Google Drive Adalah: Apa Itu Google Drive? Cara Menggunakan Google Drive

Google Drive Adalah: Apa Itu Google Drive? Cara Menggunakan Google Drive

Menyimpan file menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Apalagi yang berkaitan dengan file digital. Dan Google Drive adlaah salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan file digital. Jika Anda adalah orang yang gemar menyimpan file digital, harus tahu apa itu Google Drive

Karena dengan Google Drive, pengguna bisa mengakses file dari mana saja dan kapan saja. Tidak hanya mengakses, Anda bisa membuat, mengunggah, mengedit, dan membagikannya dengan pengguna lain.

Apalagi Google Drive dilengkapi dengan aplikasi mobile yang bisa dibawa ke mana-mana. Pekerjaan jadi mudah diselesaikan, dan asal ada koneksi internet, rasanya, seperti membawa komputer dalam genggaman tangan. 

Di era digital, fungsi Google Drive jadi sangat penting. Karena media penyimpanan fisik memiliki keterbatasan, jadi Anda harus tahu apa itu Google Drive berikut fungsinya, cara membuat akun, sampai dengan cara upload file dan membuat link Google Drive

Google menjadi alternatif bagi banyak orang yang mencari layanan penyimpanan data terbaik. 

Nah, pada artikel kali ini, IDwebhost akan mengajak Anda, Sahabat IDwebhost untuk cari tahu lebih banyak tentang Google Drive. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya! 

Apa Itu Google Drive? 

Google Drive adalah

Dengan tahu lebih banyak tentang apa itu Google Drive dan fungsinya, sebagai pengguna, Anda akan lebih mudah untuk memahami cara menggunakan Google Drive. 

Sebagai informasi untuk Sahabat IDwebhost, Google Drive merupakan aplikasi bawaan di banyak jenis smartphone. Terutama yang menggunakan sistem operasi Android. Tak heran aplikasi ini jadi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Hape Android, Caranya Mudah!

Google Drive adalah layanan penyimpanan data yang dikembangkan oleh Google. Layanan penyimpanan awan yang satu ini menawarkan sinkronisasi yang memudahkan pengguna. 

Dengan layanan Google Drive, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna. Seperti menyimpan data, sinkronisasi data di berbagai perangkat dan berbagai file dengan pengguna lain yang menggunakan layanan Gmail dari Google. 

Sebagai aplikasi bawaan yang ada di smartphone, Anda bisa menggunakan layanan dasar Google Drive secara gratis. Layanan gratis yang diberikan Google adalah kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. 

Tapi jika Anda masih merasa kurang, upgrade paket berbayar Google Drive adalah solusi yang dapat dicoba. Kapasitas yang disediakan antara lain 100 GB, 200 GB, sampai dengan 2 TB. Sangat banyak, bukan? 

Fungsi Google Drive

Pada bagian sebelumnya, Anda telah mengetahui apa itu Google Drive. Lantas, apa sih, fungsi Google Drive? Fungsi Google Drive bukan hanya untuk menyimpan dokumen saja. Ada beberapa fungsi Google Drive yang membuat layanan penyimpanan awan ini menjadi sangat powerful dan digunakan banyak orang. 

Untuk Anda Sahabat IDwebhost, fungsi Google Drive adalah sebagai berikut: 

Fungsi Google Drive: Penyimpanan Dokumen Penting

Fungsi Google Drive yang paling dasar adalah untuk menyimpan file dokumen penting. Dan kapasitas penyimpanan gratis Google Drive juga termasuk sangat besar dibanding kompetitornya. 

Sampai tulisan ini dibuat, Google Drive gratis dapat menyimpan file dan data sampai dengan 15GB. Sebuah kapasitas yang cukup besar untuk penggunaan pribadi. Ada banyak jenis file dan dokumen yang bisa Anda simpan di Google Drive. Seperti ijazah, sertifikat, foto, video, hingga file presentasi. Anda bisa menyimpan semuanya di Google Drive. 

Fungsi Google Drive: Berbagi File 

Tak hanya dapat digunakan untuk menyimpan data dan file pribadi, fungsi kedua Google Drive adalah dapat digunakan untuk berbagi file dengan orang lain. Ukuran file yang dibagikan juga beragam. Mulai dari berukuran kecil, sampai yang berukuran besar. 

Dan yang namanya berbagi, Anda bisa mengundang orang lain untuk melihat, berkomentar, dan mengedit file dan folder terpilih. 

Kemampuan berbagi file ini membuat kolaborasi dengan rekan kerja, sekolah, dan keperluan lain jadi lebih murah. Cukup upload file yang diinginkan ke Google Drive, lalu membagikannya menggunakan tautan yang sudah disediakan oleh Google. 

