6 Mesin Pencari Selain Google Terbaik dan Aman

23 Apr 2022
6 Mesin Pencari Selain Google Terbaik dan Aman

Ketika Anda ingin mencari suatu informasi, biasanya Anda pasti akan mencarinya di Google, bukan? Google selalu menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Jadi, tidak heran jika banyak yang mengira bahwa Google adalah satu-satunya mesin pencari di dunia. Tetapi, tahukah Anda jika banyak sekali mesin pencari selain Google yang juga terpercaya?

Yup, Google bukanlah satu-satunya mesin pencari terpercaya yang dapat Anda gunakan. Ada banyak sekali mesin pencari lainnya yang bahkan sudah ada sebelum Google diciptakan. Nah, setiap mesin pencari memiliki sistem kerja yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan robot sepenuhnya dalam memproses informasi, tetapi ada juga yang menggunakan tenaga manusia.

Setiap sistem kerja tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan berbagai mesin pencari selain Google. Supaya Anda lebih mengenal mengenai mesin pencarian selain Google, Anda harus mengenal lebih dulu mengenai mesin pencari itu sendiri.

Pengertian search engine mesin pencari

Mengenal Apa Itu Mesin Pencari

Hampir setiap orang di dunia mempercayai mesin pencari Google sebagai sumber informasi terlengkap dan terpercaya. Cukup masukkan kata kunci, maka Google akan menampilkan seluruh hasil pencarian dengan cepat. Tetapi, sebetulnya apa yang dimaksud dengan mesin pencari atau search engine itu?

Mesin pencari atau search engine adalah perangkat lunak yang didesain atau dirancang untuk memperoleh berbagai informasi atau data dari database WWW (World Wide Web) ataupun FTP (File Transfer Protocol). Lalu, apa fungsi dari search engine itu?

Fungsi dari search engine adalah untuk menampilkan berbagai informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tentunya, semua informasi tersebut ditampilkan berdasarkan kata kunci yang pengguna masukkan pada mesin pencari.

Untuk mengakses Google, para pengguna diharuskan memiliki aplikasi Google Chrome. Tanpa aplikasi ini, kita tidak dapat mengakses mesin pencari Google. Tetapi, jika kita harus mengakses Google melalui Google Chrome, apakah Chrome termasuk mesin pencari? Nah, hal ini juga seringkali disalahpahami oleh sebagian orang.

Baca juga: Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure” di Google Chrome

Google Chrome dan mesin pencari Google adalah dua hal yang berbeda, tetapi merupakan satu kesatuan. Google Chrome merupakan web browser atau aplikasi pencarian situs. Sementara, Google sendiri merupakan software mesin pencari atau search engine. Jadi, Google merupakan layanan yang disediakan oleh Google Chrome sebagai situs pencarian.

Nah, hal ini juga berlaku sama dengan web browser dan mesin pencari lainnya selain Chrome dan Google. Cara kerja yang digunakan oleh semua mesin pencari sebetulnya berbeda-beda, tergantung pada jenis mesin pencari tersebut. Tetapi, secara umum mesin pencari akan mencari informasi dari WWW sesuai dengan kata kunci dan menampilkannya pada SERP.

Macam-Macam Sistem Kerja Mesin Pencari

Dalam penjelasan di atas, sudah dikatakan bahwa setiap mesin pencari selain Google memiliki sistem kerja yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan robot sepenuhnya seperti Google dan ada juga yang menggunakan tenaga manusia untuk melakukan penyaringan informasi. Nah, berdasarkan sistem kerja ini, terdapat empat jenis mesin pencari yang ada di dunia.

  1. Mesin Pencari Crawler

Jenis yang pertama yaitu mesin pencari yang menggunakan crawler atau robot untuk menyaring dan mengumpulkan informasi. Crawler ini akan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci dengan memindai banyak situs yang tersimpan di WWW. Semua informasi yang telah tersaring dan terkumpul tersebut akan diletakkan di dalam direktori.

Nah, dari berbagai informasi tersebut akan ditampilkan di SERP atau hasil pencarian dengan berurutan mulai dari yang paling relevan dengan kata kunci dari pengguna. Google adalah salah satu mesin pencari yang menggunakan crawler dalam sistem kerjanya. Selain Google, terdapat juga mesin pencari lainnya yang menggunakan crawler seperti Bing, Yahoo, Yandex, dan lain-lain.

Google
  1. Mesin Pencari Directories

Jika jenis sebelumnya menggunakan robot sepenuhnya untuk melakukan pencarian dan pengumpulan data atau informasi, maka sistem yang satu ini menggunakan tenaga manusia. Sebelum semua data atau informasi yang terkumpul ditampilkan dalam SERP, mesin pencari akan melakukan pemeriksaan serta review dari para editor.

Nah, review ini berfungsi untuk memilah apakah data atau informasi tersebut sudah relevan dan berkualitas untuk ditampilkan kepada pengguna. Proses review ini dilakukan oleh tenaga manusia, sehingga dapat dipastikan hasil yang ditampilkan adalah yang paling relevan dan tentunya berkualitas.

  1. Hybrid

Beberapa mesin pencari selain Google juga ada yang menggunakan sistem kerja hybrid yang mana menggabungkan sistem crawler dengan directories. Dalam melakukan pencarian dan pengumpulan informasi, mesin pencari akan menggunakan robot dan juga tenaga manusia.

Cara kerjanya juga merupakan penggabungan dari kedua sistem kerja tersebut, yaitu robot akan melakukan pengumpulan informasi dengan cepat dari database WWW. Setelah itu, akan dilakukan proses review oleh para editor untuk menilai apakah informasi tersebut sudah relevan atau belum. Jika sudah, barulah hasil tersebut akan ditampilkan dalam SERP.

Yandex
  1. Meta

Sebagian besar mesin pencari pasti hanya akan menampilkan hasil pencarian dari database mereka sendiri. Artinya, mereka tidak akan menampilkan hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari lainnya. Akan tetapi, mesin pencari yang menggunakan meta akan mengumpulkan semua hasil pencarian dari berbagai mesin pencari.

Hal ini tentunya akan memberikan hasil yang lebih luas bagi para pengguna. Jadi, Anda dapat membandingkan hasil mesin pencari yang satu dengan yang lainnya dan mencari informasi yang paling relevan dan Anda butuhkan. Nah, jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat menggunakan mesin pencari Dogpile.

Mesin Pencari Selain Google Terbaik

Ada lebih dari 20 mesin pencari selain Google yang dapat Anda gunakan. Mulai dari mesin pencari yang bersifat lokal hingga yang bersifat global dapat Anda temukan. Bahkan, kualitas hasil dan sistem keamanannya pun juga tidak kalah dari Google. Lalu, selain Google apa saja jenis mesin pencari di internet?

  1. Bing – Mesin Pencari Terbaik Selain Google

Selain Google, mesin pencari alternatif pertama yang dapat Anda gunakan adalah Bing yang dikembangkan oleh Microsoft. Bagi Anda para pengguna Windows, pastilah sudah tidak asing dengan Bing yang merupakan mesin pencari default dalam Windows. Nah, dalam melakukan pencarian, Bing menggunakan crawler yang sama seperti Google.

Uniknya, Bing memiliki halaman depan yang tidak statis berupa gambar dengan resolusi yang tinggi. Bing juga memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan para penggunanya. Salah satunya adalah Bing telah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office Online. Jadi, Anda dapat mengakses dan membuat dokumen secara online.

Bing

  1. Yahoo! – Mesin Pencari Selain Google

Yahoo adalah mesin pencari selain Google yang tentunya terpercaya. Bahkan, Yahoo sudah ada jauh sebelum mesin pencari Google diciptakan. Sebelum Google jauh berkembang seperti sekarang, Yahoo menjadi search engine nomor satu dengan fiturnya yang sangat lengkap. Mulai dari pencarian situs, finance, Yahoo Mail, dan lain-lain.

Sayangnya, saat ini peringkat Yahoo sudah turun menjadi mesin pencari terbesar ketiga setelah Google. Meski begitu, kualitas yang dihasilkan oleh Yahoo dalam setiap hasil pencarian tetap bagus dengan fitur-fiturnya yang sangat menarik. Bahkan, kini Yahoo sudah menjalin kerja sama dengan Microsoft Bing untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka.

