Plugin WordPress yang Bikin Website Jadi Mobile Friendly
Blog Tips Keren Plugin WordPress yang Bikin Website Jadi Mobile Friendly

Plugin WordPress yang Bikin Website Jadi Mobile Friendly

Sebagai salah satu content management system (CMS) yang paling banyak penggunanya, WordPress punya banyak plugin yang sangat berguna. Termasuk plugin WordPress mobile friendly. 

Website yang mobile friendly sangat disukai oleh Google. Menurut Google, 94% pengguna internet Indonesia mengakses dunia maya dari perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. 

Riset dari Google ini tentu saja tidak dianggap sebelah mata oleh para pemilik bisnis online. Dengan smartphone sebagai perangkat utama untuk mengakses internet, sebagai pemilik website, kamu harus membuat website yang mobile friendly. 

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membuat website untuk desktop saja sudah cukup. Membuat website desktop saja sudah sulit, apalagi membuat website mobile friendly. 

Tetapi tak perlu khawatir, karena kamu bisa membuat website yang mobile friendly di WordPress dengan bantuan plugin. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, IDwebhost akan berbagi dengan kamu semua, tentang plugin WordPress mobile friendly terbaik. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Plugin WordPress Mobile Friendly Terbaik 

Ada banyak plugin WordPress yang dapat menjadikan sebuah website ramah dengan perangkat mobile. Bisa ribuan jumlahnya. Nah, IDwebhost sudah menyaringnya dalam 7 plugin WordPress mobile friendly yang bisa kamu gunakan. 

Apa saja? 

Ini dia daftarnya: 

1. WP Touch

Hari ini, hampir semua smartphone menggunakan teknologi layar sentuh. Maka tak heran, banyak pemilik website yang ingin menghadirkan pengalaman pengguna yang baik bagi para pengunjung. 

Dan WP Touch adalah plugin pilihan yang sangat populer untuk membuat website menjadi mobile friendly. Plugin ini dapat membuat tampilan website lebih mobile friendly tanpa merusak tema WordPress desktop. 

Selain itu, WPTouch juga bisa memastikan website lolos dari Google Mobile Test, sehingga dapat memperbaiki peringkat SEO-nya. 

WPTouch terdiri dari dua versi, yaitu yang gratis dan berbayar. Kalau yang kamu butuhkan adalah membuat website lebih ramah pengguna mobile dengan berbagai fitur dasarnya, versi gratis sudah sangat cukup. 

Lain halnya jika kamu ingin melakukan hal-hal yang lebih advance, seperti mengganti font dan mengatur pilihan caching, update ke versi premium adalah sebuah keharusan. 

Baca Juga : Plugin Kompres Gambar Terbaik WordPress 

2. AMP for WP 

Plugin mobile friendly WordPress lain yang cukup populer adalah AMP for WP. Plugin yang satu ini menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan tema WordPress yang sedang digunakan. 

Jika tema WordPress yang kamu gunakan belum cukup cepat, kamu bisa menggantinya dengan tema dari AMP for WP yang lebih cepat dan responsif. 

Hampir sama dengan plugin pertama, AMP for WP juga terdiri dari dua versi, yang gratis dan berbayar. Jika sekadar menjadikan website lebih mobile friendly, sudah cukup menggunakan versi gratisan. 

AMP for WP memiliki dua cara untuk menambahkan fitur premium. Cara pertama adalah membeli akun premium dengan harga mulai dari 149 Dollar Amerika. Cara kedua adalah membeli per fitur/ekstensi. 

Jika hanya butuh satu atau dua fitur tambahan, pilihan kedua jelas jauh lebih hemat. 

3. Jetpack by WordPress

Plugin wordpress mobile friendly

Kalau kamu sudah lama menggunakan WordPress, tentu sudah tak asing lagi dengan plugin yang satu ini. Jetpack. 

Bukan, bukan, ini bukan Jetpack seperti di game-game handphone, Sabahat. 

Selama ini, Jetpack dikenal sebagai All-In-One plugin, yang menyediakan fitur keamanan hingga sosial media untuk WordPress. 

