Cara Membuat Email di Plesk Dalam 3 Langkah Mudah
Blog Tips Keren Cara Membuat Email di Plesk Dalam 3 Langkah Mudah

Cara Membuat Email di Plesk Dalam 3 Langkah Mudah

Semua tahu, pada saat ini banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mempromosikan bisnisnya. Boomingnya internet secara langsung maupun tidak telah merubah cara pandang orang tentang cara promosi yang efektif. Dan salah satu sarana promosi yang dianggap efektif adalah email. Ya, Anda tidak salah baca. Adalah email marketing, yang dianggap sebagai salah satu metode pemasaran paling efektif.

Meskipun banyak yang menyebut email marketing sebagai hal yang kadaluarsa, nyatanya, metode ini masih menjadi cara yang ampuh. Terutama, karena dengan email, Anda bisa mengumpulkan database pengguna, yang jika diolah dengan baik dan benar akan berpotensi meningkatkan bisnis Anda. Bagi sebuah website, keberadaan email juga sangat penting. Karena, semua informasi yang keluar masuk ke website akan terdistribusi melalui email. Sebagai pemilik website, Anda tentu sudah paham betul dengan hal ini, bukan?

Pentingnya mengonlinekan bisnis

Ketika Anda memutuskan membawa bisnis Anda go online, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Antara lain, memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda, mengiklankan bisnis Anda pada khalayak, dan mendapatkan umpan balik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis Anda lewat website. Anda bisa membuat website dengan tampilan yang sederhana, atau serumit perusahaan-perusahaan besar kelas dunia. Jika ingin bisnis Anda segera online, ada tiga cara mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah tersebut:

1. Mendaftarkan nama domain

Nama domain bisa diibaratkan sebagai alamat bisnis Anda. Dan agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan, Anda harus memilih nama domain yang tepat. Sebuah nama domain yang ideal umumnya pendek, mudah untuk dituliskan, dan mudah diingat. Anda bisa mendaftarkan nama domain ke berbagai penyedia hosting yang ada. Atau biasa disebut dengan registrar. Penyedia hosting yang baik banyak yang mem-bundling pendaftaran domain dengan layanan web hosting.

2. Berlangganan hosting

Seperti yang telah disebutkan diatas, telah menjadi standar umum bahwa registrar membundling registrasi domain dengan layanan hosting. Sebagai pengguna Anda tentu tidak boleh salah saat memilih registrar domain. Pilihlan registrar domain yang andal, cepat, dan customer oriented.

3. Membuat website

Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut ringkasannya untuk Anda:

– Menggunakan website builder

Membuat website menggunakan website builder menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat website professional hanya dalam hitungan menit. Plesk, sebagai salah satu panel kontrol terkemuka memiliki fitur ini.

– Menggunakan content management system

Content management system (CMS) adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memaintenance websitenya. Menawarkan kustomisasi lebih luas, pengguna juga dituntut untuk setidaknya sedikit paham tentang pengetahuan teknis.

– Menggunakan jasa professional

Untuk Anda yang ingin garansi website Anda bisa langsung online, Anda bisa menyerahkannya pengerjaannya pada orang yang ahli dibidangnya. Konsekuensinya adalah, ada biaya ekstra yang harus Anda keluarkan untuk hal ini.

Cara membuat email di Plesk

Setelah website sudah siap, Anda dapat segera membuat akun email. Misalnya, Anda bisa memilih membuat akun email untuk semua orang di dalam bisnis Anda. Dan yang harus Anda perhatikan adalah, pilihlah penyedia hosting yang memiliki fitur unlimited email dan database. IDwebhost, memilikiki kedua hal tersebut: Email unlimited dan database pada hampir semua paket hosting terbaiknya.

Berikut adalah cara membuat Email di Plesk Panel:

1. Langkah pertama: Login ke akun Plesk

Langkah pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakukan login kea kun Plesk Anda. Silakan masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Anda bisa login menggunakan link yang disediakan oleh penyedia hosting.

2. Langkah kedua: Pilih menu Mail

Setelah berhasil masuk ke dasbor Plesk, selanjutnya silakan pilih menu Mail yang berada di sidebar sebelah kiri. Contohnya seperti pada gambar berikut.

3. Langkah ketiga: Masuk ke menu Create Mail Address

Dari halaman utama Mail, silakan klik menu Create Mail Address. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama akun email di kolom Email address. Anda juga diminta untuk mengisi kolom External email address yang digunakan untuk reset ulang password.

Anda tak perlu mencentang box Can be used to log in to Plesk. Tetapi silakan centang pada bagian Mailbox, untuk bisa menerima email dan pilih penggunaan disk yang diinginkan untuk akun email yang baru dibuat tersebut.

Jika semuanya sudah selesai, silakan klik OK untuk menambah akun.

 

Bila domain telah selesai dibuat, maka akan tertampil informasi sebagai berikut.

Cara Membuat Email di Plesk Dalam 3 Langkah Mudah

Untuk bisa login ke webmail tersebut, Anda bisa melakukannya dengan klik ikon menu yang berada di sebelah kanan alamat email tersebut. Anda juga bisa login via URL webmail.namadomainanda.com (namadomainanda.com bisa disesuaikan dengan nama domain hosting yang digunakan. Pada contoh ini, yang digunakan adalah https://webmail.tutorialidwebhost.xyz/

Cara Membuat Email di Plesk Dalam 3 Langkah Mudah

Isikan alamat email lengkap dan password email baru pada halaman login webmail. Sesuai dengan yang telah Anda buat sebelumnya.

Setup email clients

Plesk dapat secara otomatis men-setting email client. Apapun email client yang digunakan. Misalnya Microsoft Office Outlook, Mozilla Thunderbird, dan lain sebagainya. Fitur ini disebut dengan autodiscover. Fitur ini secara otomatis akan mengkonfigurasi setting yang dibutuhkan.

Jika domain Anda tidak mendukung autodiscover, atau Anda ingin menggunakan email client lain daripada menggunakan autodiscover, Anda bisa melakukan pengaturan secara manual. Berikut settingan yang Anda perlukan:

  • Username: Kolom ini diisi dengan alamat lengkap Anda secara spesifik.
  • Password: Masukkan password dengan kekuatan maksimal untuk melindungi email Anda.
  • Mail server protocol:Fungsi Mail server protocol adalah untuk menjaga salinan email Anad di server atau tidak. Jika ingin menjaganya, silakan pilih IMAP. Sedangkan jika tidak ingin menjaga salinan email tersebut, silakan pilih POP3. Dengan memilih IMAP, Anda dapat mencoba fitur SpamAssassin, untuk menyaring email spam yang Anda terima. Tentu SpamAssassin harus diaktifkan terlebih dahulu.
  • Incoming mail server (POP3/IMAP). Pilihlah port untuk mail server protocol yang digunakan. Untuk POP3 menggunakan port 110. Sedangkan IMAP menggunakan port 143.
  • Outgoin mail server (SMTP). Tuliskan nama domain dan masukkan STMP port 125.

Sahabat IDwebhost, demikian cara membuat email di Plesk. Prosesesnya sangat mudah, semudah jika Anda berlangganan hosting murah di IDwebhost. Tak perlu ribet, dan website Anda siap online. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis