YouTube Dashboard Monetisasi Update 2022

8 Feb 2022
YouTube Dashboard Monetisasi Update 2022

YouTube dashboard monetisasi adalah tempat seorang YouTuber mengelola penghasilannya di YouTube. Jika Anda ingin mendulang Rupiah sebagai content creator di YouTube, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Profesi sebagai YouTuber memang semakin banyak dilirik oleh masyarakat luas. Fleksibilitas kerja dan peluang penghasilan yang besar adalah dua keuntungan yang sulit didapatkan dari tipe pekerjaan konvensional.

Walaupun begitu, untuk menjadi seorang YouTuber sukses, ada beberapa langkah yang wajib Anda lewati. Mulai dari persyaratan, cara menghasilkan uang, hingga kemampuan mengoperasikan YouTube Studio. Semuanya akan kita bahas secara lengkap di sini.

Syarat Monetisasi YouTube Terbaru

 

Jika Anda ingin mengubah channel YouTube menjadi pundi-pundi Rupiah, ada beberapa kondisi yang harus Anda penuhi. Syarat untuk monetisasi channel YouTube adalah:

  1. Mempunyai minimal 1.000 subscribers
  2. Durasi tayang minimal 4.000 jam selama 365 hari terakhir
  3. Menyelesaikan verifikasi 2 langkah
  4. Tidak melanggar pedoman komunitas YouTube

Terdengar sulit? Tenang saja, jika Anda benar-benar serius menggarap YouTube, semua itu akan Anda raih secara natural. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain mendapatkan subscribers organik.

Yang terpenting dalam berkarir sebagai kreator YouTube adalah kreativitas Anda dalam membuat konten. Langkah pertama yang sebaiknya Anda ambil adalah mempelajari Step-Step Membuat Konten YouTube untuk Pemula.

Jika Anda sudah memenuhi semua persyaratannya, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara kerja YouTube Dashboard Monetisasi. Namun sebelum menginjak perihal teknis, Anda perlu mengetahui berbagai cara untuk menguangkan YouTube di bawah ini.

Cara Monetisasi YouTube

YouTube menyediakan banyak opsi monetisasi yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

1. Shorts Fund

YouTube Shorts adalah salah satu fitur terbaru YouTube untuk mengakomodir tren konten video pendek. Kabar baiknya, YouTube menyediakan peluang berpenghasilan untuk kreator YouTube Shorts lewat sebuah program bernama Shorts Fund.

Anggaran Shorts Fund mencapai 100 juta USD yang didistribusikan untuk ribuan kreator yang dinilai layak. Setiap kreator bisa menghasilkan antara 100 USD hingga 10.000 USD. Anda bisa mengakses program ini lewat YouTube Dashboard Monetisasi.

Kriteria kelayakan YouTube Shorts Fund bisa Anda baca di sini. Kabar baik selanjutnya adalah YouTube tidak membatasi Shorts Fund hanya untuk YouTube Partner Program (YPP). Jadi, Anda tetap berpeluang untuk mendapatkan Shorts Fund meskipun belum diterima YPP.

2. Ads

youtube dashboard monetisasi

Ads (iklan) adalah sumber penghasilan utama para kreator YouTube. Anda pasti sudah sering melihat channel YouTube yang menampilkan iklan dalam video. Lewat iklan itulah pemilik channel mendapatkan uang.

Baca Juga: Bingung Menempatkan Iklan Google Adsense? Ini Caranya

YouTube Dashboard Monetisasi menyediakan akses langsung ke Google AdSense dimana Anda bisa mengelola penghasilan dari Google Ads. Kriteria YouTube Ads termasuk ketat, sehingga Anda perlu memproduksi konten yang unik, menarik, dan konsisten di satu bidang tertentu.

3. YouTube Premium

YouTube Premium adalah opsi langganan berbayar dengan fitur bebas iklan, background playback, unduhan, dan akses premium ke aplikasi YouTube music.

Sebagian besar pendapatan langganan YouTube premium masuk ke mitra YouTube. Anda juga bisa mengaksesnya dari YouTube Dashboard Monetisasi.

4. Channel Membership

Jika Anda sudah mempunyai subscribers cukup banyak, Anda juga bisa mengadakan program membership. Lewat program ini, Anda bisa menawarkan konten eksklusif dan keuntungan lainnya untuk subscribers berbayar.

Menariknya, biaya langganan juga sepenuhnya berada di tangan Anda. Untuk meraup keuntungan dengan metode ini, tentu saja Anda perlu membangun basis subscribers setia terlebih dahulu. Aktivasi channel membership juga bisa dilakukan via YouTube Dashboard Monetisasi.