Dan bisa jadi banyak yang belum tahu kalau Jetpack juga menyediakan tema mobile friendly untuk website WordPress milikmu. 

Kamu bisa dengan mudah mengatur tampilan website menggunakan menu pengaturan di Jetpack. Hal ini memungkinkanmu untuk mengatur tampilan mobile website mulai dari menu sampai dengan ukuran gambar. 

Dan kabar baiknya adalah, kamu bisa menggunakan Jetpack secara gratis. 

4. WordPress Mobile Pack 

Kemudian ada WordPress Mobile Pack, yang menawarkan progressive web app yang memungkinkanmu untuk membuat versi mobile website yang telah disesuaikan dengan standar aplikasi di Android dan iPhone. 

Tema-tema yang disediakan oleh WordPress Mobile Pack benar-benar mirip dengan aplikasi yang biasa kita temui di smartphone. 

 Plugin yang satu ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan premium. Versi gratisannya mencakup progressive web app hingga mengganti font. 

Jika membeli fitur premium, kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan tema dan bebas melakukan pengaturan. 

5. Max Mega Menu 

Plugin WordPress mobile friendly selanjutnya adalah Max Mega Menu. Yang menjadi fitur utama Max Mega Menu adalah kemampuannya mengubah menu website menjadi mega menu. 

Dengan menu ini, kamu bisa menampilkan semua pilihan halaman website dalam bentuk sub menu. 

Plugin ini sangat cocok untuk website toko online atau portal berita online, yang perlu menampilkan banyak pilihan menu. Jadi, ketika pengunjung mengarahkan kursornya ke sebuah produk, mereka juga bisa melihat sub menunya. 

Siapa saja bisa mengoperasikan plugin ini berkat fitur drag and drop. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan widget seperti maps, ikon media sosial, kalender, form kontak, hingga gambar ke mega menu. 

Tersedia dalam dua versi, gratis dan premium, kamu bisa menggunakan versi premium seharga 23 Dollar Amerika per tahun. 

Baca Juga : Rekomendasi Plugin Slider WordPress Terbaik

6. WP Mobile Menu 

WP Mobile Menu adalah plugin yang tepat jika kamu ingin fokus mengembangkan website yang dapat berjalan dengan baik di perangkat mobile. 

Ya, seringkali kita temui website di mobile dengan tampilan yang bagus dan tema yang responsif, tetapi menunya berantakan. 

Menu yang berantakan, tentu saja dapat membingungkan pengunjung. Dan solusi dari masalah ini, salah satunya adalah WP Mobile Menu. 

Dengan WP Mobile Menu, kamu bisa memodifikasi menu di website tanpa takut merusak tema aslinya. Jadi, kamu bisa membuat menu dan slide yang halus, ikon besar, dan tombol yang lebih jelas penempatannya. 

7. AppPreseser 

AppPresser merupakan sebuah plugin untuk membuat aplikasi smartphone yang sebenarnya. Kamu akan sangat terbantu untuk ketika akan membuat versi mobile dari websitemu. Baik untuk Android maupun Apple. 

Hanya saja, plugin ini disarankan untuk developer yang sudah berpengalaman. Karena pengoperasian AppPresser yang mungkin akan sulit untuk dipahami oleh pengguna awam. 

Jika dibandingkan dengan plugin WordPress mobile friendly lainnya, AppPresser tampak lebih mahal. Versi yang paling murah bisa kamu dapatkan dengan harga 19 dollar per bulan. Fiturnya mencakup app builder, support selama satu tahun, dan satu tema. 

Sedangkan pada paket yang paling mahal, 49 dollar, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur. Seperti layanan geolocation, social sharing, dan AdMob Ads. 

Penutup 

Banyak faktor yang dibutuhkan halaman website agar mendapatkan ranking SEO bagus dan mencapai halaman pertama hasil pencarian Google. 

Salah satunya faktornya adalah website yang mobile friendly. Dengan plugin WordPress mobile friendly, dapat membantu website lebih ramah pengguna mobile. 

Kecepatan website juga sangat penting. Mau website yang 40 kali lebih cepat dari biasanya? Pindah WordPress Hosting IDwebhost sekarang juga! 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis