10 Rekomendasi Layanan Email Gratis Selain Gmail

13 Sep 2022
10 Rekomendasi Layanan Email Gratis Selain Gmail

Email berperan penting sebagai sarana mengirim pesan terkait bisnis dan pekerjaan. Salah satu penyedia layanan email populer adalah Gmail. Saking banyaknya pengguna layanan ini, nama alamat email dengan domain gmail.com menjadi cukup mainstream. Padahal, masih ada banyak layanan email gratis selain Gmail, lho.

Jika kamu masih belum mengerti apa itu email gratis, singkatnya email gratis adalah email yang bisa dibuat tanpa memerlukan pembayaran pada penyedia layanan. Biasanya email gratis bisa mudah dikenali dari domain yang digunakan.

Gmail bukanlah satu-satunya penyedia jasa email gratis. Masih ada banyak layanan lain seperti Yandex, iCloud, dan sebagainya. Soal fitur dan keamanannya? Jangan khawatir, ada banyak layanan email gratis yang aman digunakan, kok!

Apa saja daftar layanan email gratis 2022? Simak daftar rekomendasinya berikut untuk buat email webmail gratis kamu!

1. Yahoo! Mail

Meskipun layanan ini sama populernya dengan Gmail, tapi layanan satu ini boleh jadi alternatif email gratis untuk kamu. Yahoo! Mail memiliki jumlah pengguna terbanyaknya di tahun 90an. Layanan ini menyediakan beragam pilihan fitur yang bisa diakses oleh pengguna email.

Jika kamu menggunakan layanan Yahoo! Mail, kamu bisa memanfaatkan fitur alias atau identitas alternatif. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat lebih dari 500 alamat email sekali pakai. Syarat untuk menggunakan fitur ini hanya dengan tidak menggunakan nama atau data pribadi pada pembuatan email.

Selain fitur pembuatan alamat email alias, kamu juga bisa memanfaatkan ruang penyimpanan ekstra besar dari Yahoo! Mail. Setiap pengguna layanan email gratis Yahoo! Mail akan mendapatkan kapasitas penyimpanan data hingga 1 TB. Menarik, bukan?

2. Outlook

Pengguna Microsoft pasti tidak asing dengan layanan email gratis ini, bukan? Layanan ini memang ditawarkan oleh perusahaan ternama, Microsoft. Apabila kamu menggunakan penyedia email gratis ini, kamu bisa secara otomatis terhubung dengan berbagai produk Microsoft lainnya.

Misalnya saja seperti aplikasi Skype, PowerPoint, dan lainnya. Di samping itu, layanan email ini juga terintegrasi dengan software manajemen tugas seperti Trello. Bagi pengguna gratis, Outlook memberikan ruang penyimpanan bebas pakai sebesar 15 GB.

Hal menarik lain dari layanan email Outlook adalah tampilan antarmuka yang solid dan intuitif. Kamu bisa mengelola pesan email dengan praktis. Contohnya seperti klik kanan untuk mengakses opsi tindakan pada pesan. Kamu bisa cek tips dan hacks Outlook lainnya di sini, ya.

3. Zoho

Rekomendasi layanan email gratis selain Gmail berikutnya adalah Zoho. Layanan ini menjadi salah satu penyedia email terbaik untuk freelancer, lho. Ini dikarenakan Zoho menyediakan layanan pembuatan email dengan domain pribadimu gratis tanpa batas waktu, alias selamanya!

Salah satu manfaat email dengan domain sendiri adalah memberikan kesan yang lebih profesional. Cara membuat email domain Zoho juga praktis dan tidak rumit. Akan tetapi, jika kamu belum memiliki domain tidak perlu khawatir. Kamu bisa mendapatkan domain murah di sini.

Zoho juga memberikan fitur lain berupa  Zoho Docs dan free storage berkapasitas 5 GB. Dengan satu domain kamu bisa membuat 5 akun Zoho. Selain itu, untuk kemudahan komunikasi, kamu juga bisa berkirim email dengan tampilan seperti di aplikasi chatting menggunakan fitur Stream.

4. iCloud Mail

Pengguna iOS merapat! Sudah tahu belum, kalau kamu bisa memanfaatkan layanan email iCloud Mail sebagai alternatif layanan email gratis selain Gmail? Layanan email ini sangat bermanfaat bagi kamu yang menggunakan perangkat iOS dalam keseharian. Fitur unggulan dari iCloud Mail terletak pada kemampuan sinkronisasinya.

iCloud menyediakan fitur Forwarding, yang memungkinkan penggunanya untuk meneruskan pesan dari iCloud Mail ke alamat email lain. Kapasitas penyimpanan dan berbagi yang diberikan oleh layanan ini sama, yaitu 5 GB. Akan tetapi, layanan ini hanya bisa digunakan pada produk-produk Apple saja.

5. Mail.com

Jika kamu ingin memiliki email dengan domain yang bisa kamu pilih langsung, tandanya kamu harus mengenal layanan Mail.com. Ini merupakan perbedaan paling mencolok dari layanan Mail.com dengan layanan email gratis lainnya. Mail.com menyediakan lebih dari 200 pilihan domain gratis!

Ada berbagai pilihan domain yang bisa kamu pilih dalam Mail.com dan semuanya gratis. Kamu bisa membuat alamat email seperti: namakamu@mail.com, namakamu@songwriter.com, atau lainnya. Tersedia banyak pilihan domain berdasarkan kategori pekerjaan, hobi, dan masih banyak lainnya.

Di samping fitur pilihan domain, kamu juga akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis berkapasitas 2 GB. Untuk kemudahan manajemen tugas, email juga dapat terhubung dengan kalender khusus yang disediakan oleh Mail.com. Kira-kira nama domain apa yang ingin kamu gunakan?

6. Yandex Mail

Sama seperti Yahoo! Mail, Yandex juga menyediakan layanan email gratis sekaligus produk mesin pencarian, lho. Yandex adalah layanan email yang berasal dari Rusia. Di negara asalnya, Yandex menguasai pasar mesin pencarian dan layanan email gratis.

Lalu, apa kelebihan atau fitur yang ditawarkan oleh Yandex? Jika kamu menggunakan layanan email dari Yandex, kamu akan mendapatkan free storage berkapasitas 10 GB. Selain itu, pengguna email Yandex dapat terintegrasi dengan produk Yandex lainnya dengan menggunakan satu akun saja.

Fitur menarik dari Yandex ialah adanya notifikasi email terkirim dan notifikasi email tidak dibalas. Seperti menggunakan aplikasi chat, ya? Selain itu, kamu juga bisa menunda pengiriman email sesuai dengan waktu yang kamu tentukan. Dengan Yandex, kamu bisa membuat email dengan nama domain website secara gratis.

7. ProtonMail

Jika kamu bertanya-tanya adakah layanan email gratis yang aman? Jawabannya, ada. ProtonMail bisa menjadi alternatif layanan email gratis selain Gmail yang aman dan terenkripsi. Dengan adanya dukungan enkripsi keamanan maka hanya kamu dan penerima email yang bisa mengetahui isi email.

Keamanan layanan ini memang dikenal cukup canggih. Bahkan, pasalnya, ProtonMail pun tidak bisa mengetahui isi email milikmu. Selain fitur keamanan enkripsi email, kamu juga bisa mengatur tanggal expiration date untuk menghilangkan sebuah pesan email.

Jangka waktu maksimal expiration date adalah 28 hari. Selain itu, fitur unggulan lain ProtonMail ialah adanya notifikasi Link Confirmation. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pemberitahuan saat akan membuka tautan yang disertakan dalam pesan email.

8. AOL Mail

Layanan AOL Mail sudah tersedia sejak tahun 93, sebelum adanya Gmail dan Yahoo! Mail. AOL Mail sempat menjadi layanan email terbesar pada masa itu. Sayangnya, perlahan AOL Mail mulai tergeser dan tergantikan oleh layanan email lain dengan fitur lebih canggih.

Semula, AOL hadir dengan layanan pesan instannya yang bernama AOL Instant Messenger (AIM). Dalam perjalanannya, AIM sudah tidak lagi beroperasi. Akan tetapi, hingga kini layanan email AOL Mail masih tersedia, dan bisa menjadi alternatif layanan email gratis selain Gmail untuk kamu.

AOL Mail menyediakan banyak pilihan tema yang bisa digunakan untuk menghias tampilan kotak masuk email kamu. Selain itu, saat menuliskan pesan kamu tidak perlu khawatir typo karena sudah tersedia fitur spelling checker. AOL Mail juga mendukung untuk fitur import kontak dengan format LDIF, TXT, maupun CSV.

9. Tutanota

Bukan hanya bisa menjadi alternatif layanan email gratis selain Gmail, Tutanota juga bisa menjadi alternatif lain dari ProtonMail. Ini dikarenakan Tutanota juga menyediakan fitur keamanan enkripsi email seperti yang ada di ProtonMail. Namun, bukan hanya itu saja, lho. Tutanota juga menyediakan fitur lainnya.

Fitur keamanan enkripsi bukanlah satu-satunya fitur unggulan dari Tutanota. Kamu bisa menggunakan fitur signature email untuk membubuhkan tanda tangan pada email yang akan kamu kirimkan. Keren, bukan? Dengan fitur ini kamu bisa menandatangani dokumen langsung dalam email.

10. Unseen.is

Rekomendasi layanan email gratis terbaik yang terakhir ialah Unseen.is. Layanan berbasis di Islandia ini juga menawarkan keunggulan berupa penyimpanan data yang aman dari pencurian. Sebenarnya Unseen.is merupakan layanan komunikasi web-based untuk pesan instan, papan diskusi, enkripsi file, serta email.

Kira-kira mana dari rekomendasi layanan email gratis selain Gmail di atas yang akan kamu gunakan? Pastikan untuk mengetahui fitur dan menggunakannya sesuai dengan keperluanmu, ya. Jangan lupa untuk tetap melakukan pencadangan demi keamanan data-data penting di email.

Jika kamu tidak menemukan nama domain yang pas, tenang saja. Kamu bisa cek berbagai penawaran domain murah dari IDwebhost agar alamat emailmu tampil lebih profesional. Ikuti juga update blog IDwebhost untuk beragam tips dan rekomendasi lainnya, ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022