Langkah Paling Cepat Membuat Blog dengan Blogger Mudah
Blog Tutorial Langkah Paling Cepat Membuat Blog dengan Blogger Mudah

Langkah Paling Cepat Membuat Blog dengan Blogger Mudah

Platform Blogger atau blogspot hingga saat ini masih eksis dan masih banyak yang menggunakanya. Blogger sendiri memiliki pengguna yang cukup banyak dan populer sama halnya dengan WordPress. Meski terbilang platform lawas namun hingga saat ini masih menempati jajaran platform CMS terbaik dan populer. Blogger sendiri menawarkan pada pengguna kemudahan dalam mengelola, praktis, dan juga simpel semua orang bisa menggunakannya. Istilah Blogger dan blogspot adalah sama yaitu produk yang sama, jika ada penyebutan keduanya kalian tidak perlu memikirkan istilah keduanya karena memang sama.

Yang pertama kita lirik adalah karena Blogger adalah salah satu platform blogging yang bisa digunakan secara gratis. Platform Blogger sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1999 yang dikembangkan oleh Pyra Labs. Kemudian saat itu tren blogging semakin meningkat maka 4 tahun kemudian Google mengakuinya pada tahun 2003. Semenjak itulah karena Google sendiri hingga saat ini menjadi raksasa mesin pencari maka banyak kemajuan dan perkembangan platform Blogger ini.

 

Selain itu karena Blogger adalah platform yang dimiliki Google sehingga blog atau website kita akan mudah ditemukan nantinya. Blogger atau blogspot menawarkan berbagai fitur yang menarik karena juga dikembangkan dan terintegrasi dengan Google seperti Analytic, AdSense, Google Ads dan lain-lain.

Nantinya kalian hanya perlu login akun Google kalian akan siap untuk memiliki sebuah website. Selain gratis kalian tidak perlu memikirkan biaya penyimpanan atau hosting untuk file-file kebutuhan blog dengan kapasitas 15 GB. Untuk penyimpanan sebesar itu sudah cukup untuk keperluan gambar dan tulisan artikel.

Kelebihan BLOGGER Blogspot Sebagai Platform Blog

Kelebihan Blogspot Sebagai Platform Blog

Blogger yang telah terintegrasi dengan Google maka nantinya akan memberikan kemudahan dalam mengelola dan optimasi blog kalian. Berikut kelebihan Blogger atau blogspot dibandingkan dengan platform yang lain:

  • Bebas biaya pembuatan atau Gratis. Pasti jika ada kata gratis semua orang akan suka. Dalam pembuatannya tidak ada biaya apapun kecuali (akses internet), dari mulai domain, hosting kalian tidak perlu memikirkannya karena sudah bisa langsung digunakan. Disini kalian akan mendapatkan subdomain dengan ekstensi .blogspot.com. Selain itu jika terjadi sesuatu dan tidak ingin melanjutkan maka tidak ada masalah karena akan terus aktif selama akun kalian masih ada dan tidak ada kerugian apapun.
  • Penggunaannya yang lebih mudah. Para Blogger yang sudah lama terjun di dunia blogging mengatakan bahwa lebih mudah menggunakan platform Blogger atau blogspot dibandingkan dengan WordPress. Namun saat ingin membuat website profesional WordPress lah yang terbaik.
  • Didukung oleh Google. Siapa yang tidak mengenal Google bahkan Android pun telah dimiliki olehnya. Termasuk platform Blogger ini yang sudah lama sudah dibeli dan dikembangkan tentu ini menjadi nilai yang baik untuk platform blog saat ini. Semua kebutuhan blogging sudah tersedia mulai dari tema dan widgets yang tersedia secara gratis kalian tinggal pilih dan simpan.
  • Domain dan juga hosting gratis. Ya telah kami singgung di atas bahawa hosting sudah ada 15 GB dan domain .blogspot.com namun jika ingin custom domain kalian perlu membeli domain ke penyedia layanan domain dan kalian bisa mengubah ekstensi .blogspot.com tadi menjadi .com saja.
  • Keamanan. Tak perlu ragu masalah keamanan dari Blogger ini karena memang dikembangkan oleh Google pastinya sudah memberikan keamanan yang terbaik dalam hal blogging. Yang perlu diperhatikan adalah saat kita menggunakan tema atau widgets dari pihak ketiga.

Cara Membuat Blog di Blogspot Termudah

Panduan Cara Membuat Blog di Blogspot Termudah

Setelah kita membahas beberapa fitur, kelebihan, dan kegunaan Blogger diatas mari kita lanjut untuk membuat blog dengan platform Blogger dengan mudah dan cepat bahkan kurang dari 5 menit kalian sudah memiliki blog sendiri. Untuk lebih jauh nantinya di artikel ini kami akan berbagi cara membuat blog menarik dan menghasilkan uang dari blog yang kalian buat nantinya.

1. Membuat blog

Yang pertama kali kalian harus lakukan adalah mengunjungi link blogger di https://www.blogger.com. Kemudian setelah kalian bisa mengakses halaman blogger silahkan klik bagian Create Your Blog.

Cara Membuat blog dengan blogspot

Jika sudah kalian akan diarahkan untuk login dengan akun gmail kalian. Inilah langkah awal membuat blog dengan blogger paling mudah. Kemudian masukkan username dan password untuk bisa lanjut tahap berikutnya

Login dengan Google akun

2. Memilih Nama untuk Blog Blogspot

Jika sudah kalian akan diminta mengisi nama blog, nama yang akan ditampilkan, dan memilih url blogspot kalian. Jika sudah berhasil mengisi form yang tersedia kemudian klik tombol lanjut ke blogger.

