Apa Itu Email Hosting? Pengertian dan Manfaat Layanan Email Hosting

Apa Itu Email Hosting? Pengertian dan Manfaat Layanan Email Hosting campaign-unlimited

Dulu, jika ingin memiliki email custom dengan nama sendiri harus memiliki website. Bagi sebagian orang, mengelola website adalah hal yang tak mudah. Apalagi jika kalau ingin memiliki alamat email profesional. Email hosting adalah solusi kamu bisa memiliki email dengan nama domain sendiri. Apa Itu email hosting? Dan apa manfaat email hosting untuk bisnis?

Lantas, apa bedanya email hosting dan web hosting? Apakah sama? 

Nah, sebelum berkenalan dengan email hosting IDwebhost, kami ajak kamu untuk untuk berkenalan dengan apa itu email hosting. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya! 

Apa itu Email Hosting? 

apa itu email hosting

Pada dasarnya, email hosting dan web hosting memiliki kesamaan. Karena keduanya sama-sama digunakan untuk menyimpan data. 

Perbedaan email hosting dan web hosting adalah, web hosting untuk menyimpan file yang menyusun website. Sedangkan email hosting hanya digunakan untuk menyimpan email- email saja. 

Jika kamu sudah familiar dengan istilah web hosting, tentu saja pernah mendengar barang sekilas, apa itu email hosting. 

Email hosting adalah layanan email khusus yang hanya digunakan untuk mengirim dan menerima email. Server email hosting juga terpisah dengan server web hosting. Sehingga, performa email hosting tetap terjaga, tak terpengaruh dengan apa yang terjadi pada web hosting. 

Banyak perusahaan profesional yang menggunakan layanan ini untuk mengatur alamat email semua karyawannya. 

Misalnya, kamu bekerja di IDwebhost, maka nama email kerjmu secara totomatis akan bernama namakamu@idwebhost.com

Buat kamu para profesional, dalam bidang apapun itu, rasanya sangat cocok menggunakan layanan email yang satu ini. Salah satu manfaat email hosting akan membuat website terlihat lebih profesional. 

Manfaat Email Hosting

Menggunakan layanan email hosting, bagi sebagian orang mungkin terlihat sebagai upaya yang sia-sia. Apalagi jika tujuannya hanya untuk terlihat profesional. Sedangkan bagi yang sudah menggunakan, email hosting sangat terasa manfaatnya. 

Apa sih, manfaat email hosting itu? 

1. Meningkatkan kredibilitas 

Dalam dunia bisnis, kredibilitas adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan email bisnis, kamu bisa membuat email dengan nama domain di bagian belakang. Bukan berakhiran bisnisku@gmail.com, misalnya. 

Entitas bisnis yang menggunakan email dengan nama domain, akan terlihat lebih kredibel daripada yang tidak menggunakannya. 

Apalagi, layanan email gratis tak jarang banyak digunakan orang untuk melakukan penipuan. Email yang datang dari alamat email gratisan, bisanya akan langsung masuk ke folder spam.   

Kalau sudah begitu, email-emal bisnis yang sudah kamu buat terasa tak berguna, karena tidak akan dibaca oleh penerima. Menyedihkan, bukan? 

2. Sebagai cara branding

Ketika kamu mengirimkan email promosi ke pelanggan menggunakan alamat email gratisan, besar kemungkinan penerima tak akan membacanya. 

Bisa juga penerima membacanya, tapi mereka tak tahu dari siapa email tersebut dikirim. Salah-salah, email yang kamu kirim bisa dianggap sebagai spam. Ini bahaya untuk pengenalan sebuah bisnis. 

Salah satu manfaat email hosting adalah membantu memperkuat branding sebuah bisnis. Mau coba? 

3. Backup email berkala

Email hosting memiliki fitur backup berkala. Fitur yang sebetulnya juga bisa ditemui pada layanan email gratis. Namun, biasanya kapasitas backup yang ditawarkan terbatas. 

Lain halnya dengan layanan email hosting. Kamu bisa melakukan backup dan restore pada semua akun email yang terhubung dengan domain yang kamu miliki. 

4. Kapasitas penyimpanan besar

Layanan email gratis, seperti Gmail, juga menyediakan kapasitas penyimpanan untuk penggunanya. Tetapi, kapasitas yang ditawarkan terbatas. Sudah begitu, space tersebut masih dibagi dengan layanan lain milik Google. 

Berbeda dengan layanan email gratis, email hosting menawarkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.  