Yahoo!
  1. DuckDuckGo

Alternatif mesin pencari selanjutnya yang dapat Anda gunakan selain Google adalah DuckDuckGo. Nah, bagi Anda yang sangat mementingkan privasi, maka Anda dapat menggunakan mesin pencari yang satu ini. DuckDuckGo tidak akan menyimpan semua data dan jejak pencarian para penggunanya.

Meski begitu, hasil pencarian yang DuckDuckGo berikan kepada pengguna sudah pasti berkualitas dan tentunya relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. DuckDuckGo menggunakan crawler untuk melakukan pencarian dari database WWW. Bahkan, mereka juga menggunakan sumber dari mesin pencari lain agar hasil pencarian semakin akurat.

mesin pencari selain google
DuckDuckGo
  1. Yandex

Apakah Anda pernah mendengar mesin pencari Yandex? Mesin pencari selain Google yang satu ini merupakan buatan perusahaan Rusia. Menariknya, Yandex secara khusus diciptakan untuk membantu para pengguna yang merupakan pebisnis, baik online maupun offline. Sama seperti Google, dalam mengumpulkan informasi, Yandex juga menggunakan robot untuk bekerja.

Yandex akan memanfaatkan semua informasi dan data dari pengguna yang tersimpan dalam mengumpulkan data yang diinginkan oleh pengguna. Fitur-fitur yang tersedia dalam search engine yang satu ini juga sangat lengkap, sama seperti Google. Mulai dari pencarian situs, gambar, email, hingga tool yang mirip dengan Google Analytics pun tersedia di Yandex.

mesin pencari selain google

Baca juga: Cara Submit URL Di Yandex, Search Engine Alternatif

  1. Baidu

Jika mesin pencari selain Google sebelumnya dapat digunakan secara global, maka berbeda dengan Baidu. Baidu merupakan search engine lokal yang ada di China. Karena kualitas serta fitur market share-nya yang menempati peringkat kedua setelah Google membuat Baidu sangat populer di kalangan warga China.

Baidu juga memiliki fitur lain yang mirip seperti Google. Mulai dari pencarian situs dengan kata kunci, suara, gambar, hingga pada monetisasi berupa iklan. Bahkan, karena kemiripan ini Baidu dijuluki sebagai Google versi China. Sayangnya, karena mesin pencarian ini bersifat lokal, maka bahasa yang digunakan dalam Baidu hanya bahasa mandarin saja.

mesin pencari selain google
  1. Dogpile

Salah satu cara kerja mesin pencarian dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan meta. Nah, Dogpile adalah salah satu mesin pencari yang menggunakan meta dalam mengumpulkan informasi. Dogpile akan mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lain-lain.

Hal inilah yang menjadi keunggulan Dogpile jika dibandingkan dengan mesin pencari selain Google lainnya. Dengan menggunakan Dogpile, Anda dapat memperoleh informasi dari berbagai search engine yang nantinya dapat Anda bandingkan untuk mendapatkan hasil yang paling relevan. Selain itu, fitur yang tersedia juga sangat menarik dan lengkap untuk membantu Anda.

mesin pencari selain google
mesin pencari selain google

Kesimpulan

Ternyata, ada banyak sekali mesin pencari selain Google yang dapat menjadi alternatif Anda dalam melakukan pencarian. Mulai dari mesin pencari yang berbasis crawler hingga meta tersedia di internet. Selain itu, fitur yang tersedia di setiap mesin pencari selain Google tersebut juga sangat menarik dan tentunya sangat membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan.

Nah, bagi Anda para pemilik website, ada kabar menarik untuk Anda yang juga dapat memenuhi kebutuhan website Anda. IDwebhost menawarkan banyak sekali layanan web hosting terbaik untuk website Anda. Mulai dari pembuatan website bisnis, domain murah, hingga layanan hosting murah tersedia lengkap di IDwebhost.

Nah, biar makin murah, jangan lewatkan promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022