Cara Membuat Linktree di Instagram yang Mudah dan Gratis

30 Apr 2022
Cara Membuat Linktree di Instagram yang Mudah dan Gratis

Instagram adalah salah satu media sosial yang tepat untuk membangun brand awareness. Untuk itu, penting sekali mencantumkan semua link bisnis pada profil Instagram. Sayangnya, kamu hanya bisa memuat satu link pada profil Instagram. Akan tetapi, kamu bisa mencantumkan berbagai link di Instagram jika mengetahui cara membuat Linktree. Linktree adalah tools yang powerful. Cara daftar Linktree gratis, lho, Sahabat!

Mencantumkan link pada profil Instagram sangat penting untuk dilakukan. Ketika audiens sudah mulai tergiur dengan postingan dari Instagram, tentu akan lebih mudah ketika mereka langsung mengklik link yang tersedia untuk membeli. Ini semua dapat dilakukan jika kamu mengetahui cara membuat Linktree.

Apa Itu Linktree?

Linktree adalah sebuah platform untuk menempatkan berbagai link hanya dalam satu tautan.  Dengan menggunakan Linktree, kamu bisa mencantumkan berbagai link bisnis dalam satu tautan saja. Kamu bisa mencantumkan link media sosial, Whatsapp, marketplace serta website bisnis hanya dalam satu tautan.

Kamu dapat menempatkan link ini di berbagai platform atau media yang kamu punya. Bukan hanya link bisnis yang dapat dicantumkan, Linktree bisa juga digunakan untuk berbagai tujuan. Melalui Linktree, kamu dapat meningkatkan potensi traffic dari setiap link yang kamu miliki, baik website, media sosial maupun marketplace.

cara membuat linktree

Baca Juga: Tips Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace

Lalu, apakah Linktree berbayar? Nah, menariknya kamu bisa menggunakan platform ini secara gratis maupun berbayar. Hanya saja, ada beberapa fitur yang memang hanya dapat digunakan dalam versi berbayar saja. Meski begitu, kamu tetap dapat menggunakan fitur-fitur dasar untuk membuat Linktree dari versi gratis.

Lantas, apa saja fitur yang hanya dapat digunakan dalam versi berbayar? Jika menggunakan Linktree versi berbayar, kamu dapat menggunakan berbagai fitur lainnya seperti unlimited links, leap links, video links, link thumbnails, social icons dan sebagainya. Kamu juga bisa mengganti latar dari tampilan Linktree sesuai dengan keinginan.

Nah, untuk versi berbayar ini sendiri ada beberapa pilihan yang tersedia di Linktree. Kamu dapat memilih dari tiga pilihan yaitu Starter, Pro dan Premium. Harganya sendiri beragam, mulai dari Rp39.000 hingga Rp220.000. S

etiap versi berbayar ini memiliki fitur-fitur unggulannya masing-masing yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Cara Membuat Linktree di Instagram

Setelah memahami sedikit mengenai apa itu Linktree, selanjutnya kamu dapat mengetahui cara daftar Linktree gratis. Sebetulnya, cara membuat Linktree cukup mudah, kamu cukup mendaftarkan akun saja dan tidak ada persyaratan yang sulit. Supaya kamu lebih paham, berikut ini cara membuat Linktree untuk Instagram dan media sosial lainnya.

  1. Akses Situs Linktree

Cara pertama untuk membuat Linktree adalah harus mengakses situs resminya lebih dulu. Situs ini bisa kamu akses di di sini untuk daftar Linktree. Setelah situs terbuka, selanjutnya silahkan klik tombol ‘Get started for free’ untuk membuat akun Linktree Anda.

cara membuat linktree

  1. Cara Membuat Akun Linktree

Setelah tombol ‘Get started for free’ tersebut sudah kamu klik, selanjutnya kamu akan diarahkan untuk daftar Linktree gratis lebih dulu. Cara membuat akun Linktree ini cukup mudah, Kamu hanya diminta untuk mengisi alamat email, username serta password yang akan digunakan.

Setelah semua data yang diperlukan terisi, selanjutnya silahkan klik tombol ‘Register’ untuk cara daftar Linktree gratis.

  1. Lengkapi Informasi Akun

Jika semua data telah terisi dan mendaftarkannya, selanjutnya kamu akan diminta untuk melengkapi informasi mengenai akun Linktree. Mulai dari nama atau brand dan memilih kategori sesuai dengan kebutuhan Linktree bisnis. Setelah kategori Linktree terpilih, selanjutnya silahkan klik ‘I’m not a robot’ lalu klik ‘Continue’.

