Lupa Password Gmail, Apa yang Harus Dilakukan?
Blog Tips Keren

Lupa Password Gmail, Apa yang Harus Dilakukan?

lupa password gmail idwebhost
lupa password gmail idwebhost

Aduh, lupa password Gmail! Mungkin itu adalah salah satu kalimat yang kita ucapkan ketika terlupa akan password email pribadi. Tidak hanya Anda bahkan hampir semua orang yang mempunyai akun selain Gmail akan berkata demikian. Alih-alih mengingat password gmail yang terjadi malah semua terlupa.

Perlu diketahui bahwa Google adalah perusahaan iklan yang menggabungkan semua layanan dalam integrasi email, one account for all. Jika Anda punya email maka Anda bisa mengakses segala macam layanan Google bahkan hingga layanan yang belum diketahui banyak orang pun bisa digunakan. Ya tentu saja Google sudah memprediksi semua pengguna akan mengalami lupa password gmail, dan sebelum launching produk pun sudah dibuat semacam simulasi bagaimana jika user lupa password akun yang tentunya bisa disetting ketika Anda daftar gmail pertama kali.

Hal yang harus diperhatikan dalam setting akun Gmail adalah; Jawaban dari pertanyaan keamanan, alamat email recovery , dan nomor telepon pemulihan lainnya. Aplikasi seperti Authy atau Google Authenticator juga bisa digunakan dan bahkan dalam aplikasi tersebut lebih mudah karena menggunakan kode verifikasi saja.

Mari kita mulai, yang pertama Anda lakukan adalah dengan login email terlebih dahulu. Silakan klik next.

lupa password gmail-0
lupa password gmail

Password terakhir Anda ketika lupa password gmail

Pada poin ini Anda akan diminta menulis sandi yang digunakan untuk Gmail, jika lupa password Gmail Anda bisa klik “Coba cara lain”. Ingat bahwa password terakhir Anda biasanya menjadi acuan Google dalam mempertimbangkan langkah selanjutnya. Kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini

lupa password gmail-2
lupa password gmail

Notifikasi via buka kunci layar

Jika sama sekali tidak ingat dengan password Gmail maka acuan berikutnya adalah Google mengirim notifikasi ke perangkat (dalam hal ini smartphone). Anda hanya tinggal melihat notifikasi masuk dan sentuh tombol “Ya”.

lupa password gmail-3

Kode verifikasi ke Smartphone

Tidak jauh berbeda. Tahap ini Anda diminta untuk mengakses Android dan melihat notifikasi apakah ada pemberitahuan login dari Google. Kode verifikasi pada kasus lupa password Gmail bisa dikirim melalui SMS atau Telepon. Tenang, Google mengerti tidak semua orang Indonesia mengerti Bahasa Inggris dengan baik. Maka dari itu pilihan Bahasa Indonesia juga tersedia dalam verifikasi mode Telepon. Semisal Anda masih belum bisa mendapatkan kode verifikasi dikarenakan smartphone hilang, masih ada cara lain dengan menekan “Saya tidak memiliki ponsel”.

lupa password gmail-4

Kode Verifikasi melalui Email lain

Langkah selanjutnya jika tidak berhasil dibagian sebelumnya, Google memiliki fitur pemulihan aku dengan email. Sejatinya fitur ini bisa dipakai pada saat pendaftaran email baru sudah disetting untuk email recovery. “Coba cara lain”menjadi opsi yang berikutnya jika metode ini tidak berhasil.

lupa password gmail5

Fitur Recovery dengan bulan dan tahun

Tak lupa Google menyematkan fitur pemulihan akun menggunakan bulan dan tahun dimana email tersebut dibuat. Dan seperti biasanya jika Anda masih lupa password gmail, Anda bisa skip cara ini dan kembali menekan “Coba cara lain”.

lupa password gmail6

Alamat Email untuk Tinjauan Google

Cara terakhir ini bisa Anda maksimalkan dengan baik sebab jika cara ini gagal, Google tidak akan mau untuk mengirim atau memberikan akses ke Gmail Anda walaupun Anda adalah pemilik email tersebut. Ketikkan email yang bisa dihubungi oleh Google untuk melakukan konfirmasi data email yang sedang terkunci.

Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan jika tidak bisa dengan cara terakhir. Otomatis dengan adanya gagal login ditahap ini sama saja Anda tidak bisa membuka akses email sebelumnya.

lupa password gmail7

Beberapa trik diatas kami rangkum dengan teliti dibawah ini.

Google akan memberikan alternatif jika Anda lupa password gmail;

  1. Apa password terakhir Anda
  2. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor pemulihan email (text & call)
  3. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke email pemulihan
  4. Tanggal, bulan dan tahun akun dibuat
  5. Email mana yang bisa Anda akses sekarang

Lalu jika dibandingkan dengan Gmail, apakah lebih mudah dan berkelas jika membuat email dengan domain sendiri? Ya tentu saja. Kami IDwebhost selalu menyediakan solusi bahkan dengan dana yang minim, seperti bagaimana memiliki website dengan hosting murah atau bagaimana memakai domain murah yang bisa membuat brand perusahaan terangkat.

Sebenarnya syarat untuk memiliki email dengan domain sendiri tidak sulit, diantaranya adalah;

  • Akun gmail. Ya hal ini mutlak untuk dimiliki karena pada dasarnya email pribadi yang mudah di-custom adalah gmail.
  • Akun Hosting. Hosting sangat diperlukan dalam pembuatan email dengan domain pribadi. JIak belum mempunyai bisa bundling dengan paket yang ada di IDwebhost
  • Domain Pribadi. Setali 3 uang, hosting bisa didapat jika sebelumnya sudah memiliki domain. Biasanya domain yang mempunyai peringkat adalah model domain TLD, misal .com. Jika tidak ingin ribet bisa pilih domain gratis bersama paket tertentu
  • Email cPanel. Buat cPanel dengan mudah yang sebelumnya bisa diakses dengan akun hosting kemudian pilih email accounts

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mempunyai email dengan domain sendiri

Reputasi

Pernah mendengar perusahaan yang menggunakan domain sendiri untuk email mereka? Pastinya sudah donk untuk kalian yang sudah malang melintang didunia hosting dan domain. Reputasi dibutuhkan untuk membuat perusahaan menjadi besar. Google berani membayar ratusan ribu dollar untuk membeli domain Alphabet. Bagi kita mungkin buat apa? Justru mulai dari hal kecil ini perusahaan menjadi besar.

Keamanan

Ada uang ada rupa, barang gratis pasti lebih rentan daripada barang yang kita beli. Begitu juga dengan email gratisan, pasti langganan spam dan fitur filternya tidak optimal. Faktor keamanan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih domain sendiri. Data yang bersifat rahasia antara karyawan, konsumen dan perusahaan tidak bisa ditawar. Inilah mengapa layanan hosting terpercaya sangat dibutuhkan.

Kapasitas Email

Layanan gratisan Gmail dan Yahoo! memiliki batas dukungan bandwith untuk pelanggan mereka. Namun jika layanan ini diganti dengan hosting berbayar, semua akan berbeda cerita. Anda bisa bebas mengatur kapasitas ruang berapapun sesuai kebutuhan. Selain itu lebih terarah karena mempunyai server sendiri.

 

Nah itulah pembahasan panjang seputar lupa password gmail dan perbandingan dengan memiliki email dengan domain sendiri. Menurut kamu bagaimana? Jawab di kolom komentar ya jika kamu punya ide lebih baik!