Panduan Lengkap: Yahoo Mail Indonesia
Blog Tips Keren Panduan Lengkap: Yahoo Mail Indonesia

Panduan Lengkap: Yahoo Mail Indonesia

Untuk Anda yang telah terbiasa dengan internet sejak dekade 90-an, tentu tidak asing dengan Yahoo Mail Indonesia. Sejak awal kemunculannya, Yahoo telah menjadi pilihan banyak orang untuk berkirim email online dengan mudah. Ada banyak fitur dan kelebihan yang dimiliki Yahoo. Bahkan bisa dikatakan, Yahoo turut berperan dalam revolusi dunia internet.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Yahoo Mail Indonesia adalah sebuah platform mail tertua, yang banyak digunakan. Yahoo bahkan sudah ada sebelum Google lahir. Yahoo Mail pertama kali dirilis pada tahun 1994. Sementara Google baru mulai muncul ke dunia sekitar tahun 1998.

Mengenal Sejarah Yahoo

Sebelum membahas lebih jauh tentang Yahoo Mail, tentu menarik untuk mengupas sejarah kemunculan Yahoo. Bagaimanapun, jika dulu Yahoo tidak muncul, entah apa yang terjadi pada dinamika dunia internet. Pada awalnya,  Yahoo diciptakan oleh dua sekawan mahasiswa dari Universitas Standford. Keduanya tak lain adalah David Filo dan Jerry Yang.

Mereka kemudian menciptakan sebuah mesin telusur bernama Yahoo yang digunakan untuk mengindeks halaman website yang ada di internet kala itu. Dengan demikian, saat ada orang memasukan kata kunci tertentu di situs pencari Yahoo, maka hasilnya akan berupa halaman-halaman website yang relevan dengan apa yang dituliskan pengguna.

 

Yahoo Mail Indonesia

Apa Itu Yahoo Mail?

Meskipun berawal sebagai mesin pencari, Yahoo memiliki Yahoo Mail Indonesia sebagai layanan andalannya. Yahoo Mail adalah sebuah layanan email gratis yang disediakan oleh Yahoo untuk mengirimkan surat elektronik ke semua pengguna secara online. Dengan adanya layanan ini, maka pengguna bisa mendapatkan banyak kemudahan. Tak hanya berkirim surat elektronik dengan mudah, tetapi juga terntegrasi dengan berbagai layanan Yahoo lainnya.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan Yahoo Mail. Secara fitur, Yahoo Mail tergolong lengkap. Fitur attachment atau lampiran misalnya. Fitur ini memberi  kemudahan bagi pengguna untuk bisa melampirkan attachment dengan ukuran maksimal sebesar 25 MB. Besarnya ukuran file yang sanggup “digendong” oleh Yahoo Mail ini tentu saja dapat memudahkan pengguna untuk mengirim file berkapasitas besar di email, tanpa khawartir terjadi masalah.

Ada juga fitur chatting yang disediakan oleh Yahoo Mail bernama Yahoo Messenger yang pastinya akan sangat memudahkan sekali bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan semua yang bisa didapatkan didalamnya.

Bagaimana Cara Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail Indonesia?

Lantas, bagaimana cara mendaftar email di Yahoo? Untuk mendaftar layanan Yahoo, termasuk Yahoo Mail sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendaftar layanan Yahoo Mail:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukn adalah masuk ke halaman pendaftaran Yahoo Mail. Kemudian, anda bisa memilih untuk mengklik Form Sign Up Yahoo Mail untuk melakukan pendaftaran dan melakukan langkah selanjutnya.
  • Setelah itu Anda akan diarahkan ke halamandan diminta untuk mengisi data untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Silakan mengisinya dengan data yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran tersebut, mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, Alamat Email, dan Kata Sandi.
  • Informasi lainnya yang juga sebaiknya diberikan adalah nomor telepon, tanggal lahir, dan setelah selesai semua,  silakan klik  “Lanjutkan” yang akan langsung memproses semua pendaftaran yang telah  Anda lakukan tersebut.

Dan proses pendaftaran Yahoo Mail Anda telah selesai, dan dapat langsung menggunakanya.

Yahoo Mail Indonesia

Tips Menggunakan Yahoo Mail

Tips Memilih Nama Alamat  Yahoo Mail

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan Yahoo Mail. Misalnya ketika Anda memilih nama alamat email yang akan Anda gunakan. Pilihlah nama email yang belum pernah dipakai oleh orang lain.

Tips Dalam Membuat Kata Sandi

Ketika membuat akun email, salah satu hal yang paling mejadi perhatian adalah masalah keamanan. Dalam hal ini, tentu Anda harus membuat kata sandi email yang kuat. Pada tahapan ini, yang sebaiknya anda lakukan adalah tidak sembarangan dalam membuat password. Kenapa? Kata sandi yang lemah memudahkan para hacker untuk membobol akun email Anda. Ingat, akun email yang mudah dibobol akan memicu kejahatan siber lainnya, seperti pencurian data bank dan informasi pribadi lainnya.

Berbagai Macam Produk Yang Tersedia Di Yahoo Mail

  • Yahoo News: ini adalah sebuah produk yang disediakan oleh Yahoo Mail dalam rangka menyajikan berita yang aktual dan terupdate untuk pengguna. Dari sini Anda dapat mengetahui informasi mengenai berita dunia, olahraga, politik, dan lain sebagainya dengan mudah. Anda juga bisa mengakses informasi mengenai berita Ekonomi dan Entertainment dan pastinya berita lokal Indonesia di Yahoo News.
  • Yahoo Answer: Mau bertanya tentang berbagai macam hal? Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena Yahoo akan memberikan jawabannya kepada Anda. Dengan cara ini maka anda pun akan bisa mendapatkan sebuah tempat selayaknya forum yang bisa Anda pergunakan untuk diskusi dan tanya jawab.

Cara Daftar Yahoo Mail Lewat Android

Yahoo Mail memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa melakukan pendaftaran dengan hanya bermodalkan Smartphone. Jadi, meskipun Anda tidak menggunakan perangkat yang lebih besar seperti laptop atau komputer untuk bisa memiliki akun di Yahoo. Berikut ini adalah cara mendaftar Yahoo Mail via Android.

  • Tahap awal yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka terlebih dahulu aplikasi Yahoo Mail yang sudah tersedia di perangkat anda. Bila belum menginstal di smartphone, Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store.
  • Kemudian, tahap selanjutnya adalah dengan memilih icon kotak surat yang terdapat pada perangkat android tersebut.
  • Jika sudah, maka anda bisa memilih menu Daftar Untuk Anggota Baru di Yahoo Mail yang sudah ada didalamnya. Dari sini Anda akan bisa mendapatkan akses untuk melakukan pendaftaran. Anda hanya tinggal memilih opsi Lanjutkan saja.
  • Kemudian, Anda akan mendapatkan konfirmasi untuk dikirimi kode verifikasi via SMS. Jika sudah maka Anda bisa menyalin kode verifikasi tersebut.

Yahoo Mail Indonesia

Bagaimana Bila Lupa Password?

Salah satu masalah klasik yang sering muncul dalam Yahoo Mail adalah pemilik akun yang lupa dengan passwordnya. Jika sudah demikian, maka alangkah baiknya jika anda melakukan beberapa cara untuk melakukan pemulihan akun. Pada Yahoo Mail ini, tersedia dua opsi pemulihan akun, yaitu menggunakan nomor ponsel, dan yang kedua adalah alamat email alternatif. Anda bisa memilih mana sendiri yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 3 Kesalahan Merchant Ecommerce Di Smartphone

Kesimpulan

Sebagai sebuah platform email, Yahoo Mail menjadi andalan Yahoo untuk memberikan pengalaman berkirim email yang mudah dan efisien. Terbaru, Yahoo bahkan memberi kapasitas penyimpanan email hingga 1 TB untuk penggunanya. Bahkan, kapasitas penyimpanan ini bisa didapatkan dengan gratis. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan wawasan bagi Sahabat IDwebhost tentang Yahoo Mail Indonesia.

Go digital dan tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.