5. Keamanan lebih baik

Email hosting jauh lebih aman jika dibandingkan layanan email gratis. Dengan email hosting, kamu bisa memastikan bahwa halaman inbox bebas dari iklan dan spam yang mengganggu. 

6. Fleksibilitas pengaturan akun 

Berbeda dengan email gratis, email berbasis hosting menawarkan pengaturan yang lebih fleksibel. 

Pada email gratis misalnya. Ketika stafmu mengundurkan diri, bisa jadi kamu tidak bisa menghapus akun email tersebut karena passwordnya sudah diganti. 

Tidak demikian ceritanya jika kamu menggunakan layanan email berbasis hosting. Kamu bisa mengelola email dalam dalam satu tempat. Cara menamai akunnya juga sangat mudah. 

Kamu tinggal membuat email untuk seorang karyawan, lengkap dengan nama aslinya. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan email broadcast ke banyak penerima sekaligus. 

Layanan email hosting IDwebhost, kamu bisa mengirim email sampai ke 500 penerima sekaligus. 

Perbedaan Email Hosting dan Web Hosting 

email hosting

Pada awal artikel kami sedikit menyinggung mengenai web hosting. Memangnya, apa sih, perbedaan email hosting dan web hosting? 

Perbedaannya adalah, web hosting adalah layanan penyimpanan file sebuah website ke dalam satu server atau lebih. 

Sedangkan email hosting hanya menyimpan data yang terkait dengan email saja. 

Baca Juga: Itu Web Hosting?

Dapatkan Email Hosting Terbaik di IDwebhost

kegunaan email hosting

Kamu sudah paham, kan, apa itu email hosting? Selain terkenal dengan layanan domain dan hosting murahnya, kini IDwebhost punya layanan email hosting, lho! 

Bisnismu akan lebih lebih produktif dengan fitur keamanan terbaik IDwebhost. Email bisnismu terbebas dari virus dan malware yang membahayakan. 

Dengan perlindungan yang andal, reputasi domain dan 

Ini dia perbedaan email hosting IDwebhost dengan penyedia hosting email lainnya: 

Media penyimpanan SSD 

Email hosting IDwebhost menggunakan teknologi cloud dengan media penyimpanan SSD. Teknologi ini membuat perform email menjadi lebih optimal. 

Pengelolaan yang mudah Menggunakan cPanel 

Rupanya cPanel tak hanya digunakan oleh pengguna web hosting. Pelanggan layanan email berbasis hosting IDWebhost juga bisa menggunakan cPanel, lho. 

Dengan cPanel, pengelolaan halaman admin dan proses surat menyurat jadi lebih mudah dilakukan. Mudah dan praktis. Hanya dengan klik sana dan klik sini, semua beres! 

Baca Juga: Cara Membuat Email Dalam 3 Langkah Mudah di Plesk

Unlimited akun Email 

Email hosting sangat berguna bagi perusahaan yang menginginkan efisiensi dalam pengelolaan email karyawan. Kamu bisa membuat akun email sebanyak mungkin, berdasarkan jumlah anggota tim. Jika ada anggota yang keluar, kamu bisa menghapus akun email yang bersangkutan. 

Kirim email ke banyak penerima dalam sekali klik

Dalam sekali pengiriman email, kamu bisa kirim email sampai dengan 55 penerima. Hal ini tentu bikin pekerjaan email marketingmu jadi lebih efektif dan efisien, ya, kan? 

Kirim email sekaligus

Kamu bisa mengirim sampai 500 email dalam satu jam. Dengan jumlah sebanyak itu dalam satu jam, kamu bisa memberikan informasi bisnis yang berharga pada pelanggan. 

Support banyak Mail Client

Banyak aplikasi email, seperti Outlook, Apple Mail, dan Thunderbird bisa dikonfigurasikan dengan email hosting IDwebhost. 

Jaminan keamanan

 Tingkatkan produktivitas dengan bebas dari gangguan keamanan berkat filter anti spam dan sertifikat SSL gratis dari IDwebhost. Selain bebas spam, email milikmu bebas dari virus dan malware. 

Kesimpulan

Email bisnis dengan nama domain sendiri adalah sebuah keharusan. Kamu bisa menggunakan email hosting IDwebhost. Email hosting adalah layanan terbaru IDwebhost buat kamu yang ingin lebih profesional, kredibel, dan harga yang bersaing. 

Mau tahu lebih banyak tentang apa itu email hosting IDwebhost? Hubungi tim support terbaik IDwebhost. 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019