 

Selamat datang di blogger akun anda sudah siap

 

Selamat Blog pertama kalian sudah siap digunakan. Di situ ada banyak menu pilihan yang perlu kalian lakukan adalah memilih tema yang kalian inginkan sesuai keinginan. ada banyak pilihan tema gratis yang bisa digunakan. Caranya tinggal klik pilih dan apply saja otomatis tema sudah berganti. Disediakan juga menu kustomisasi yang memungkinkan kalian untuk mengatur tampilan tema yang lebih lengkap dari ukuran tulisan, warna, posisi dan lain sebagainya.

3. Lakukan Custom domain

Karena mendaftar pada blogger kalian akan mendapatkan ekstensi sub domain .blogspot.com maka blog agar bisa terlihat lebih profesional dengan ekstensi .com saja diperlukan custom domain terlebih dahulu. Custom domain ini nantinya blog kalian akan memiliki nama seperti yang sebelumnya namadomain.blogspot.com akan menjadi namadomain.com. Darisini kalian perlu membeli domain dari penyedia layanan domain dan hosting. Untuk mendapatkan domain murah kalian bisa kunjungi IDwebhost.com.

Pilih Nama Domain Murah Yang Kamu Inginkan!

Untuk melakukan custom domain sebenarnya sangat mudah. Jika sudah membeli domain silahkan masuk pada pengaturan atau setting blog kalian kemudian pada bagian Publishing klik custom domain. Kemudian isikan nama domain yang telah kalian beli tadi. Dan klik save maka akan tampil informasi CNAME yang akan kalian pasang di domain manager kalian

 

 

Memilih Topik Untuk Blog Anda

4. Memilih Topik Untuk Blog Anda

Karena blog masih polos dan kosong belum ada artikel maupun konten yang diterbitkan langkah selanjutnya adalah membuat artikel pertama kalian. Kita sudah memiliki blog tentu perlu diisi konten kan? Nah untuk membuatnya yang pertama kita perhatikan adalah memilih konten apa yang akan dimasukan. Semua jenis konten bisa kalian isikan sesuka hati dari berbagai macam topik pembahasan dari teknologi, bisnis, kesehatan dan lain sebagainya ada banyak sub kategori topik yang juga bisa kalian tulusi nantinya. Namun yang paling terbaik adalah dengan memilih niche atau tema yang sejenis.

Misal kalian akan membahas tentang teknologi maka kalian berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan teknologi juga. Bisa menulis tentang tips, trik, cara, tutorial, ataupun review yang tentu saja sesuai dengan minat kita. Kenapa harus sesuai minat? Karena kedepan kalian akan menulis artikel yang sesuai dengan kesenangan atau passion kalian. Jika tidak mudah untuk berhenti di tengah jalan dan bosan. Telah banyak blogger yang berhenti di tengah jalan karena bosan dan menganggap usahanya sia-sia. Padahal blog ini memiliki banyak keuntungan bahkan bisa menghasilkan puluhan juta jika sudah banyak pengunjungnya.

Setelah memutuskan untuk memilih niche blog yang terbaik untuk blog kalian selanjutnya siap untuk memulai menulis artikel. Untuk menulis artikel sendiri seperti halnya menulis di word perlu memperhatikan juga EYD, penulisan yang baik, dan juga menerapkan teknik SEO semampu dan sebisa kalian.

Tips dan Trik Untuk Menulis Artikel SEO Blogspot

5. Tips dan Trik Untuk Menulis Artikel SEO Blogspot

Apa itu teknik SEO? Yaitu teknik untuk optimasi blog atau website agar memaksimalkan peringkat pencarian Google. Dengan mendapatkan peringkat atas mesin pencari akan meningkat kan pengunjung blog atau website. Jadi kalian bisa menerapkan SEO pada artikel kalian agar lebih berkualitas untuk lebih jelasnya kalian bisa baca juga artikel berikut: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search.

Konsisten dan Rutin Update atau Posting Artikel

6. Konsisten dan Rutin Update atau Posting Artikel

Menjadi blogger tentu saja harus mempunyai kemauan yang konsisten karena jika tidak blog tidak akan berhasil. Blogger sukses selalu rutin memposting artikel secara berkala dengan demikian semakin banyak artikel yang kalian terbitkan akan semakin berkualitas juga blog yang kalian bangun. Dari mata Google pun menganggap blog kalian adalah blog yang profesional dan patut menjadi rekomendasi di mesin pencari. Semakin banyak artikel semakin banyak visitor yang akan datang.

Untuk jumlah artikel yang bisa kalian posting sebenarnya tidak ada batasan perharinya berapa namun ada baiknya tetap terjadwal dan posting setiap hari semampunya walaupun hanya satu artikel per hari. Ibaratnya jika kalian menulis artikel per harinya satu saja jika satu bulan konsisten sudah memiliki 30 artikel. Asumsinya 1 article 50 visitor per hari maka 30 artikel bisa dapat 1500 visitor per bulan.

Daftarkan Blog ke Google Adsense

Daftarkan Blog ke Google Adsense

Setelah blog kalian memiliki banyak artikel dan pengunjung pun sudah lumayan banyak kalian bisa langsung mendaftarkannya ke Google AdSense untuk bisa mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan. Untuk mendaftar sebenarnya sangat mudah kalian bisa baca artikel berikut untuk lebih jelasnya Belajar Google Adsense Bagi Pemula, Wajib Baca!

Menarik bukan pembahasan kali ini tunggu apa lagi segera buat blog kalian dan hasilkan hingga puluhan juta dari sana. Manfaat blog sebenarnya masih banyak lagi tentunya akan memberikan keuntungan besar untuk kalian. Demikian artikel ini semoga bermanfaat salam sukses dari IDwebhost terima kasih.