Roundcube Webmail, Ini Cara Download dan Cara Installnya
Blog Tips Keren Roundcube Webmail, Ini Cara Download dan Cara Installnya

Roundcube Webmail, Ini Cara Download dan Cara Installnya

Cara install dan cara mendownload roundcube webmail nantinya akan memberikan Anda beberapa banyak penerapan dan juga keuntungan yang dapat di maksimalkan dengan mudah dan juga tepat. Perlu diketahui bahwa, Roundcube webmail ditulis menggunakan bahasa pemrograman yang familiar sehingga dapat menjamin Anda agar dapat mendapatkan semua yang dibutuhkan dengan mudah dan juga tepat.

Pengertian Roundcube Webmail

roundcube webmail

Roundcube adalah sebuah aplikasi webmail yang berbasis IMAP. Roundcube juga ditulis dengan bahasa pemrograman yang biasa dipakai, PHP. Fitur yang menjadi andalan dari aplikasi webmail ini adalah adanya penggunaan Ajax. Ajax disini digunakan agar dapat memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan email yang jauh lebih responsive jika dibandingkan dengan aplikasi webmail yang lain yang jauh lebih konvensional. Sedangkan untuk webmail merupakan layanan yang sudah disediakan oleh beberapa perusahaan dan juga provider yang dapat memungkinkan agar dapat mengakses email melalui internet. Webmail sebenarnya bisa mendapat mejadi sebuah solusi untuk Anda jika dapat menggunakan komputer.

Kelebihan Roundcube Webmail

roundcube webmail

Sebenarnya ada beberapa kelebihan dari roundcube yang bisa dijadikan pertimbangan. Anda diharuskan mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi kelebihan yang nantinya bisa Anda terapkan dan juga dapatkan didalamnya. Tentunya, semuanya dapat memberikan Anda keuntungan yang jauh lebih baik yang dapat Anda raih dengan mudah dan juga spesifik. Berikut ini merupakan kelebihan dari roundcube webmail yang bisa Anda jadikan pertimbangan, diantaranya:

  1. Adanya penggunaan teknologi Ajax sehingga aplikasinya terdapat teknologi yang dapat dibilang canggih, jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi sejenis yang lebih kuno atau lebih basic.
  2. Ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan, bahasa PHP. Sehingga Anda dapat melihat interface yang jauh lebih modern dan juga tergolong intuitif.
  3. Dengan adanya aplikasi webmail ini sudah dapat menjadi pelengkap apalagi dengan beragamnya fitur yang dibutuhkan pada email client yang dibutuhkan.
  4. Adanya richtext atau yang dikenal dengan komposisi email HTML, buku alamat atau kontak, sudah bisa mendukung MIME, dapat mengirim dari berbagai multiple sender identities, dapat mengoreksi pengejaan atau spelling checking, adanya 3 view column, terdapat fitur drag and drop yang digunakan untuk manajemennya dan beberapa fitur lain yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna webmail.

Cara Install Roundcube Webmail

roundcube webmail

Berikut ini merupakan langkah yang harus dikerjakan dalam menginstall roundcube webmail, berikut langkah-langkahnya:

  1. Install yang digunakan untuk PHP Dependencies

Yang harus Anda lakukan dalam melakukan instalasi yang dibutuhkan untuk PHP dependencies nya adalah:

 

sudo apt install php-auth php-intl php-mail-mime php-mail-mimedecode php-mcrypt php-net-smtp php-net-socket php-pear php-xml php7.0-intl php7.0-mcrypt php7.0-xml php7.0-gd php7.0-gd php-imagick

 

Selanjutnya, coba dengan menyetting date time value ke UTC:

sed -i “s/;date.timezone.*/date.timezone = UTC/” /etc/php/7.0/fpm/php.ini

 

Sedangkan untuk melihat hasilnya, Anda dapat menrestart PHP FPM dengan cara:

systemctl php7.0-fpm restart

  1. Membuat Database MySQL untuk Roundcube Webmail

Untuk membuat database ini, sebenarnya Roundcube sudah didukung oleh MySQL, PostgresSQL, dan SQLite database backends. Tetapi dalam tutorial berikut menggunakan MySQL yang digunakan sebagai database server yang digunakan. Untuk membuat database dapat memasukkan format berikut:

mysql -u root -p

CREATE DATABASE roundcubemail;

GRANT ALL ON roundcubemail.* TO ’roundcubemail’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘P4ssvv0rD’;

FLUSH PRIVILEGES;  

  1. Mulai Download Roundcube Webmail

Anda dapat mulai melakukan download dan extract archive Roundcube ke dalam direktori /var/www.

VERSION=1.3.6

wget -q https://github.com/roundcube/roundcubemail/releases/download/${VERSION}/roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz

tar xzf roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz

sudo mv roundcubemail-${VERSION}/ /var/www/roundcubemail

rm -f roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz

Selanjutnya, karena PHP FPM dan juga Nginx bisa berjalan dibawah user www-data, maka Anda diharuskan untuk mengganti kepemilikan atau usernya ke:

/var/www/postfixadmin

sudo chown -R www-data: /var/www/roundcubemail

  1. Mengkonfigurasi Nginx

Beberapa langkah diatas merupakan cara untuk membuat server blok Nginx yang digunakan oleh PostfixAdmin. Kemudian, bukalah file konfigurasi melalui /etc/nginx/sites-enabled/mail.linuxize.com.conf dan juga tambahkan atau sisipkan beberapa arahan lokasi berikut ini:

location /roundcubemail {

  index index.php;

  try_files $uri $uri/ /roundcubemail/index.php;

}

location ~ ^/roundcubemail/(README|INSTALL|LICENSE|CHANGELOG|UPGRADING)$ {

  deny all;

}

location ~ ^/roundcubemail/(bin|SQL|config|temp|logs)/ {

  deny all;

}

Jika sudah, cobalah reload Nginx dengan menggunakan: sudo systemctl reload nginx. Beberapa penerapan tentang cara menginstall dan konfigurasi roundcube webmail dapat Anda coba untuk memulainya. Sebenarnya, Anda akan dapat lebih banyak memperoleh manfaat yang signifikan jika mengetahui bagaimana cara untuk melakukan install dan juga konfigurasi roundcube webmail tersebut.

  1. Mengkonfigurasi Roundcube

Agar dapat melakukan konfigurasinya, Anda dapat membuka browser dan juga mengakses page dengan mengetikkan link berikut ini: https://mail.linuxize.com/roundcubemail/installer. Cek tampilannya jika beberapa konfigurasinya sudah menunjukan OK maka Anda dapat melanjutkan langkah konfigurasi Roundcubenya. Jika sudah selesai, klik pada Next Step dan langsung lakukan impor struktur pada database MySQL Roundcube. Caranya hanya dengan meng-klik Initialize database. Apabila beberapa struktur database sudah berhasil dibuat, maka Anda diharuskan untuk menghapus direktori yaitu installer. Hal tersebut dapat dilakukan untuk mencegah apalabila terjadi rekonfigurasi atau unauthorized access dengan cara:

sudo rm -rf /var/www/roundcubemail/installer

selanjutnya, lakukan pengaktifkan automatic cache-cleaning dengan cara:

sudo crontab -u www-data -l | { cat; echo “18 11 * * * /var/www/roundcubemail/bin/cleandb.sh”; } | sudo crontab -u www-data –

  1. Lakukan Verifikasi Instalasi

Agar dapat melakukan verifikasi pada hasil instalasi Anda, dapat mengunjungi halaman berikut ini https://mail.linuxize.com/roundcubemail. Anda juga dapat melakukan login Roundcube webmail dengan menggunakan nama dan juga password yang telah Anda daftarkan pada konfigurasi sebelumnya.

  1. Mulai melakukan aktifkan plugin

Untuk melengkapi instalasi roundcube webmail, aktifkan plugin yang disabled by default. Caranya dengan memberikan cara enable plugin pada password dan juga managesieve. Plugin ini juga akan memungkinkan pengguna agar dapat membuat sebuah “sieve filters” dan ubahlah passwordnya. Berikut konfigurasi yang dapat digunakan:

(/var/www/roundcubemail/config/config.inc.php):

// Enable plugins

$config[‘plugins’] = array(‘managesieve’,’password’);

// Configure managesieve plugin

$rcmail_config[‘managesieve_port’] = 4190;

// Configure password plugin

$config[‘password_driver’] = ‘sql’;

$config[‘password_db_dsn’] = ‘mysql://postfixadmin:P4ssvv0rD@localhost/postfixadmin’;

$config[‘password_query’] = ‘UPDATE mailbox SET password=%c WHERE username=%u’;    

Beberapa langkah diatas membahas tentang cara menginstall dan mengkonfigurasi roundcube webmail dan sekaligus dapat meninjau beberapa alternative lain yang berkaitan dengan webmail yang sedang Anda gunakan. Sisanya, tinggal diterapkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saat ini.

Kesimpulan Cara Install Roundcube Webmail

roundcube webmail

Beberapa cara diatas cukup mudah dan juga ringkas. Sehingga bisa Anda praktekkan sendiri. Jika Anda memang mau menerapkan kesemuanya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga signifikan, tentunya ada beberapa hal yang harus diketahui sebelumnya. Yang pasti ketika menginginkan semuanya berjalan dengan baik, memang harus paham terlebih dahulu bagaimana cara menginstall dan mengkonfigurasi roundcube webmail tersebut. Dan hal tersebut juga akan membutuhkan proses dan langkah yang harus dilakukan secara berurutan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.