Tips Email Marketing Untuk Pemula Beserta Strategi Lengkap
Blog Digital Marketing Tips Email Marketing Untuk Pemula Beserta Strategi Lengkap

Tips Email Marketing Untuk Pemula Beserta Strategi Lengkap

Email marketing menjadi upaya dalam strategi online marketing yang hemat atau minim anggaran. Selain itu, email marketing juga efektif dalam membangun kedekatan dengan calon pelanggan-pelanggan Anda. Nah, jika Anda tertarik untuk mempelajari serba-serbi dalam email marketing, ikuti panduan lengkap email marketing seperti yang akan dibahas pada artikel di bawah ini:

Daftar Isi

1. Apa itu Email Marketing ?

2. Kelebihan Email Marketing

3. Prinsip Cara Penggunaan Email Marketing

4. Strategi Email Marketing 

4.1. Gunakan Plugin Email Marketing
4.2. Email Blasting
4.3. Menggunakan MailChimp
4.4. Membuat Email List Building
4.5. Meningkatkan Open Rate Email
4.6. Membuat Newsletter

5. Tips Email Marketing

5.1. Judul Email Menarik
5.2. Gunakan Strategi Double Open
5.3. Sertakan Nama Anda sebagai Pengirim
5.4. Lakukan Personalisasi
5.5. Buat Email secara Singkat dan Jelas
5.6. Tambahkan Call to Action
5.7. Buat Desain yang Menarik
5.8. Pilih Waktu Pengiriman yang Tepat
5.9. Lakukan Split Testing

6. Kesimpulan

 

Apa itu Email Marketing ?

tips email marketing
apa itu email marketing

Email marketing adalah suatu metode dalam memasarkan produk dengan cara mengirimkan penawaran kepada calon konsumen menggunakan email. Walaupun promosi menggunakan email terbilang strategi marketing yang sudah lama, tapi teknik ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Hal ini karena menggunakan email marketing masih bermanfaat untuk perkembangan bisnis dengan baik.

Kelebihan Email Marketing

Alasan kenapa banyak pebisnis menggunakan email marketing adalah karena strategi ini dinilai masih memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah :

  • Email marketing membutuhkan biaya yang relatif kecil tapi memberikan hasil maksimal
  • Email marketing banyak disukai calon konsumen karena tampak profesional
  • Memberikan kemudahan dalam komunikasi dengan calon konsumen menjadi lebih personal
  • Memudahkan dalam menjangkau konsumen di berbagai jenis perangkat yang berbeda

Prinsip Cara Penggunaan Email Marketing

tips email marketing
prinsip cara penggunaan email marketing

Pada umumnya, prinsip cara penggunaan email marketing ini ada dua macam, yaitu :

  1. Penggunaan dengan cara manual
  2. Penggunaan dengan cara bantuan tools

Penggunaan dengan cara manual maksudnya adalah semua kegiatan email marketing dilakukan secara manual. Jadi, Anda menginputkan alamat email calon konsumen secara satu per satu. Cara ini terbilang mudah untuk di praktekan. Namun, efeknya akan terasa melelahkan jika Anda memiliki data alamat email ribuan.

Penggunaan dengan cara bantuan tools adalah semua kegiatan email marketing dilakukan dengan menggunakan bantuan tools email marketing. Contoh tools email marketing seperti mailchimp, getresponse, atau tools email marketing lokal seperti kirim.email. Untuk penggunaan email marketing dengan data pelanggan ribuan biasanya akan dikenakan biaya. Walaupun berbayar, tools ini akan memudahkan Anda dalam membangun strategi email marketing serta efisien dari segi waktu.

 

Strategi Email Marketing 

tips email marketing
strategi email marketing

Terdapat beberapa strategi email marketing yang bisa Anda terapkan untuk memudahkan pekerjaan Anda, di antaranya :

1. Gunakan Plugin Email Marketing

Plugin merupakan suatu fitur tambahan dalam website. Biasanya jenis website yang memiliki banyak plugin adalah WordPress. Nah, jika website Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan fitur plugin email marketing untuk memudahkan pekerjaan email marketing Anda. Beberapa plugin email marketing yang bisa Anda gunakan adalah Mailchimp for WordPress, Mailster, OptinMonster, Newsletter,MailPoet dsb

2. Email Blast

Email blast adalah suatu aktivitas dengan cara mengirimkan email ke banyak orang dalam sekali pekerjaan. Strategi email marketing ini telah banyak digunakan untuk menjangkau calon konsumen dengan cepat dan mudah. Lalu aktivitas ini bisa dikerjakan secara otomatis menggunakan platform email marketing khusus contohnya MailChimp dan Zoho Campaign.