5. Super Chat

Jika Anda gemar menonton tayangan YouTube Live, Anda mungkin pernah menemukan komentar penonton yang disorot. Di tengah aliran ribuan komentar per menit yang begitu cepat, komentar dari beberapa penonton tampak menonjol dan menarik perhatian.

Jenis komentar seperti ini disebut dengan Super Chat. Dengan fitur Super Chat, penonton bisa membuat komentar yang terlihat lebih jelas untuk menarik perhatian kreator favorit mereka.

Kreator yang menyiarkan YouTube Live juga mendapatkan keuntungan dari komentar Super Chat yang mereka dapatkan dari penonton. Jumlah penghasilan dari Super Chat bisa Anda pantau di YouTube Dashboard Monetisasi.

6. Super Thanks

Dulu penonton hanya bisa mengapresiasi kreator dengan like, komentar, share, dan subscribe. Sekarang YouTube menyediakan opsi apresiasi baru bernama Super Thanks.

Kreator yang menerima Super Thanks akan mendapatkan uang dalam jumlah tertentu yang bisa Anda periksa di YouTube Dashboard Monetisasi.

Sebagai imbalan, penonton yang memberikan Super Thanks bisa memberikan komentar warna-warni agar dilihat dan ditanggapi kreator.

7. Super Stickers

Jika penonton tidak puas dengan komentar teks, penonton juga bisa membeli Super Stickers untuk berkomentar dengan stiker premium unik.

Sama seperti Super Chat, kreator YouTube Live yang menerima Super Stickers akan menerima sejumlah uang. Akumulasi pendapatan dari Super Stickers juga tersedia di YouTube Dashboard Monetisasi.

8. Merchandise

Berjualan merchandise adalah hal yang umum bagi para kreator. Namun tahukah Anda bahwa YouTube sebenarnya menyediakan opsi monetisasi merchandise official?

Baca Juga: Punya Bisnis Kuliner? Ini Tips Jitu Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

Ya, terdapat 30 retailer global yang bisa Anda pilih untuk memproduksi merchandise. Kemudian, Anda dapat menawarkan merchandise official bermerek channel Anda langsung di video YouTube. Hasil penjualan merchandise bisa Anda lihat di YouTube Dashboard Monetisasi.

9. Tiket

Jika Anda fokus pada konten musik, Anda bisa menautkan situs mitra penjualan tiket YouTube ke video Anda. Dengan demikian, penonton bisa mengikuti jadwal konser musisi favorit mereka dan membeli tiket via tautan di konten Anda.

Jika penyedia tiket menawarkan program referral, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan tiket. Cari informasi tentang peluang ini di mitra penjualan tiket YouTube dan terus ikuti berbagai jadwal konser. Serta jangan lupa untuk rajin membaca notifikasi di YouTube Dashboard Monetisasi.

10. YouTube Brand Connect

youtube dashboard monetisasi

Dulunya dikenal sebagai FameBit, YouTube Brand Connect adalah cara kreator dan brand berkolaborasi membuat konten bermerek yang autentik dan efektif.

Brand Connect menghadirkan wawasan dan keahlian industri ke area pemasaran influencer, menghubungkan brand, kreator, dan penggemar. Kreator yang berpartisipasi dalam Brand Connect akan mendulang penghasilan yang tercatat di YouTube Dashboard Monetisasi.

Panduan Monetisasi YouTube 2022

Jika channel dan konten Anda sudah siap monetisasi, Anda bisa mendaftar ke program monetisasi dengan panduan di bawah ini:

1. Cara Monetisasi YouTube Ads Per Video

  1. Sign in ke YouTube
  2. Buka YouTube Studio
  3. Di bilah menu kiri, pilih Konten
  4. Pilih Video yang ingin dimonetisasi
  5. Di bilah menu kiri, pilih Monetisasi
  6. Pilih jenis iklan yang ingin Anda tampilkan
  7. Klik Simpan

2. Cara Monetisasi YouTube Ads Beberapa Video

  1. Sign in ke YouTube
  2. Buka YouTube Studio
  3. Di bilah menu kiri, pilih Konten
  4. Klik kotak abu-abu di sisi kiri masing-masing video untuk memilih video yang ingin dimonetisasi
  5. Di kolom hitam bagian atas, klik Edit
  6. Klik Monetisasi > Aktif
  7. Klik Perbarui Video, centang checkbox bertuliskan “Saya memahami konsekuensi tindakan ini”, lalu klik Perbarui Video lagi

3. Cara Mengaktifkan YouTube Channel Memberships

  1. Sign in ke akun Google di komputer Anda
  2. Buka halaman Langganan
  3. Klik Mulai lalu ikuti petunjuk yang tertera di layar

