Plugin Kompres Gambar WordPress Terbaik
Blog Tips Keren Plugin Kompres Gambar WordPress Terbaik

Plugin Kompres Gambar WordPress Terbaik

Apakah kamu sedang mencari plugin kompres gambar WordPress terbaik untuk websitemu? Plugin yang bisa mengkompres gambar memberikan kemudahan bagi pengguna WordPress untuk meningkatkan kecepatan dan performa website. 

Pada sebuah website, gambar dapat memberikan banyak hal. Mulai dari peningkatan user experience, brand awareness, dan juga sebagai materi promosi.

Hanya saja, ukuran gambar yang terlalu besar dapat membuat memberikan dampak negatif pada kecepatan loading halaman website. Website yang lambat diakses, tentu saja bisa memberikan pengaruh yang buruk pada peringkat SEO. 

Kamu bisa mengurai masalah ini dengan menggunakan plugin compress gambar. Terlebih lagi, WordPress memiliki sederetan plugin yang dapat digunakan untuk mengurangi ukuran gambar. 

Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Sahabat IDwebhost, tentang plugin kompress gambar WordPress terbaik. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Butuh Plugin Optimasi Gambar? 

 

Sahabat, tentu kita semua tahu kalau gambar yang memiliki ukuran yang besar dapat memperlambat websitemu. Untuk meningkatkan kecepatan website, kamu perlu melakukan optimasi pada gambar yang tampil di konten. 

Setelah melakukan optimasi, kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan. Loading time websitemu akan semakin cepat ,dan trafik juga mengalami peningkatan. Dari sisi SEO, hal ini tentu saja sangat bagus. 

Dulu, sebelum teknologi website semaju sekarang, untuk mengkompres gambar, orang harus melakukannya secara manua. Menggunakan tools, seperti Adobe Photoshop, dan lainnya. Mengkompres gambar secara manual seringkali akan sangat melelahkan. 

Plugin Kompres Gambar WordPress Terbaik 

Kompres, atau optimasi gambar sangat penting untuk membuat website jadi lebih cepat ketika diakses. Agar lebih mudah, untuk pengguna WordPress, kamu bisa melakukan kompres gambar menggunakan plugin. 

Apapun jenis websitemu, entah website toko online, blog pribadi, sampai website perusahaan, optimasi gambar jelas sebuah keharusan. 

Website membutuhkan gambar untuk bisa menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi tambahan. Berikut adalah plugin optimasi gambar terbaik di WordPress: 

1. Smush

Plugin kompres gambar terbaik pertama di WordPress adalah Smush. Smush, adalah salah satu plugin optimasi gambar yang populer di WordPress. Dari sisi kemampuan, Smush bisa mengkompres file gambar sampai dengan 5MB, tanpa mengurangi kualitasnya. 

Dengan plugin yang satu ini, kamu bisa mengkompres gambar secara satuan atau banyak. Ini berkat fitur pengoptimalan massal yang memungkinkan pengguna mengkompres sampai 50 gambar sekaligus. 

Buat para pemula, Smush tergolong plugin yang beginner friendly. Setelah menginstalnya ke website, jangan lupa untuk mengaktifkannya terlebih dulu di menu Settings. Dan setelah aktif, setiap file gambar yang diunggah ke website secara otomatis akan terkompres. 

Smush sediri memiliki dua versi. Yaitu versi gratis dan versi pro. Pada versi pro, kamu bisa mengatur resolusi maksimum. Sedangkan untuk bisa menggunakannya secara gratis, kamu tak perlu membuat akun terlebih dulu. 

2. reSmush.it

Plugin kompres gambar terbaik WordPress selanjutnya adalah reSmush.it. Plugin ini memungkinkan penggunanya melakukan kompres gambar secara otomatis saat mengunggahnya ke website. 

Format gambar yang didukung juga tergolong banyak. Format gambar populer seperti JPEG, PHG, GIF, BMP, dan TIF bisa dieksekusi dengan mudah. 

Plugin ini menggunakan API reSmush untuk mengoptimalkan gambar agar loading website makin cepat lagi. Sebagai plugin gratisan, reSmush.it tak lepas dari kelemahan. 

