Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMTP Server
Blog Tips Keren

Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMTP Server

Email WordPress kini bisa anda kirimkan dengan mudah menggunakan SMTP server. Sayangnya tak banyak orang yang tau apa itu SMTP server. Padahal ini merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh ISP atau hosting agar anda terhindar dari kendala paada saat mengirimkan email tersebut. Dengan adanya panduan berikut ini maka anda bisa memanfaatkan SMTP server yang tersedia untuk berkirim email lebih mudah. Keuntungan apa saja yang akan bisa anda dapatkan nantinya?

Yang pertama, anda akan bisa mendapatkan sarana berkirim email yang lebih baik. Jadi surat yang anda kirimkan tersebut tidak akan dianggap sebagai SPAM atau semacamnya. Hal ini sangat benting bagi anda yang ingin berkirim pesan via email WordPress yang akan lebih memudahkan anda mendapatkan semua yang diinginkan.

Kedua, anda juga tak perlu lagi menutup server jika ingin memakai VPS pada saat anda berkirim email WordPress tersebut. Disini anda akan bisa melakukannya dengan lebih mudah praktis. Sudah saatnya meninggalkan cara lama dan beralih dengan cara baru yang lebih simpel dan tidak memakan waktu yang banyak. Anda akan bisa lebih menghemat waktu anda paastinya.

Ketiga, penggunaan SMTP server untuk berkirim pesan email WordPress juga akan meminimalisir pesan anda masuk dalam daftar blacklist. Hal ini tentunya adalah sebuah kasus yang banyak terjadi. Pasalnya, ada banyak sekali kelemahan jika anda memakai email biasa. Email anda akan berpotensi masuk dalam blacklist dan anda akan semakin kesulitan nantinya dalam mengirimkan pesan langsung ke pihak yang bersangkutan.

 

Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMTP Server
idwebhost

Panduan Menggunakan SMTP Server Untuk Berkirim Pesan Email WordPress

Langkah awalnya yang harus anda lakukan adalah dengan menginstall plugin WP Mail SMTP. Setelah proses instalasi selesai anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu mengaktifkan plugin tersebut. Kemudian masuk ke bagian setting à email, kemudian pilih untuk mengkonfigurasi plugin yang anda miliki tersebut. Selanjutnya buatlah email atau alaman yang akan anda buat. Jangan lupa untuk mencentang opsi yang menunjukan anda “kirim email semua WordPress melalui SMTP”.

Satu hal yang pasti, anda juga sebaiknya menggunakan protocol SSL. Kenapa? Karena protocol ini akan memberikan anda pengamanan lebih lanjut dalam berkirim pesan via email itu sendiri. Di sini anda juga bisa melihat menu authentification yang bisa anda pilih. Pastikan untuk mencentang kolom bertuliskan Ya, bahwa anda ingin memakai authentification untuk SMTP yang anda gunakan tersebut. Jika pengaturan sudah diterapkan, maka anda tinggal memilih menu simpan/save untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Cek juga nama email anda apa yang diinginkan. Anda bisa menggunakan email dengan nama domain anda. Disini namanya bisa menjadi namanada@domainanda.com. Ini akan membuat email yang anda kirim nantinya akan bisa lebih professional lagi. Setelah semua siap, anda kini sudah bisa mengirimkan email dengan menggunakan SMTP server tersebut.

Kenapa Memakai SMTP Server Untuk Berkirim Email WordPress?

 

Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMTP Server
idwebhost

Email WordPress akan menyediakan kepada anda SMTP server yang memudahkan anda untuk mengirim surel dengan lebih mudah. Disini ada banyak sekali hal yang harus anda pertimbangkan. Pasalnya, ada banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa email WordPress yang mereka buat tidak terkirim ke orang yang dituju. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Apalagi jika anda ternyata mengirimkan surat yang penting. Meskipun WordPress menyediakan email PHP yang bisa dipakai pengguna untuk berkirim email, ada kalanya sebuah kasus terjadi dimana email yang anda buat tersebut tidak dikirimkan dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat anda cenderung kesulitan didalamnya.

Sebenarnya masih ada opsi lain selain SMTP server yang bisa anda gunakan, yakni dengan menggunakan layanan pengiriman email yang signifikan yaitu Google Apps, Mandrill, Sendgrid dan lain sebagainya. Tapi jika anda menggunakannya maka anda mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa mengakses layanan premium atau tambahan yang lebih banyak. Dari sini juga tersedia kuota yang tidak unlimited. Jadi proses pengiriman email pun juga akan dibatas. Oleh karena itulah jika anda memahami penggunaan pengiriman email melalui email WordPress ini akan banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Apa Saja Yang Harus Anda lakukan

Email WordPress bisa dikirim via SMTP server, caranya adalah dengaan menginstall plugin SMTP seperti yang dijelaskan sebelumnya. Disini beberapa kolom yang harus anda isi antara lain email address atau alamat email yang anda buat. Kemudian, form name juga harus anda isi dengan nama lengkap anda supaya penerima bisa tau surat tesebut dari siapa. Kemudian, SMTP host juga harus anda isi dengan nama hosting yang digunakan. Selanjutnya, Type of Encryption juga harus anda isi dengan memilih enkripsi port webmail yang terdapat pada hosting anda.

Baca Juga: WordPress CMS Terbaik SEO Dan Inilah Alasannya

Jika anda melihat menu authentication, anda bisa memilih pilihan yes. Di sini anda juga tak boleh lupa untuk mengisi SMTP username yang sama dengan alamat webmail yang anda gunakan. Password untuk SMTP tersebut juga harus sama dengan password webmail anda. Lalu bagaimana cara mengecek apakah settingan yang anda atur tersebut sudah benar atau belum? Caranya adalah dengan melakukan testing atau debugging. Disini anda akan bisa langsung tau apakah semua yang anda isi tersebut sudah sesuai atau belum.

Anda juga bisa trial mencoba mengirim email WordPress yang sudah anda setting SMTP server tersebut ke alamat lainnya. Jika sudah terkirim dengan benar, maka anda pun telah sukses mengirimkan email WordPress tersebut via server yang satu ini. Kini anda sudah tak perlu khawatir lagi dalam berkirim via email karena anda akan lebih mudah melakukannya. Kini anda akan bisa memastikan bahwa email anda tersebut sudah dikirim ke pengunjung lainnya dengan baik. Hal inilah yang akan memberikan kepada anda manfaat yang dibutuhkan.

Kesimpulan

 

Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMTP Server
idwebhost

Email WordPress memberikan banyak kemudahan bagi anda untuk berkirim pesan ke pengguna lain atau siapapun dengan mudah. Dari sini anda perlu SMTP server untuk memudahkan aktivitas berkirim email tersebut. Sudah pasti ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan. Namun, pastikan untuk melakukan semua tahapan yang tersedia dengan benar, supaya anda tidak kesulitan dalam membangun fitur yang tepat untuk berkirim pesan lewat email tersebut. Disinilah banyak manfaat yang akan bisa bebas anda capai nantinya.

Bagi anda yang sedang mengembangkan sebuah website, sangat penting memakai fitur SMTP server email WordPress ini dan dianjurkan bagi anda. Kenapa? Karena ini akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih mudah. Di sisi lain, kita tidak akan pernah terlepas dari email tersebut apabila ingin berkirim pesan atau mengirimkan promosi kepada pelanggan lainnya. Hal ini jelas akan memberikan kepada anda tambahan keuntungan yang anda butuhkan di dalamnya. Jadi anda tak perlu cemas dan khawatir lagi.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.