Layanan Email Gratis Untuk Bisnis Yang Harus Anda Coba!

2 Apr 2019
Layanan Email Gratis Untuk Bisnis Yang Harus Anda Coba! campaign-unlimited

Email atau surat elektronik adalah salah satu alat komunikasi paling efektif yang paling banyak digunakan dalam dunia bisnis. Mulai dari perusahaan besar hingga UKM pasti menggunakan yang namanya email untuk kegiatan komunikasi mereka baik internal maupun eksternal. Hal ini wajar karena email dapat digunakan untuk komunikasi formal ataupun informal. Mungkin anda atau perusahaan anda juga telah menggunakan email untuk bisnis. Namun apakah anda sudah membuat email bisnis dengan benar? Jika belum dan anda masih menggunakan domain email seperti @gmail.com, @yahoo.com, dan domain email gratis lainnya, artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Karena di sini kami akan membahas tentang cara membuat email gratis untuk bisnis dengan domain sendiri.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan tentang cara daftar email gratis untuk bisnis, kami akan mengulas tiga alasan mengapa Anda harus daftar email perusahaan profesional dengan domain sendiri. Berikut ulasannya

Email Gratis untuk Bisnis
idwebhost

Mengapa harus membuat email professional dengan domain sendiri?

1. Gmail dan Yahoo adalah email untuk keperluan personal

Kami tahu mungkin anda sudah terbiasa menggunakan 2 jenis email ini sejak kecil. Wajar saja karena jika membicarakan tentang email memang tidak bisa mengabaikan Gmail dan Yahoo. Sebab dua platform ini merupakan platform email yang paling populer dan digemari. Siapapun bisa membuat email gratis di Gmail dan Yahoo.

Anda juga sebenarnya bisa loh membuat email perusahaananda@gmail.com atau bisnisanda@yahoo.com. Namun, email bisnis dengan nama seperti itu tidak terlihat profesional di mata pelanggan karena mereka tahu siapa saja bisa membuat email dengan domain Gmail atau Yahoo. Jadi, sebaiknya gunakan email berdomain Gmail atau Yahoo untuk keperluan personal saja, bukan untuk kepentingan bisnis profesional.

2. Representasi Perusahaan

Mengapa harus menggunakan email bisnis dengan domain @nama perusahaan? Tentu saja karena itu merupakan simbol representasi bagi perusahaan anda. Email merupakan media yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan customer, rekan serta partner perusahaan.

Dengan menggunakan email berdomain nama perusahaan, Anda juga bisa memberikan kesan pertama yang baik ke pelanggan, rekan serta partner perusahaan.

3. Membangun kepercayaan Customer

Alasan terakhir adalah untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Berdasarkan survey yang dilakukan Verisign, 65 persen pelanggan akan lebih percaya dengan email bisnis dengan domain perusahaan daripada email dengan domain Gmail atau Yahoo.

Email Gratis untuk Bisnis
idwebhost

Kepercayaan pelanggan adalah aset berharga untuk bisnis Anda, terutama pada bisnis online. Sekali mendapatkan kepercayaan pelanggan, Anda akan dengan mudah menawarkan berbagai produk kepada mereka.

Dengan memiliki email bisnis juga dapat meminimalisasi terjadinya kasus penipuan konsumen. Sebab pelanggan bisa dengan mudah membedakan mana email resmi bisnis Anda dan mana email palsu.

Bagaimana? Sangat penting bukan untuk memiliki email professional untuk bisnis? Berikut ini merupaka bahasan kami tentang Layanan Email Gratis untuk Bisnis yang bisa membuat bisnis anda lebih baik lagi

Layanan Email Gratis untuk Bisnis

1. Zoho

Penyedia layanan email gratis untuk bisnis yang pertama adalah Zoho. Platform yang satu ini menyediakan pilihan free plan bagi Anda yang ingin membuat email gratis menggunakan nama domain perusahaan atau bisnis. Berikut adalah cara daftar email gratis di Zoho:

  • Buka website Zoho
  • Klik Free Plan, lalu pilih Get Started
  • Masukan domain website bisnis anda
  • Lengkapi informasi bisnis anda lalu klik proceed

Email gratis untuk bisnis dari Zoho hanya bisa digunakan untuk lima username dalam satu domain dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB.

2. Mail.com

Setelah Zoho, masih ada satu lagi penyedia layanan email gratis untuk profesional dan bisnis, yakni Mail.com. Berbeda dari Zoho, Anda tidak bisa membuat nama domain secara bebas di sini, tapi anda diberikan pilihan nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda.

Mail.com menyediakan lebih dari 200 pilihan nama domain. Beberapa di antaranya adalah @accountant.com, @consultant.com, @activist.com, @engineer.com, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari nama domain yang disediakan, Mail.com cocok bagi para pekerja lepas atau freelancer yang ingin terlihat profesional di bidangnya.

Cara daftar email gratis di mail.com cukup mudah. Anda hanya cukup membuka website resmi Mail.com, kemudian pilih Sign Up. Lalu isi data lengkap sdan pilih ekstensi domain yang Anda inginkan. Sangat mudah bukan?

3. Membeli Domain dan Hosting

Ya anda tidak salah baca. Mungkin anda bingung, kok mau buat email gratis untuk bisnis kok malah disuruh beli domain dan hosting? Memangnya bisa beli domain dan hosting dapat email gratis? Tentu bisa!

Jika membeli domain dan hosting murah di Idwebhost.com, Anda secara otomatis sudah mendapatkan fitur email gratis dengan nama domain bisnis Anda sendiri. Jadi Anda tidak perlu daftar email gratis di lagi untuk mendapatkan email hosting.

Fitur email hosting dari IDwebhost juga memungkinkan anda untuk membuat akun email unlimited dan Anda bisa mengirimkan 2.400 email per harinya. Akan tetapi, Anda juga bisa upgrade layanan email hosting ini ke versi berbayar untuk menambah batas maksimal email yang dikirimkan per hari di laman Email Hosting.

Keuntungan Email gratis vs email berbayar

Jika Anda baru saja memulai bisnis, layanan-layanan email gratis di atas masih dimanfaatkan dengan asumsi layanan email tersebut masih bisa menampung semua email dari customer Anda. Sebab kebanyakan layanan email gratis memiliki batasan tertentu untuk space disk yang disediakan.

Selain itu, jumlah batasan pengiriman email juga perlu diperhatikan karena layanan email bisnis gratis biasanya dibatasi dan menyediakan batas maksimal lebih sedikit daripada email bisnis berbayar. Anda harus melakukan perhitungan kebutuhan email di usaha Anda, apakah email bisnis gratis sudah cukup atau belum. Jika belum, sebaiknya anda segera upgrade ke layanan email bisnis berbayar.

Pilihan email bisnis berbayar lebih banyak dan beragam dibandingkan layanan email bisnis gratis, contoh salah satunya adalah G Suite. Platform ini adalah layanan email bisnis dari Google yang memungkinkan Anda membuat email dengan domain sendiri, tapi yang unik akan tetap menggunakan platform Gmail untuk mengoperasikannya.

Email Gratis untuk Bisnis
Idwebhost

Cara mendaftar Email bisnis gratis di G Suite

Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu secara gratis di G Suite. Berikut adalah cara daftar email gratis di G Suite. Langkah di bawah ini adalah untuk uji coba gratis di G Suite. Setelah masa uji coba 14 hari berakhir, Anda harus melakukan pembayaran, dimulai dari paket yang paling murah yaitu 3 US Dollar per pengguna per bulan.

1. Buka Website G Suite

2. Pilih Mulai Uji Coba Gratis

3. Pilih berapa orang yang bekerja di perusahaan Anda

4. Pilih apakah Anda sudah memiliki nama domain atau belum. Jika sudah memiliki nama domain, pilih Ya

5. Isi nama domain website bisnis Anda

6. Konfirmasi nama domain Anda

7. Pilih apakah Anda ingin mendapatkan email newsletter dari Google atau tidak

8. Buat akun email untuk login dengan mengisi informasi di bawah ini