  1. Pilih Plan Linktree

Setelah semua cara membuat Linktree di atas selesai, selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih Plan Linktree atau versi akun yang ingin digunakan. Ada dua jenis pilihan yaitu gratis dan berbayar. Untuk berbayar sendiri, biasanya akan direkomendasikan versi Pro dengan harga Rp49.000.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Siapa yang Terbaik? 

Perbedaan keduanya tentu saja pada fitur yang dapat diakses. Untuk versi gratis, Kamu hanya mendapatkan fitur-fitur dasar seperti unlimited links, jumlah klik, tema Linktree dan sebagainya. Sedangkan, untuk penggunaan fitur lain yang lebih banyak, kamu harus menggunakan versi berbayar.

Jika kamu sudah memilih versi mana yang akan digunakan, silahkan klik ‘Sign up’ untuk melanjutkan ke cara membuat Linktree selanjutnya.

  1. Verifikasi Email

Cara untuk membuat akun Linktree selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi yang akan dikirimkan melalui email. Jika kamu sudah menerima email untuk verifikasi, silahkan klik ‘Verify Email’ untuk melanjutkan ke cara membuat selanjutnya. Setelah email terverifikasi, barulah akun Linktree selesai dibuat.

  1. Cara Membuat Tautan Linktree

Untuk membuat Linktree di Instagram, cara yang harus kamu lakukan tentunya login lebih dulu menggunakan akun Instagram. Setelah itu, silakan akses halaman dashboard dari Linktree untuk membuat tautan. Nah, untuk cara membuat Linktree sendiri cukup mudah yaitu dengan klik tombol ‘Add New Link’ pada halaman dashboard.

Setelah itu, silahkan masukkan link yang ingin ditautkan di Linktree. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu link. Nantinya, kamu juga akan melihat card baru yang muncul. Dalam card tersebut terdiri dari kolom untuk title dan juga URL dari setiap link yang ingin kamu masukkan dalam Linktree.

  1. Bagikan Linktree ke Media Lain

Jika semua cara membuat Linktree di atas selesai dilakukan, barulah tautan ini dapat kamu bagikan ke media sosial lain atau platform lainnya. Kamu dapat membagikan alamat Linktree ini ke semua koneksi yang kamu miliki, baik di media sosial, Linkedin, email, Whatsapp dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa membagikan tautan Linktree ini dalam bentuk QR Code.

Nah, Linktree ini bisa juga kamu cantumkan pada profil di Instagram untuk memudahkan para audiens mengunjungi semua platform yang kamu miliki. Melalui Linktree kamu juga bisa melihat berapa banyak orang yang mengklik link yang sudah kamu bagikan tersebut.

Manfaat Menggunakan Linktree di Instagram

Linktree adalah tools yang essential untuk digunakan dalam bisnis online. Mencantumkan tautan Linktree di profil Instagram dapat membantu untuk meningkatkan traffic serta penjualan bukan hanya dari satu media. Ada banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dengan membuat Linktree ini.

cara membuat linktree

Linktree dapat membuat jumlah CTR atau Click Through Rate setiap link meningkat dengan cara memberikan banyak pilihan akses. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membuat Linktree dapat membuat audiens menjadi lebih mudah mengakses dengan cara cukup mengklik satu link saja.

Bukan hanya jumlah klik, kamu juga dapat mempromosikan berbagai media sosial atau platform lain di tempat lainnya. Dengan cara membuat Linktree, kamu bisa mencantumkan berbagai tautan menuju profil, portofolio maupun toko online dengan mudah. Audiens pun dapat mengunjungi langsung ke link tersebut tanpa susah payah mencarinya ulang di internet.

Kesimpulan

Linktree adalah platform dan alat yang essential dalam menjalankan bisnis online. Kamu dapat membagikan berbagai links hanya dalam satu tautan. Audiens yang ingin mengetahui lebih dalam pun dapat dengan mudah mengunjungi berbagai tautan tersebut melalui profil Instagram.

Hal ini tentu akan berujung pada traffic dan penjualan yang meningkat karena kamu sudah memotong jalan yang harus dilalui oleh audiens untuk melakukan pembelian dan sebagainya. Nah, bagi kamu yang juga ingin mencantumkan website atau toko online tetapi belum memilikinya. Kamu bisa membuatnya di IDwebhost.

IDwebhost juga memiliki layanan web hosting lainnya yang terjangkau yaitu hosting murah dan domain murah. Ada banyak layanan web hosting yang bisa dipilih di IDwebhost. Jangan ketinggalan pula berbagai promo menarik dari IDwebhost yang menunggumu dengan klik di sini!

Penulis
Member since 2 Jul 2013