Pertama, plugin ini hanya bisa mengkompres file maksimal 5 MB. selain itu, tidak tersedianya level kompresi gambar yang berbeda. Meskipun demikian, sebagai plugin gratisan, reSmush sangat dapat diandalkan. 

3. Optimus

Plugin lain yang dapat diandalkan untuk optimasi gambar adalah Optimus. Kalau kamu memiliki website dengan kapasitas bandwidth yang terbatas, Optimus adalah pilihan yang tepat. Optimus dapat mengurangi kompresi gambar yang diupload ke website, sampai 70% dari ukuran aslinya. 

Cara kerjanya adalah, Optimus akan mengirim file gambar ke server dan mengirimkan kembali ke websitemu. Dan tenang saja, kompresi ini tidak memberikan pengaruh pada kualitas gambar. 

Optimus sendiri memiliki dua versi. Yaitu versi gratis dan berbayar. Yang membedakan adalah, versi berbayar memungkinkanmu mendapatkan fitur yang lebih banyak. Seperti mengaktifkan sambungan HTTPS ke server Optimus, konversi untuk format Webp. 

Dan yang terakhir adalah akses ke API Optimus. 

4. EWWW Image Optimizer 

Jika kamu masih belum menemukan plugin optimasi gambar yang sesuai dengan keinginan, ada satu plugin yang rasanya sangat pantas untuk dicoba. Plugin itu adalah EWWW Image Optimizer. 

Dengan menggunakan plugin yang satu ini, gambar yang diupload ke website WordPress secara otomatis akan terkompres. Dan selayaknya plugin optimasi gambar lainnya, EWWW Image Optimizer juga memiliki kemampuan untuk melakukan kompresi gambar secara massal. 

Ini tentu sangat berguna untuk mengkompres stok gambar lama yang ada di website. Secara umum. EWWW Image Optimizer sangat mudah digunakan. Plugin ini secara otomatis mengoptimalkan gambar yang diupload lebih cepat. 

Kamu juga bisa memilih opsi untuk mengkonversi gambar ke format terbaik. EWWW Image Optimizer sendiri tidak memiliki batasan kecepatan dan ukuran file yang tidak terbatas. Ada dua versi EWWW Image Optimizer, yaitu versi gratis dan berbayar. Versi berbayar, tentu saja memiliki fitur tambahan. 

5. Auto Image Compression 

Berbeda dengan beberapa plugin yang telah disebutkan sebelumnya, yang hadir dengan versi gratis, Auto Image Compression berbeda. Auto Image Compression adalah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan semua gambar yang ada di websitemu. 

Plugin ini juga tergolong ringan dan dan mudah digunakan untuk membuat website jadi lebih ringan. 

Untuk bisa menggunakan plugin yang satu ini, kamu harus membayar lisensi sebesar 29 Dollar. Ketika ada ada pembaruan, kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. 

6. Short Pixel Image Optimizer 

 

Plugin kompres gambar WordPress terbaik yang bisa kamu coba yang terakhir adalah ShortPixel Image Optimizer. Untuk bisa menggunakan plugin yang satu ini, kamu harus mendapatkan API Key-nya terlebih dulu. 

Untuk bisa mendapatkannya, kamu harus memberikan alamat email. Dan, plugin ini bisa langsung diinstall ke WordPress. 

ShortPixel Image Optimizer memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, kamu bisa mengkompres hingga 100 gambar per bulan. Kalau ingin meningkatkan batas maksimalnya, kamu harus upgrade ke paket yang berbayar terlebih dulu. 

Dengan plugin yang satu ini, kamu bisa mengkompres beberapa ekstensi gambar sekaligus. Seperti JPEG, PNG, dan GIF. Bukan hanya itu, ShortPixel Optimizer juga dapat digunakan untuk mengkompres file PDF. Jika websitemu menyediakan file PDF, plugin ini adalah pilihan yang bagus. 

Penutup 

Itulah beberapa plugin kompres gambar WordPress terbaik. Penggunaan plugin akan memudahkan optimasi gambar, agar websitemu lebih ringan dan mudah untuk diakses. 

Mau punya website andal, jangan lupa IDwebhost, web hosting murah Indonesia. 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis