Panduan: Dengan MailChimp Bisa Bikin Email Marketing Mudah
Blog Tips Keren Panduan: Dengan MailChimp Bisa Bikin Email Marketing Mudah

Panduan: Dengan MailChimp Bisa Bikin Email Marketing Mudah

Banyak yang mengira, bahwa dunia pemasaran digital sekarang ini sudah didominasi dan sangat populer dengan media sosial. Dan orang-orang sudah mulai meninggalkan email atau surat elektronik. Tentu ini adalah pendapat yang tidak tepat. Padahal masih banyak sekali pelaku bisnis yang memakai email atau surat elektronik untuk menunjang bisnis mereka, dalam menjangkau orang dan calon customer mereka dan menjadikannya pelanggan. Sebelum Anda mengetahui cara membuat email marketing dengan MailChimp, Anda harus paham dahulu tentang email marketing.

Faktanya masih banyak sekali pelaku bisnis yang menjalankan email marketing untuk bisnis/brand mereka. Bahkan email merupakan salah satu cara marketing paling efektif selain media sosial. Kok bisa ya ? Karena setiap orang pasti mempunyai sebuah/beberapa email pribadi dan orang-orang biasanya paling cepat sehari sekali pasti membuka kotak masuk email mereka.

Yang harus dipahami adalah, email lebih efektif untuk marketing, jika dibandingkan platform media sosial. Karena secara langsung pesan akan tertuju ke calon customer atau pelanggan mereka, tidak seperti platform media sosial lainnya yang hanya akan terlihat di beranda platform masing-masing. Dan yang paling bagus adalah Anda tahu bahwa audiens dengan sukarela mendaftarkan email mereka ke website Anda.

Panduan: Buat Email Marketing dengan MailChimp
Panduan: Buat Email Marketing dengan MailChimp

Pengertian Email Marketing

Kita semua sudah akrab dengan istilah email. Tetapi, siapa yang masih asing dengan email marketing?

Email Marketing adalah sebuah cara marketing untuk penargetan konsumen dan dikirim melalui email. Biasanya dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Email marketing tersebut akan dikirimkan secara otomatis kepada calon pelanggan dan kepada pelanggan.

Email marketing juga berfungsi bagi pelaku bisnis agar selalu terhubung dengan pelanggan secara terus menerus. Selain itu,  email marketing bisa juga digunakan untuk melihat target pasar yang Anda inginkan, serta dapat melihat penjualan yang Anda hasilkan dari email marketing tersebut.

Keuntungan email marketing terutama dari sisi harga. Cara marketing yang satu ini adalah metode yang murah untuk mengiklankan bisnis dan produk anda, dibandingkan dengan pemasaran lainnya. Melalui email, Anda akan merasakan kemudahan dalam mengatur dan melacak kampanye pemasaran email anda dan menjadikannya jenis pemasaran yang worth it untuk bisnis anda.

Kenapa Harus MailChimp ?

Dengan jumlah pengguna yang  mencapai jutaan akun dan kemampuan mengirim ratusan juta email setiap harinya, MailChimp adalah salah satu email marketing tools  yang paling populer. Bahkan, untuk bisnis kecil yang kurang dari 2000 pelanggan MailChimp memberikan opsi jasa gratis. Jadi bisa dikatakan bahwa MailChimp adalah layanan email marketing yang paling besar untuk saat ini.

Hal utama yang membuat Mailchimp lebih disukai adalah kemudahan penggunaanya,  bahkan untuk para pemula sekalipun. Anda bisa membuat template email HTML tanpa harus melakukan coding terlebih dahulu. Fitur-fitur yang berada di MailChimp pun tergolong sangat mudah untuk dipelajari. MailChimp  juga membuat panduan langkah demi langkah yang menuntun penggunanya untuk membuat sebuah email marketing dan template yang bisa dipilih.

Selain itu, MailChimp sudah memberikan fitur yang terintegrasi dengan website lainnya. Diantaranya Shopify, Salesforce, Eventbrite, Surveymonkeys. Fitur ini akan memudahkan pengguna MailChimp untuk sinkronisasi data, melihat target pasar sekaligus melihat hasil penjualan. Kemudahan MailChimp lainnya adalah, MailChimp tidak hanya bisa di operasikan di komputer tetapi bisa juga di akses melalui smartphone anda.

