Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat
Blog Tips Keren Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat

Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat

Sebagai jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, nyaris 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya, menjadikan Facebook sebagai salah satu platform video terbesar di dunia. Facebook sendiri memang berharap, video-video yang ada di platform mereka bisa bisa menyaingi YouTube. Situs berbagi video milik Google itu masih menjadi platform berbagi video terbesar di dunia. 

Saat ini, semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang berselancar di Facebook. Termasuk untuk menonton video-video yang dibagikan antar pengguna Facebook. Mereka mengakses Facebook dari berbagai perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, laptop, dan juga smart TV. 

Hanya saja, tidak seperti YouTube, Facebook belum memiliki fitur untuk menampilkan video di platform mereka secara offline. Untuk bisa mengakses video secara offline, tak ada jalan lain selain mengunduh video tersebut dari Facebook. Dan lagi, proses untuk mendownload video di Facebook, sayangnya tak semudah di platform lain, termasuk YouTube yang menjadi pesaingnya. 

Maka dari itu, untuk menjawab rasa penasaran Kamu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi dengan Sahabat IDwebhost semua, tentang cara download video Facebook di PC, Android, dan iOS. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengenal Sejarah Singkat Facebook 

Facebook adalah sebuah media sosial yang berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Media sosial yang identik dengan warna biru ini pertama kali meluncur di internet sejak bulan Februari 2004. Dan hingga kini, tahun 2021, Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya, di seluruh dunia. Dan sejak adanya aplikasi Facebook di smartphone, pengguna Facebook diprediksi akan selalu bertambah. 

Untuk bisa menggunakan Facebook, Kamu harus mendaftar terlebih dulu. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan user lain sebagai teman, dan bertukar pesan dan berbalas komentar. Termasuk pemberitahuan otomatis ketika ada teman yang melakukan pembaruan pada profilnya. 

Untuk preferensi daftar pertemanan, Facebook mengurutkannya dari sesama teman, tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, dan ciri khas lainnya. Facebook juga mengelompokkan teman-teman pengguna ke dalam daftar “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat”. 

Baca Juga : Belajar Facebook Ads Manager dari Nol, Pasti Bisa!

Cara Download Video Facebook di PC/Laptop, Android, dan iOS

Seperti yang telah disampaikan pada bagian awal artikel ini, untuk bisa mengunduh video di Facebook tidak semudah ketika melakukannya di YouTube. Ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan agar bisa menikmati video Facebook secara offline. Kamu bisa menikmati video Facebook di perangkat apapun. Mulai dari PC/laptop, Android, dan iOs. 

Selama video yang ingin diunduh disetel sebagai video publik, Kamu masih bisa mengunduhnya. Kalau Kamu adalah pengguna Mac, Windows, dan Android, hanya perlu copy paste tautan video yang dingin di-download. Sedangkan jika Kamu adalah pengguna iOS, harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mendownload video di Facebook. 

Sebenarnya, Facebook juga memiliki opsi Save Video yang muncul saat Kamu mengklik ikon tiga titik di bagian atas postingan video. Namun, video tersebut sebenarnya tidak di-download, melainkan disimpan di aplikasi, untuk bisa Kamu tonton lagi di kesempatan yang lain. Simak langkah-langkah berikut untuk download video Facebook: 

Cara Download Video Facebook di PC/Laptop Tanpa Aplikasi

Kalau untuk mengunduh foto dapat dilakukan dengan cara “Save” pada foto atau gambar yang diinginkan, beda halnya jika kamu ingin download video di Facebook. Berikut ini adalah cara mendownload video Facebook dari PC tanpa bantuan aplikasi. Kamu bisa menggunakan website-website yang memang biasa digunakan untuk mendownload video Facebook. Salah satunya adalah SaveFrom.Net: 

  1. Buka Facebook via browser PC atau laptop, kemudian cari video yang ingin didownload. Setelah itu, copy tautan video pada address bar aplikasi browser yang Kamu gunakan. 
  2. Buka website SaveFrom.Net (https://saveform.net/) dan salin tautan tadi pada kolom yang telah tersedia. Maka otomatis akan muncul tombol download. 
  3. Klik tombol Unduh MP4 untuk memulai download video Facebook tersebut. Dan tunggulah proses download tersebut hingga selesai. 

Cara Download Video Facebook di Android

Untuk Kamu pengguna aplikasi Facebook di smartphone berbasis Android, Kamu bisa mendownload video Facebook tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan situs-situs video downloader, sama seperti saat mendownload Facebook via PC sebelumnya. Pada contoh kali ini, yang digunakan adalah website fbdown.net. Berikut langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti: 

  1. Buka aplikasi Facebook di smartphone dan cari video yang ingin didownload. Pastikan video tersebut sudah diset Public
  2. Salin tautan video tersebut dengan klik pada ikon titik tiga pada bagian atas. Kemudian pilih Copy Link
  3. Buka website FBdown.net di browser handphone dan tempel tautan tadi pada kolom yang tersedia. Kemudian, silakan klik tombol Download
  4. Pilih kualitas video yang ingin Kamu download. Dua opsi yang bisa Kamu pilih adalah Download Video in Normal Quality atau Download Video in HD Quality
  5. Ketuk dan tahan pada video tersebut hingga muncul opsi menu Download. Silakan klik Download

Cara Download Video Facebook di iOS

Di sistem operasi iOS besutan Apple, pengguna tidak bisa menggunakan sembarang aplikasi. Termasuk untuk mendownload video dari Facebook. Maka dari itu, jika Kamu adalah pengguna iOS, menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah keharusan. Dan salah satu pilihan yang bisa Kamu gunakan adalah Cydia Impactor. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka aplikasi Facebook di smartphone dan cari video yang ingin didownload. Pastikan video tersebut sudah diset Public
  2. Salin tautan video tersebut dengan klik pada ikon titik tiga pada bagian atas. Kemudian pilih Copy Link
  3. Buka website FBdown.net di browser yang mendukung pengunduhan. Sayangnya, Safari dan Chrome tidak mendukung aksi ini. Kamu bisa menggunakan Firefox sebagai opsi. 
  4. Tempelkan tautan tadi dan klik Unduh. 
  5. Pada halaman berikutnya ketuk dan tahan sesuai dengan yang Kamu inginkan.
  6. Pilih “Unduh di Firefox”. 
  7. Buka tab Download di Firefox. Kamu bisa menemukannya lewat klik ikon hamburger di bagian kanan bawah pada iPhone. Sedangkan di iPad, Kamu akan menemukannya di bagian kanan atas. 
  8. Kemudian, ketuk pada video. Pilih “Simpan Video”. 

Untuk melihatnya, silakan buka roll kamera di aplikasi Foto, dan video tadi akan muncul di sana. 

Penutup

Ada banyak sekali media sosial yang bermunculan beberapa waktu terakhir. Meski demikian, dominasi Facebook sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak tetap tak tergoyahkan. Ini berkat berbagai fitur lengkap di Facebook. Salah satunya pemutaran video. Jika suka, Kamu juga bisa mendownload video Facebook dengan mudah dan cepat. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis