Layanan Email Gratis vs Hosting, Bagus Mana?

2 Agu 2022
Layanan Email Gratis vs Hosting, Bagus Mana? campaign-unlimited

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, kebutuhan layanan email gratis menjadi tinggi sekali. Electronic Mail atau yang biasa disebut Email adalah metode pengiriman surat dalam bentuk elektronik dengan format digital yang ditulis menggunakan tools (komputer, laptop, tablet atau handphone) dan dikirimkan melalui jaringan internet.

Berbeda dengan surat pada umumnya yang mana jika ingin mengirimkan dokumen, kita harus mencetaknya dulu, menyusun dokumen-dokumen sesuai urutan, memastikan resolusi foto / video harus sesuai dengan dokumen aslinya, kemudian setelah itu kamu masih perlu menunggu dengan jangka waktu tertentu sampai surat atau dokumen yang kamu kirimkan sampai ke tujuan.

Tetapi jika kamu mengirimkan surat atau dokumen melalui email, kamu bisa memangkas pemborosan waktu, dengan kata lain cukup sekedipan mata, semua surat atau dokumen sudah terkirim ke tujuan. Dan tanpa kamu sadari adanya kehadiran email justru secara otomatis membantu kinerja kamu didalam melakukan pengiriman surat menjadi lebih praktis dan singkat, bahkan justru dapat meningkatkan performance kerja membaik secara significant.

Fungsi Email

Layanan email gratis

Selain berkirim surat, email juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melampirkan dokumen-dokumen, fitur yang dimaksud adalah Attachment. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan berbagai dokumen, seperti: Video, Foto, Gambar, dsb, tanpa mengurangi resolusi atau kualitas dari dokumen-dokumen tersebut.

Layanan Email Gratis

Untuk bisa mendapatkan layanan email gratis, sebelumnya kamu harus sudah memiliki alamat email. Cara mendapatkannya cukup dengan mendaftar ke beberapa penyedia email gratis yang sudah ada, seperti: Yahoo atau Gmail.

Yahoo

Yahoo adalah salah satu layanan informasi / portal berita tertua di dunia yang diciptakan jauh sebelum Google. Yahoo diliris pada tahun 1994, sehingga menjadikannya sebagai salah satu nama tertua di internet. Sebagai pelopor Yahoo terlebih dulu meluncurkan layanan email gratis yang biasa disebut Ymail. Pada tahun 2000 merupakan momen puncak Yahoo karena sahamnya tercatat tinggi, sehingga membuat Ymail menjadi pilihan utama di Dunia untuk kategori layanan email gratis selain gmail.

Sayangnya seiring berkembangnya tehnologi, popularitas Yahoo mulai meredup karena kehadiran kompetitornya si raksasa Google.

Gmail

Layanan email gratis

Google.com adalah sebuah perusahaan mesin situs pencari online yang berdiri pada tahun 1998, seiring berkembangnya zaman, google mulai merambah ke bisnis layanan internet lainnya seperti Ads dan Email. Kelebihan google dengan penyedia email gratis lainnya adalah:

Kapasitas penyimpanan

Pada awal Google menyediakan layanan email gratis (gmail), kapasitas yang diberikan cukup besar untuk ukuran layanan email gratis terbaik pada saat itu, yaitu sekitar 1 GB. Berbeda dengan kompetitornya yang sempat naik daun pada tahun 2000 awal, yahoo yang juga memiliki email gratis hanya mampu memberikan kapasitas yang cukup kecil yaitu sekitar 5 – 10 MB khusus untuk layanan email gratis, namun jika ingin lebih dari kapasitas tersebut maka kamu harus melakukan transaksi pembayaran kepada pihak Yahoo.

Aman dan Nyaman

Gmail menyediakan 1 fungsi khusus yaitu filtering email. Maksudnya adalah jika ada email yang masuk, maka secara otomatis email tersebut akan di filter (disaring atau dipisahkan) oleh gmail sesuai dengan kategorinya, seperti: Promosi, Update, Spam atau email pribadi. Sehingga kamu tidak perlu lagi secara manual membuat job untuk membagi atau mengelompokkan email masuk supaya masuk ke kategori tertentu. Fungsi ini merupakan salah satu keunggulan dari layanan email gratis yang disediakan oleh gmail. Berbeda dengan Microsoft Outlook (email gratis selain gmail), dimana kamu harus melakukan setting khusus agar setiap email yang masuk, langsung dikelompokkan kedalam kategori tertentu.