4. Cara Mengaktifkan Merchandise Via YouTube Dashboard Monetisasi

  1. Sign in ke YouTube Studio
  2. Di bilah menu kiri, klik Monetisasi
  3. Klik Merchandise (menu ini hanya tampil jika akun Anda memenuhi syarat)
  4. Ikuti petunjuk yang tertera di layar untuk mendapatkan ID Toko Teespring dan menghubungkannya ke channel Anda

5. Cara Mengaktifkan Super Chat & Super Stickers Via YouTube Dashboard Monetisasi

  1. Sign in ke YouTube Studio
  2. Di bilah menu kiri, klik Monetisasi
  3. Di dashboard utama sebelah atas, klik Live chat > Mulai
  4. Ikuti petunjuk yang tertera di layar
  5. Jika prosesnya berhasil, Anda akan melihat dua status berikut:
    1. Status Super Chat aktif
    2. Status Super Sticker aktif

Penjelasan Lengkap YouTube Dashboard Studio

youtube dashboard monetisasi

Jika Anda baru saja terjun menjadi kreator YouTube, Anda pasti perlu beradaptasi dengan YouTube Dashboard Studio. Berikut ini hal-hal mendasar tentang Dashboard yang perlu Anda pahami.

Cara Mengakses Dashboard Channel

  1. Kunjungi studio.youtube.com dari web browser
  2. Klik foto profil Anda di YouTube, lalu pilih YouTube Studio

Menjelajahi Dashboard Channel

Di dalam dashboard, Anda akan melihat banyak kartu penting, yaitu:

  • Pelanggaran channel: peringatan, teguran, atau keputusan karena Anda melanggar ketentuan YouTube
  • Performa video terkini: ringkasan performa video dan live stream terbaru Anda
  • Komentar terkini: daftar komentar terbaru yang belum Anda respon
  • Postingan terkini: tingkat interaksi penonton di konten terbaru Anda
  • Berita: informasi resmi dari YouTube
  • Yang Baru di Studio: perubahan di YouTube Studio pasca update
  • Creator Insider: video terbaru dari Creator Insider
  • Ide untuk Anda: saran dari YouTube yang dipersonalisasi untuk Anda
  • Notifikasi penting: pesan dan pemberitahuan penting terkait channel
  • Analytics channel: durasi tonton, jumlah tayang, dan jumlah subscriber 28 hari terakhir
  • Subscriber saat ini: daftar subscriber channel Anda
  • Masalah umum: insiden di YouTube yang mempengaruhi channel dan pengguna

Arti Icon Notifikasi YouTube Dashboard Monetisasi

Jika Anda mendaftarkan channel Anda ke AdSense, Anda akan melihat status notifikasi dalam bentuk icon sebagai berikut:

  • Checking: sistem YouTube sedang memeriksa apakah video Anda layak untuk penayangan iklan.
  • On: jika statusnya “on”, maka Anda menerima hasil Ads secara penuh. Jika statusnya “Exceptions”, maka Anda hanya bisa menayangkan iklan yang tidak dipersonalisasi karena penonton konten Anda diatur untuk anak-anak.
  1. Sharing: Anda berbagi hasil dari video cover musik dengan pemilik hak cipta lagu.
  2. Escrow: Anda terindikasi melakukan pelanggaran hak cipta.
  3. Limited: Anda terindikasi melanggar panduan komunitas YouTube.
  4. Ineligible: video Anda tidak layak monetisasi karena melanggar hak cipta.
  5. Off: Anda menonaktifkan monetisasi.

Memaksimalkan Penggunaan YouTube Dashboard Monetisasi

Semua YouTuber wajib paham YouTube Studio yang merupakan kantornya para YouTuber. Disinilah Anda dapat memantau kinerja channel, mengikuti perkembangan terbaru, dan menerima notifikasi penting dari YouTube.

YouTube Dashboard Monetisasi sendiri lebih fokus pada fungsi keuangan. Di sini, Anda bisa melihat jumlah penghasilan dari berbagai opsi monetisasi yang tersedia. Melihat grafik pendapatan yang terus bertumbuh akan membakar semangat Anda untuk lebih produktif dalam berkreasi.

Untuk menghasilkan lebih banyak uang, Anda bisa menggabungkan channel YouTube Anda dengan sebuah website. Kolaborasi konten artikel di website dengan video di YouTube adalah rahasia sukses digital marketing.

Gunakan hosting murah dan domain murah dari IDwebhost untuk memaksimalkan performa website Anda. Dengan begitu, Anda bisa berkreasi dengan bebas karena website Anda bekerja dengan cepat 24 jam sehari.

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013