Plugin Social Media WordPress Paling Populer Saat ini

Plugin Social Media WordPress Paling Populer Saat ini campaign-unlimited

WordPress hingga saat ini menjadi platform CMS yang paling populer dengan pengguna yang terbesar di dunia bahkan lebih dari 305 website di dunia ini menggunakan platform tersebut. Yang menjadikan WordPress populer dengan pengguna besar adalah dengan dukungan plugin yang mudah digunakan dan tersedia ribuan plugin gratis maupun premium. Ketersediaan plugin WordPress sendiri cukup lengkap. Mulai dari plugin SEO, plugin keamanan, plugin backup, plugin anti-spam, plugin kecepatan, dan juga plugin social media. Nah pada pembahasan kali ini IDwebhost akan membahas tentang plugin media social WordPress yang paling populer saat ini.

Apa itu Plugin Social Media WordPress

Apa itu Plugin Social Media WordPress?

Jika Anda memiliki website, pasti akan berusaha meningkatkan trafik website dengan berbagai cara. Pada dasarnya trafik website tidak hanya didapatkan dari mesin pencari saja.

Trafik juga bisa datang dari media sosial yang juga memiliki pengguna besar, bahkan sampai jutaan pengguna aktif setiap harinya. Sebagai pemilik website tentu melihat ini sebagai media yang berpotensi besar untuk mendatangkan pengunjung.

Plugin Social Media WordPress merupakan plugin yang berfungsi untuk menambahkan tombol media sosial, sehingga pengunjung bisa membagikan artikel yang mereka baca ke media sosial. Dengan membagikan artikel ke media sosial, ada peluang pengunjung website akan meningkat.

Mengingat media sosial memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Dengan mengintegrasikan media sosial dengan website, dapat meningkatkan trafik potensial yang akan mengunjungi website Anda.

Sebuah plugin yang populer, umumnya karena memiliki beberapa fungsi tertentu. Berikut adalah beberapa fitur umum yang dimiliki oleh plugin social media WordPress:

  • Auto publish. Plugin jenis inis akan memudahkan Anda dalam melakukan publish secara otomatis, yaitu konten artikel Anda akan segera dibagikan secara otomatis ke media sosial yang terhubung.
  • Ikon share, yaitu untuk menambahkan ikon tombol share sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk membagikan konten yang telah mereka mereka baca.
  • Profil media sosial, gunanya untuk menampilkan profil media sosial sehingga pengunjung akan lebih mengenal profil Anda dari website.
  • Sign up media sosial yaitu menyediakan fitur register, sign up, dan log in untuk mempermudah pengunjung menggunakan akun media sosial mereka.
  • Feed media sosial berfungsi untuk menampilkan feed media sosial pada blog atau website.

Memang benar jika memasang plugin ini tidaklah menjadi tolak ukur meningkatnya trafik secara signifikan. Namun dengan adanya plugin media sosial akan memberikan peluang untuk meningkatkan pengunjung website Anda. Nah berikut plugin media sosial paling populer yang bisa diinstal di website WordPress Anda:

Smash Balloon Social Photo Feed

Smash Balloon Social Photo Feed

Jika website Anda ingin menampilkan Instagram maka plugin ini cocok untuk digunakan. Dengan plugin Smash Balloon Social Photo Feed Anda bisa menampilkan instagram feed Anda di website.

Berikut Fitur dari Plugin Smash Balloon Social Photo Feed

  • Kemudahan setup
  • Bisa untuk beberapa akun Instagram
  • Banyak pilihan kustomisasi
  • Cepat
  • Ada fitur GDPR
  • Selalu mendapatkan update
  • Fitur embed ke Instagram

Shared Counts

Plugin Social Media WordPress  Shared Counts

Plugin media sosial berikutnya adalah Shared Counts. Plugin WordPres satu ini berguna untuk menambahkan tombol share media sosial dengan mudah dan cepat. Anda bisa menambahkan tombol share media sosial seperti Facebook Share Button, Twitter Tweet Button, Pinterest Pin Button, Email Sharing, LinkedIn, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengkostumisasi model tombol dan menambahkan jumlah share.