Fitur lengkap

Cukup dengan memiliki 1 email gratis dari Google, secara otomatis kamu memiliki akses khusus ke layanan google lainnya, seperti:
a. Google Drive
b. Google Map
c. Google Play
d. Google Meet
e. Google Classroom
f. Google Sheets
g. Google Docs
h. Youtube
i. Twitter
j. Instagram
k. Dan masih banyak lagi.
Dengan kata lain google adalah salah satu layanan email gratis 2022 terbaik, karena dengan 1 akun kamu sudah bisa terintegrasi dengan banyak aplikasi yang ada di dunia.

Setelah mengupas tuntas mengenai email terbaik 2022, tidak lengkap rasanya kalau belum mengetahui struktur email.

Struktur layanan email gratis, dalam hal ini Google adalah:

Admin

Merupakan username atau akun yang kamu buat, penamaan akun atau pembuatan username tidak memiliki batasan selama username tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Username biasanya dibentuk untuk merepresentasikan kebutuhan dari email yang ingin kamu buat, contohnya jika kamu ingin membuat akun pada email gratis untuk toko online, maka baiknya usernamenya adalah admin. Kata admin disini mewakili banyak aktivitas didalam sebuah usaha online.

@ (at)

Lambang @ (a-keong) atau at menandakan bahwa username atau akun kamu masuk atau berada di layanan email gratis, yaitu gmail.

Gmail.com

Gmail.com merupakan sebuah domain khusus email yang dikelola oleh Google. Domain sendiri memiliki arti sebuah lokasi atau nama dari sebuah website yang berfungsi sebagai identitas.

Kekurangan Layanan Email Gratis

email

Namun sayangnya sebaik-baiknya layanan email gratis yang ada, tetap memiliki kekurangan di 2 sisi, yaitu: Hosting dan Domain. Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa domain adalah sebuah identitas dari sebuah website. Kalau kamu ingin terlihat lebih professional baik sebagai pemilik usaha atau sebagai karyawan biasa, maka disarankan kamu memiliki email dengan domain sendiri atau email dengan domain perusahaan.

Karena tanpa disadari jika kita memiliki email dengan domain sendiri, dimata orang lain atau dimata calon customer; email tersebut akan terlihat lebih mewah / professional. Bahkan email dengan domain sendiri terkadang menjadi salah satu pertimbangan tidak kasat mata yang menjadi penentuan dalam mendapatkan customer.

Kalau saat ini kamu belum punya domain, untuk bisa mendapatkannya cukup mudah kok. Ada banyak website penyedia domain murah di Indonesia yang bisa kamu pilih. Jika kamu sudah menentukan mau membeli domain murah dimana, kamu tinggal tentukan penamaan domain apa yang kamu sukai dan selesaikan transaksi pembayarannya.

Tetapi kalau ternyata kamu saat ini sudah memiliki domain dan mau mencari domain murah lain dengan kualitas yang mumpuni sesuai dengan keinginan kamu, sudah pasti hal seperti ini bisa dilakukan dong, karena terdapat beberapa penyelia jasa domain yang memberikan layanan transfer domain murah.

Setelah memiliki domain kamu perlu memiliki hal penting lainnya, yaitu Hosting. Berbeda dengan domain, hosting adalah tempat yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data-data website. Salah satu kelebihan memiliki hosting sendiri adalah jika website kita mengalami error, maka kita bisa dengan cepat mengindentifikasi sumber permasalahan.

Kesimpulan

Tak ada salahnya menggunakan layanan email gratis. Namun agar terlihat lebih profesional dan trusted, menggunakan email dengan domain sendiri adalah sebuah keharusan.

Di IDwebhost, kamu bisa membuat websitemu sendiri, lengkap dengan segala fitur terbaiknya. Ya, termasuk email dengan domain sendiri. Fitur ini, salah satunya bisa kamu dapatkan pada layanan Google Workspace IDwebhost.

Dita Mustika
Member since 26 Jul 2022