Google Drive adalah

Dapat digunakan untuk Mengedit File 

Kemampuan berbagi file rasanya akan kurang jika tidak bisa melakukan pengeditan. Nah, untuk menjawab kebutuhan penggunanya, sejak lama Google Drive dapat digunakan untuk mengedit file. 

File-file seperti Word, Excel, dan powerpoint presentation dapat diedit menggunakan Google Drive. Hasil editing juga bisa langsung disimpan di Google Drive. Artinya, semua pekerjaan dapat dilakukan secara real time. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat file kerja baru via Google Drive. 

Uniknya lagi, hal ini bisa dilakukan menggunakan perangkat apa saja. Anda bisa menggunakan fitur ini baik via desktop atau smartphone. Jadi, Anda bisa menggunakan dan mengakses Google Drive dari mana saja dan kapan saja. 

Fungsi Dasar Google Drive: Untuk Backup File 

Google Drive adalah jawaban bagi pengguna yang mulai mengurangi penggunaan perangkat penyimpanan fisik. Dan bisa dibilang, ini adalah fungsi dasar Google Drive. Fungsi Google Drive adalah untuk backup file. Alternatif dari penyimpanan fisik. 

Dapat Digunakan Untuk Backup Chat WhatsApp

Selain dapat digunakan untuk membackup file dari perangkat, Google Drive dapat digunakan untuk backup chat WhatsApp. Baru tahu? 

Bukan bukan hanya chat, namun juga file media. Jadi ketika Anda berganti perangkat, riwayat chat WhatsApp tidak akan hilang karena sudah tersedia di Google Drive. 

Cara backup chat WhatsApp juga cukup mudah. Caranya, dari halaman utama WhatsApp pilih Menu > Setelan > Chat > Cadangan Chat > Pilih Google Drive dan frekuensi pencadangan. 

Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

Setelah mengetahui fungsi Google Drive, tentu Anda tertarik untuk segera menggunakanya, bukan? Apalagi dengan kemampuannya untuk dapat diakses dari mana saja, bagaimana cara menggunakan Google Drive? 

Untuk bisa menggunakan Google Drive, yang pertama harus dilakukan adalah memiliki akun Google terlebih dulu. Tanpa memiliki akun Google, Anda tak bisa mengakses Google Drive. Berikut cara menggunakan Google Drive yang harus Anda tahu: 

  1. Buat akun Google. Diasumsikan Sahabat IDwebhost sudah memiliki akun Google. 
  2. Setelah itu, buka fitur Google Drive yang ada di gawai atau perangkat Anda. Jenis perangkat yang digunakan mempengaruhi user experience fitur Google Drive. 
  3. Buka Google Drive. 
  4. Silakan unggah data,dan lain sebagainya. 

Cara Upload Data di Google Drive

Salah satu cara menggunakan Google Drive adalah upload data. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara menggunakan Google Drive yang paling standar. 

Pengguna bisa mengunggah file bahkan folder sekaligus di Google Drive. Berikut cara upload data di Google Drive: 

  • Langkah pertama, buka Google Drive di perangkat Anda. 
  • Kedua, klik Baru > Upload File/Upload Folder
  • Pilih file atau folder dari perangkat Anda. 
  • Klik Simpan

File atau folder akan tersimpan secara otomatis di Google Drive. 

Cara Berbagi Dokumen di Google Drive

Cara membagikan dokumen di Google Drive juga sangat mudah. Semudah saat upload file. Berikut adalah cara berbagi dokumen di Google Drive: 

  • Langkah pertama, buka Google Drive
  • Kedua, pilih file yang ingin dibagikan
  • Ketiga, klik kanan pada file tersebut, pilih ikon share. 
  • Keempat, masukkan email orang yang ingin dibagi. Bisa juga memberikan link yang dapat diakses oleh semua orang. 

Untuk membagikan pada banyak orang, Anda bisa memuat link Google yang bisa diakses banyak orang, misalnya dalam sebuah unit kerja, atau bahkan siapa saja yang mendapatkan link tersebut. Berikut cara membuat link Google Drive: 

  • Langkah pertama, buka Google Drive
  • Kedua, pilih file yang ingin dibagikan
  • Ketiga, klik kanan pada file tersebut, pilih ikon share. 
  • Pada menu Get Link, klik Copy Link. Tentukan siapa saja yang dapat mengakses file tersebut. 

Kesimpulan

Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkannya, Google Drive adalah tools penyimpanan awan yang powerful. Bukan hanya itu, kapasitas penyimpanannya juga tergolong besar untuk pengguna pribadi. 

Masih mendapatkan kapasitas yang lebih besar lagi? Layanan Google Workspace IDwebhost adalah pilihan terbaik untuk Anda. 

Google Workspace memungkinkan Anda menggunakan email dengan domain sendiri, sehingga terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Dapatkan berbagai layanan website, domain dan hosting, hanya di IDwebhost. Web hosting, ya IDwebhost! 

Promo musim panas bikin menang banyak, cobain deh!
Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019