Panduan: Buat Email Marketing dengan MailChimp
Panduan: Buat Email Marketing dengan MailChimp

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat email marketing:

BUAT DAFTAR PELANGGAN DI MAILCHIMP

Email marketing akan lebih optimal jika anda selalu menambah daftar email pelanggan atau calon pelanggan Anda. Jangan khawatir jika anda hanya memiliki daftar pelanggan yang kecil pada awalnya, MailChimp menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mendapatkan pelanggan baru. Contohnya adalah formulir pendaftaran yang bisa dipasang pada website, blog atau halaman facebook.

Ada juga aplikasi untuk iPad dan tablet Android yang membantu Anda mengumpulkan langganan di toko anda, stan di pameran dagang, atau di mana pun Anda mungkin ingin menggunakannya.

Setelah mendapatkan banyak pelanggan baru, Mailchimp memungkinkan anda untuk membuat segmentasi dari target pasar yang ingin anda tuju. Sehingga Anda dapat memberikan pesan tertentu untuk setiap kelompok pelanggan tersebut, t untuk campaign marketing yang sedang anda lakukan. Anda bisa mengkelompokkan penerima Anda sesuai dengan kapan mereka mendaftar, tingkat keterlibatan mereka, minat mereka, dan informasi demografis. Dengan melakukan segmentasi, diharapkan bisa untuk mengoptimalkan bisnis anda dan penjualan anda.

BUAT CAMPAIGN EMAIL MARKETING

Setelah  membuat daftar segmentasi email marketing anda, selanjutnya anda perlu membuat kampanye email marketing. Mailchimp sendiri memiliki 4 jenis campaign marketing yang bisa dipilih, yaitu:

  • Reguler campaign: Fitur MailChimp ini adalah email HTML standar. Versi teks biasa terlampir untuk menghindari tampil sebagai spam dan dikirim ke folder sampah penerima anda.
  • Plain-text campaign: Fitur MailChimp ini untuk mengirim email hanya teks saja tanpa gambar atau gaya khusus, terkadang cara ini baik untuk membuat orang merasa seperti mereka mendapatkan email pribadi yang nyata dari orang yang sebenarnya.
  • A/B split campaign: MailChimp memungkinkan anda untuk mengirim dua versi email yang sama sehingga anda dapat mencoba berbagai baris subjek, nama pengirim, pewaktuan, dan konten.
  • RSS-driven campaign: Fitur MailChimp ini memungkinkan Anda untuk mengirim konten dari umpan RSS Anda sendiri atau lainnya ke daftar pelanggan.

DESIGN EMAIL DAN CAMPAIGN DI MAILCHIMP

Langkah selanjutnya adalah merancang email anda. MailChimp menawarkan berbagai layout yang dapat disesuaikan. Tema prebuilt, dan template berguna untuk membantu anda dan pengeditan membuat penyesuaian jadi  lebih mudah. Template email dirancang untuk tujuan tertentu tergantung pada tujuan Anda. Apakah menampilkan produk, berbagi berita atau pengumuman tentang bisnis anda, berkomunikasi dengan pelanggan atau hanya memberikan informasi tentang perusahaan danlayanan Aada.

Pastikan Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa tujuan Anda, karena desain email Anda sepenuhnya bergantung pada apa yang anda inginkan.

Ingat bahwa sebuah email marketing dapat memberi peluang pada bisnis anda untuk memiliki hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan anda dan yang potensial. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian.

MENGIRIM SECARA OTOMATIS

Hal terbaik dari penggunaan layanan seperti MailChimp untuk email marketing anda adalah kemampuan untuk menjadwalkan pengiriman email secara otomatis. Ini akan memastikan bahwa Anda mengirim email ketika mereka butuh solusi dan meringankan pekerjaa Anda jadi, tak perlu khawatir tentang mengirim pada saat yang tidak tepat. Ada beberapa fitur tambahan untuk pengguna berbayar, seperti optimasi waktu pengiriman yang membantu anda mengetahui waktu terbaik untuk mengirim berdasarkan riwayat aktivitas pelanggan dan  Timewarp yang memperhitungkan zona waktu pelanggan dan pengiriman batch yang memungkinkan anda untuk mengirim dalam batch waktu untuk membantu anda mengontrol lalu lintas situs web anda.

Jadi bagaimana nih, Apakah anda sudah siap untuk memanfaatkan MailChimp anda secara efektif? Selain panduan MailChimp di atas, kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.