3. Menggunakan MailChimp

MailChimp merupakan platform email marketing yang banyak direkomendasikan untuk kegiatan email marketing. Selain itu, kelebihan mailchimp adalah memiliki fitur yang lengkap serta mudah untuk digunakan. Beruntung bagi Anda yang ingin mencoba platform ini, Anda bisa menggunakan paket free. Anda dapat mempelajari mailchimp dan merasakan menggunakan tools ini. Jika Anda merasa puas dan butuh tambahan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa upgrade fitur mailchimp ke jenis paket yang telah disediakan.

4. Membuat Email List Building

Email list building sebuah metode dalam email marketing dengan cara mengumpulkan data contact dari pelanggan dan calon pelanggan Anda ke dalam sebuah list email. Keuntungan list building adalah Anda dapat mengelompokan data-data pelanggan yang potensial untuk Anda lakukan strategi email marketing, membangun authority, menghemat biaya promosi dsb. Untuk membangun list building, maka Anda perlu cara untuk mendapatkan orang agar mau menyertakan data emailnya kepada Anda. Untuk cara cepat mendapat data pelanggan dengan email marketing adalah :

  • Berikan penawaran menarik dari produk Anda
  • Persiapkan Call to Action yang kreatif dan menarik
  • Buat halaman pop up di website Anda dan kombinasikan dengan promo dan call to action
  • Buat halaman landing page khusus
  • Buat program giveaway

5. Meningkatkan Open Rate Email

Open rate email adalah jumlah dari rata-rata email yang telah dibuka oleh calon pelanggan Anda. Untuk itu, agar pelanggan Anda mau membuka email, Anda perlu melakukan cara-cara seperti :

  • Menentukan tujuan dari email marketing
  • Gunakan alamat email domain agar email Anda terlihat profesional
  • Buatlah email dengan bahasa yang personal, hangat dan akrab
  • Kelompokkan data-data calon pelanggan Anda kedalam segmen-segmen tertentu agar lebih mudah untuk membedakan dan menyusun strategi email marketing secara tepat
  • Buat subjek email yang menarik
  • Tambahkan gambar dan call to action yang tepat.

6. Membuat Newsletter

Newsletter adalah kegiatan dalam promosi produk melalui email. Tujuan newsletter adalah untuk mengirimkan promosi produk ke email dari hasil orang-orang yang telah melakukan ‘subscribe’ di media Anda. Data pelanggan yang didapat bisa berisi nama, alamat email dsb sesuai yang Anda atur atau butuhkan. Untuk membuat newsletter agar tampak menarik, Anda dapat melakukan:

  • Membuat tampilan newsletter yang responsif atau bisa di muat di berbagai perangkat.
  • Susunlah kata-kata yang simpel, menarik dan jangan terlalu kaku
  • Buatlah tampilan newsletter dengan visual yang menarik
  • Tambahkan Call to Action untuk menarik pelanggan mengikuti arahan yang Anda maksudkan.

Tips Email Marketing

tips email marketing
tips email marketing

1. Judul Email Menarik

Sebanyak 47% penerima email hanya membuka email jika judulnya menarik. Itu berarti, tanpa judul yang menarik, penawaran produk Anda tidak akan diterima oleh konsumen.

