Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel
Blog Tips Keren Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel

Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel

DKIM (Domain Keys Identifed Mail) adalah metode yang digunakan untuk memvalidasi keaslian pesan email. Setiap saat email terkirim, email tersebut akan ditandatangani menggunakan kunci pribadi, lalu kemudian divalidasi pada server email penerima, atau juga bisa dilakukan oleh ISP. Validasi ini dilakukan menggunakan public key yang ada pada DNS. Proses ini memverifikasi bahwa pesan tidak diubah selama masa transit. Hanya saja, terkadang didapati kendala saat proses verifikasi ini. Atau dengan kata lain, DKIM mengalami eror. Sebagai pengguna, Anda bisa saja kerepotan saat hal ini terjadi. Maka menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi error DKIM di cPanel.

Mengapa Anda harus menggunakan DKIM record?

Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel

Menggunakan DKIM akan memperkecil kemungkinan email Anda secara otomatis masuk ke folder sampah atau spam. Untuk meloloskan DKIM diperlukan Domain based Message Authentication, Reporting & Conformance. Atau yang biasa dikenal dengan DMARC. DMARC adalah standar untuk mengurangi spoofing email yang dibuat diatas DKIM.

Selain berguna untuk memmverifikasi keaslian email, DKIM juga dapat membangun reputasi yang baik bagi domain Anda. DKIM menjadi metode yang ditempuh oleh internet service provider (ISP) untuk melacak dan membangun reputasi.

Sejarah DKIM

Seperti yang telah disebutkan diatas, DKIM adalah teknik yang memungkinkan penerima untuk memeriksa, apakah email yang masuk memang berasal dari si pemilik domain. Sebuah email bisa lolos dari otentifikasi bila memang mendapatkan signature yang ditambahkan pada pesan, serta diamankan menggunakan enkripsi.

Penerima akan menentukan bahwa suatu email yang telah ditandatangi valid apabila isi pesan dan lampirannya belum di modifikasi. Umumnya, signature ini tidak terlihat oleh pengguna akhir, tetapi ada di server.

Lalu, membicarakan mengenai sejarah DKIM. DKIM dibentuk sebagai hasil penggabungan dari Domain Keys yang dibuat oleh Yahoo, dan Identified Internet Mail dari Cisco pada tahun 2004.

Penggabungan ini kemudian berkembang menjadi teknik otentikasi baru yang diadopsi secara luas penggunaannya. DKIM juga terdaftar sebagai RFC oleh IETF. Dan patut Anda tahu, bahwa hampir semua perusahaan internet dan teknologi dunia menggunakan tanda tangan DKIM untuk memeriksa setiap email yang masuk.

Penggunaan DKIM record

Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel

Tanda tangan DKIM dihasilkan oleh MTA atau Mail Transfer Agent. Tandanya berupa serangkaian karakter unik yang disebut dengan Hash Value. Hash Value ini tersimpan di domain yang terdaftar. Setelah menerima email, penerima dapat memverifikasi DKIM menggunakan public key yang terdaftar dalam DNS. Public key tersebut akan mendeskripsikan nilai Hash di header dan menghitung ulang nilai Hash dari email yang diterima. Jika kedua DKIM ini cocok, MTA akan tahu bahwa emailnya belum dirubah. Hal ini akan mengkonfirmasi pada pengguna bahwa email tersebut benar-benar terkirim dari domain yang terdaftar.

Cara mengatasi kendala error DKIM di cPanel

Kendala DKIM record yang error dapat menyebabkan email marketing yang Anda kirimkan tidak memiliki record DKIM. Akibatnya, pesan yang Anda kirimkan akan ditandai sebagai email yang berbahaya. Anda akan diberikan dua pilihan yaitu melaporkan email tersebut atau tetapi menerimanya karena merasa email tersebut aman.

Tentu, Anda pernah bukan, menerima email yang demikian? Misalnya, seperti yang tertera pada gambar di bawah iniL

Pesan tersebut otomatis masuk ke folder spam atau sampah karena tidak didapati DKIM record. Dan untuk menghindari hal ini, Anda harus memastikan bahwa tidak ada kendala pada DKIM record. Gambar dibawah adalah contoh email yang tidak ada DKIM record-nya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala tersebut, Anda harus memeriksa apakah terdapat error pada DKIM record. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Login ke cPanel

Yang harus Anda lakukan pertama kali untuk mengatasi kendala error DKIM adalah dengan login ke akun cPanel. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Silakan masukkan username dan password yang telah Anda miliki sebelumnya.

Langkah 2: Email Deliverability

Cara Mengatasi Error DKIM di cPanel

Dari halaman dasbor cPanel, Anda bisa masuk ke menu Email Deliverability. Untuk menemukan menu ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama, Anda bisa mencarinya via search box yang ada di bagian atas dasbor cPanel.

Cara kedua adalah, Anda bisa menggulir layar dasbor cPanel. Kemudian, pada menu email, Anda bisa mengklik Email Deliverability. Dan setelah masuk ke menu Email Deliverabity, apabila Anda mendapati tanda “Problem Exist” pada Email Deliverability Status. Jika mendapati tanda demikian, Anda bisa memperbaikinya. Caranya dengan klik tombol “Repair”.

Setelah klik tombol repair, DKIM record akan menjadi valid. Jika sudah demikian, Anda bisa melakukan percobaan ulang untuk mengirimkan email kembali. Maka, di versi asli pengirim emailnya akan terlihat tanda DKIM record tersebut. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

DKIM dan DMARC

Di bagian awal artikel ini telah disinggung sedikit tentang DMARC atau Domain based Message Authentication, Reporting & Conformance. DMARC dibangun menggunakan pondasi DKIM dan SPF. Untuk SPF sendiri akan dijelasan di bagian selanjutnya pada artikel ini.

DKIM dan DMARC adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya spoofing email dan membuat email yang kirimkan menjadi lebih dapat dipercaya. DMARC hanya akan berfungsi jika Anda telah menyiapkan DKIM dan SPF. Jika Anda memiliki proses ini dengan tepat dan hati-hati, Anda dapat menggunakan tools DMARC bernama DMARC Analyzer untuk menerima laporan DMARC yang berisi informasi rinci tentang email yang Anda kirimkan.

Sekilas tentang SPF

Mari secara singkat membahas tentang SPF, atau Sender Policy Framework. Ini adalah teknik otentifikasi email yang digunakan untuk mencegah pengirim spam mengirimkan email atas nama domain Anda. Dengan menggunakan SPF, sebuah organisasi dapat menerbitkan mail server resmi.

Bersama dengan DMARC, ini akan memberikan informasi kepada penerima, atau sistem penerima, tentang seberapa dapat dipercaya email Anda. Seperti halnya DMARC, SPF adalah metode otentikasi email yang menggunakan Domain Name Service.Sebagai pengirim email, Anda akan memiliki kemampuan untuk menentukan server email mana yang diizinkan untuk mengirimkan email atas nama Anda.

Kesimpulan

Untuk kepentingan pemasaran, kendala error DKIM di cPanel dapat menyebabkan kampanye email marketing yang sedang Anda lakukan tidak akan berjalan dengan baik. Salah-salah, email Anda masuk ke folder spam dan tidak akan terbaca oleh penerima. Maka penting untuk memahami cara mengatasi kendala error DKIM di cPanel.

Demikian artikel cara mengatasi error DKIM records, jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar tema ini, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar atau langsung menghubungi tim support IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis