

 

Sangat mudah mencari solusi untuk webmail tidak bisa login. Yang terpenting memang sebaiknya tidak lupa dengan username dan password anda. Banyak cara untuk bisa mendapatkan solusinya. Jadi anda tidak perlu cemas dan khawatir. Anda masih bisa membuka webmail anda karena tersedia berbagai opsi yang bisa anda terapkan. Dalam hal ini memang yang paling penting adalah menyediakan persiapan sejak awal. Webmail merupakan sebuah tempat untuk berkirim dan menerima pesan apa saja yang anda inginkan dengan mudah.

Dengan hadirnya webmail tersebut akan memberikan kemudahan kepada anda mendapatkan semua yang dibutuhkan. Saat masalah terjadi, tidak usah panik dan khawatir bahwa semua akan berakhir. Anda perlu tetap tenang dan mencari jalan keluar dalam keadaan seperti ini. Masalah webmail tidak bisa login adalah sebuah hal umum yang sudah sering terjadi. Hal ini juga bisa anda carikan solusinya dengan menerapkan cara yang tepat supaya anda bisa benar-benar mendapatkan lebih banyak keuntungan lagi yang lebih banyak.

Tapi memang nyatanya sebuah website itu membutuhkan fitur yang mumpuni agar bisa diakses dengan mudah. Webmail menjadi jalan bagi anda untuk mendapatkan push notification dan email khusus yang mengarah ke domain mail anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.