Tips membuat judul menarik pada email :

  • Gunakan maksimal 10 kata
  • Gunakan ‘kata kerja’ sebagai bentuk ajakan penerima email untuk segera membaca email Anda
  • Tambahkan Berupa Data Statistik yang Anda miliki berdasarkan hasil Riset agar email yang Anda sampaikan merupakan hasil yang nyata.
  • Judul email mengandung isi yang langsung ke pokok permasalahan
  • Tambahkan aspek emosi pada judul email
  • Tambahkan ‘urgency’ dan ‘Keingintahuan’ agar orang buru-buru klik email

2. Gunakan Strategi Double Open

Ketika Anda gagal dalam melakukan percobaan pertama dalam mengirim email, Anda dapat menggunakan teknik double open strategy. Double open strategy adalah cara dalam mengirim kembali email yang sama tapi menggunakan judul yang berbeda dari email yang pertama Anda kirimkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perhatian audiens lebih baik tanpa perlu membuat strategi baru secara keseluruhan.

3. Sertakan Nama Anda sebagai Pengirim

Nama pengirim email menjadi penentu keberhasilan email marketing. Hal ini karena orang tentu tidak ingin mendapatkan informasi dari email yang mencurigakan. Jadi, penting untuk Anda menambahkan nama Anda sebagai pengirim dari email penawaran. Lalu akan semakin tampil lebih baik lagi jika Anda juga menyertakan foto agar tampak lebih profesional.

4. Lakukan Personalisasi

Personalisasi yang dimaksud adalah Anda membangun kedekatan dengan calon pelanggan Anda dengan cara yang friendly tapi tetap menunjukan profesionalisme bisnis Anda. Jika profesionalisme Anda berhasil Anda bangun, maka akan meningkatkan keuntungan pada open rate email marketing Anda.

5. Buat Email secara Singkat dan Jelas

Buatlah konten pada email marketing Anda secara singkat dan jelas. Karena rata-rata orang menggunakan beberapa detik untuk membaca sebuah email promosi. Untuk itu, email promosi yang singkat dan jelas dapat membantu orang untuk segera menangkap isi email Anda kemudian meningkatkan tindakan seperti yang Anda tujukan. Selain itu, kebanyakan orang membaca email dalam keadaan memegang smartphone. Artinya, Anda hanya memiliki waktu sekilas untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen Anda.  Untuk itulah buat email secara singkat dan jelas agar dapat cepat menarik perhatian calon konsumen.

6. Tambahkan Call to Action

CTA atau Call to Action adalah sebuah ajakan kepada calon konsumen untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan. Misalnya kata ajakan seperti “amankan sekarang” atau kata ajakan lain yang hampir serupa tsb.

7. Buat Desain yang Menarik

Tips email marketing yang ke tujuh adalah buatlah template email dengan desain yang menarik. Karena dengan desain menarik dapat membuat strategi pemasaran Anda bertahan lebih lama. Disamping itu, desain yang menarik dengan memiliki ciri khas tersendiri bisa menjadi cara yang baik dalam membangun brand bisnis Anda. 

8. Pilih Waktu Pengiriman yang Tepat

Pemilihan waktu pengiriman email yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan strategi email marketing. Karena waktu bisa menentukan email Anda akan dibuka, dibaca, dan orang dapat mau melakukan tindakan sesuai keinginan Anda. Nah, berdasarkan riset, waktu yang baik untuk melakukan email blast adalah selasa dan kamis. Kemudian untuk jamnya sekitar jam 10.00 pagi karena jam ini adalah orang aktif beraktivitas, khususnya di kantor.

9. Lakukan Split Testing

Tips email marketing yang terakhir adalah split testing. Split testing adalah cara untuk menguji berbagai strategi untuk memperoleh hasil yang terbaik. Hal-hal yang perlu diuji contohnya mempersiapkan berbagai rancangan judul, konten, CTA, hingga desain pada email. Untuk mendapatkan analisa yang terbaik, direkomendasikan kepada Anda menggunakan platform email marketing seperti OptinMonster, MailChimp dsb.

Kesimpulan

Email marketing menjadi strategi marketing yang dapat membangun hubungan Anda kepada calon pelanggan Anda dalam jangka waktu yang panjang. Walaupun strategi marketing ini telah lama, tapi strategi ini masih terbukti efektif untuk mendapatkan pembeli. Lalu agar Anda dapat dengan mudah dalam melakukan strategi email marketing, disarankan Anda menggunakan tools dari berbagai penyedia platform email marketing.

Kemudian, jangan lupa juga, agar strategi email marketing Anda semakin berhasil, terapkan tips email marketing sesuai dengan pembahasan yang tertera pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.