Sassy Social Share

Plugin Social Media WordPress  Sassy Social Share

Secara fungsi plugin ini serupa dengan plugin media sosial yang lain, yaitu bisa mengatur dan menambahkan berbagai tombol media sosial pada website Anda. Plugin ini dapat digunakan pada 100 lebih platform media sosial yang ada.  Anda bisa leluasa mengatur tampilan, jumlah share dan penempatan tombol share di website.

Fitur Unggulan Sassy Social Share :

  • Mendukung 100 jejaring sosial
  • Social Media follow icon
  • Share counter
  • Integrasi dengan URL shortener
  • Mobile friendly & mendukung AMP
  • Simple & ringan

AddtoAny

Plugin Social Media WordPress  Add to Any

Jika berbicara plugin media sosial, maka Add to Any adalah plugin media sosial WordPress yang paling tua karena sudah ada sejak tahun 2006.  Hingga sekarang, plugin memiliki lebih dari 500 ribu pengguna aktif . Selain sebagai plugin share button, Add to Any juga sudah terintegrasi dengan Google analytic sehingga memudahkan Anda memantau trafik dari media sosial yang masuk melalui plugin ini.

Fitur AddToAny Share Buttons

  • Tombol share yang responsive
  • Mendukung platform WooCommerce
  • Tidak perlu membuat akun tertentu
  • Terintegrasi dengan Google Analytics
  • Shortcode untuk meletakkan tombol share
  • Dapat mengatur posisi tombol share
  • Support AMP
Plugin Social Media WordPress
WordPress to Buffer

WordPress to Buffer

Fungsi utamanya plugin WordPress Buffer ini sebenarnya adalah untuk menjadwalkan postingan website Anda.  Namun, disisi lain juga tersedia fitur tambahan yang secara otomatis dapat membagikan artikel di blog Anda ke media sosial. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi membagikan link artikel satu persatu di media sosial karena plugin ini secara otomatis langsung membagikan artikel terbaru di media sosial Anda.

 Plugin Social Media WordPress
Simple Social Icons

Simple Social Icons

Dengan menggunakan plugin Simple Social Icons, Anda dapat menambahkan ikon media sosial di website. Plugin ini bisa memudahkan promosi media sosial Anda. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lain sebagainya. Plugin ini ternyata sudah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif dengan review yang positif.

 Plugin Social Media WordPress
Revive Old Posts

Revive Old Posts

Plugin Revive Old Posts sebelumnya memiliki nama Tweet Old Post. Dengan plugin ini Anda bisa membagikan artikel lama dengan mudah ke media sosial. Nah artikel lama yang biasanya belum tentu mendapatkan trafik , dengan plugin ini akan lebih berpeluang untuk mendapatkan kunjungan.

Plugin ini gratis namun jika Anda menggunakan yang PRO maka Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti:

  • RSS feed sharing
  • Dukungan berbagai tipe postingan WordPress
  • Tag dan kategori
  • Finer WPML support
  • Posting dari WordPress ke grup Facebook
  • Banyak akun sosial media
  • Share gambar dan video secara otomatis

Baca juga: Anda Sering Ganti Template Website? Stop Sekarang Juga!

Sebenarnya masih banyak lagi plugin social media WordPress, yang semuanya memiliki fungsi yang hampir sama. Yaitu untuk menambahkan tombol sosial media, yang memudahkan pengguna atau pengunjung untuk membagikan artikel Anda ke media sosial.

Bahkan karena banyaknya plugin jenis ini, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan website. Hampir semua plugin menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing, untuk itu kembali pada fungsi plugin sesuai yang Anda butuhkan.

Seperti yang dijelaskan di atas untuk menginstal plugin harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai malah menginstal yang tidak perlu atau berlebihan, yang justru akan website Anda makin berat.

Kesimpulan

Ada banyak plugin social media WordPress yang bisa Anda temukan. Menjadi sebuah keharusan untuk memilih plugin yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini membantu Sahabat IDwebhost yang sedang bingung mencari plugin sosial media.

Sebuah website yang bagus, harus didukung dengan hosting terbaik. IDwebhost dengan teknologi hosting terkini siap mendukung bisnis online Anda berkembang lebih besar lagi.

Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019