Cara Membuat Website Desa Gratis IDwebhost 2022

17 Apr 2022
Cara Membuat Website Desa Gratis IDwebhost 2022

Masuknya era digital di Indonesia saat ini, membuat hampir seluruh lini pemerintahan menggunakan website sebagai sarana komunikasi. Bahkan, kini hampir semua desa di Indonesia telah memiliki website sebagai sarana informasi dan komunikasi. Nah, cara membuat website desa ini sedikit berbeda dengan pembuatan situs pada umumnya.

Bahkan, nama domain dari website desa juga sudah diatur oleh pemerintah, lho. Pemerintah sendiri sebetulnya sudah memberikan fasilitas bagi setiap desa untuk membuat website desa. Hal ini karena pembuatan website desa ini menjadi hal yang sangat penting. Apalagi di era digital saat ini, dimana semua orang mencari informasi melalui internet.

Apa Itu Website Desa

Mengapa Website Desa Penting?

Website desa merupakan sarana informasi dan komunikasi digital antara pemerintah desa dengan semua warga desa. Bukan hanya sarana informasi dan komunikasi dengan warga desa saja, tetapi juga kepada masyarakat luas. Mulai dari informasi mengenai berita terbaru hingga pada potensi dari desa tersebut.

Baca Juga: Promosikan Desamu Dengan Website Desa Gratis IDwebhost

Website desa hadir sebagai sarana pelayanan oleh pemerintah desa kepada warga setempat. Mulai dari pelayanan urusan administratif, pengaduan terpadu, hingga pada penyuluhan dapat dilakukan melalui situs resmi desa. Dengan adanya website desa, warga jadi dapat merasakan kehadiran pemerintah desa sebagai pelayan masyarakat.

Fungsi Web Desa

Dari penjelasan ini, Anda dapat melihat bahwa keberadaan website desa ini sangatlah penting. Peran penting website desa terhadap kemajuan dan perkembangan desa ini juga terlihat dari fungsi website desa itu sendiri. Nah, berikut ini empat fungsi umum dari website desa.

  • Sumber informasi yang kredibel, saat ingin mengetahui informasi seputar desa, maka tempat paling tepat untuk bertanya adalah pemerintah desa itu sendiri. Nah, website desa hadir sebagai sumber informasi desa yang kredibel karena berasal dari pemerintah langsung.
  • Sarana publikasi dan komunikasi, melalui website desa, pemerintah dapat mempublikasikan segala kegiatan desa seperti pembangunan infrastruktur. Melalui situs resmi, pemerintah dapat berkomunikasi dengan warga desa melalui berita terbaru yang disampaikan.
  • Sarana pelayanan masyarakat, website desa bukan hanya berfungsi sebagai sarana informasi dan komunikasi saja. Pemerintah dapat memanfaatkan website desa sebagai sarana pelayanan masyarakat terpadu seperti urusan administratif, pengaduan atau keluhan, dan juga penyuluhan.
  • Sarana promosi, setiap desa di Indonesia memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Pemerintah desa dapat menggunakan website sebagai sarana promosi dengan cara membuat berbagai konten mengenai potensi desa. Atau dengan cara membuat menu khusus wisata di website desa. Sehingga, pemerintah dapat meningkatkan perekonomian desa.

Memperkenalkan Potensi Desa

Syarat Pembuatan Website Desa dari Kominfo

Nah, dalam rangka mendukung masuknya era digital di Indonesia, pemerintah melalui Kominfo kemudian memfasilitasi pembuatan website desa dengan domain desa.id. Cara membuat website desa sebetulnya cukup mudah, hanya saja Anda harus mendaftarkan domain situs desa ke Kominfo lebih dulu. Nah, pendaftaran ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarang, lho.

Ada beberapa dokumen wajib yang dibutuhkan untuk mendaftarkan domain website desa Anda ke Kominfo. Nah, apa saja dokumen yang menjadi syarat pendaftaran domain website desa? Berikut ini empat dokumen persyaratan mendaftar domain website desa ke Kominfo.

  1. Surat permohonan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.
  2. Surat kuasa dari Kepala Desa atau Sekretaris Desa kepada perangkat desa sebagai pengelola domain website desa.
  3. SK Pengangkatan Perangkat Desa atau Kartu Pegawai (KARPEG) bagi PNS.
  4. SK Pengangkatan Kepala Desa.

Informasi Pembangunan Desa

Cara Pembuatan Website Desa Gratis

Sebetulnya, cara membuat website desa itu sama saja dengan pembuatan website pada umumnya. Mulai dari membeli domain dan layanan hosting hingga membuat situs melalui platform CMS seperti WordPress. Akan tetapi, sebelum membuat website, Anda harus mendaftarkan domain website lebih dulu dengan cara mendaftarkannya ke Kominfo.

Lalu, bagaimana cara membuat website gratis? Berikut ini adalah cara untuk membuat website gratis dengan domain desa.id di IDwebhost melalui layanan jasa pembuatan website desa gratis.

cara membuat Website Desa

  1. Pendaftaran Domain – Cara Membuat Website Desa

Cara pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat website desa adalah melakukan pendaftaran domain website desa Anda di Kominfo. Ada dua cara mendaftarkan domain untuk membuat website di Kominfo, yaitu melalui layanan Kominfo atau layanan domain.go.id. Cara pendaftarannya sendiri juga sudah dijelaskan lengkap di layanan domain Kominfo.

Untuk melakukan pendaftaran ini, Anda harus sudah menyiapkan persyaratan dokumen yang telah disampaikan di atas. Nah, untuk nama domain sendiri harus menggunakan nama desa. Jika nama desa tersebut telah digunakan, maka Anda dapat menambahkan kecamatan atau kabupaten. Sehingga, nama domain situs desa Anda menjadi desa-kecamatan/kabupaten.desa.id.

  1. Pilih Paket Hosting 

Setelah pendaftaran domain website desa berhasil, cara selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk membuat situs resmi desa adalah memilih paket hosting di IDwebhost. Nah, Anda dapat memilih berbagai paket hosting dengan harga yang tentunya terjangkau. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari situs desa itu sendiri.

Penting sekali untuk menggunakan layanan hosting yang terbaik agar website desa Anda dapat memiliki performa yang baik pula. Sehingga, segala informasi dan pelayanan masyarakat dapat diakses oleh warga desa dengan mudah dan cepat.

cara membuat Website Desa

  1. Membuat Website Desa di WordPress

Jika Anda telah membeli domain dan layanan hosting di IDwebhost, cara selanjutnya adalah membuat website desa di WordPress. Anda dapat membuat website desa dengan menginstal WordPress sebagai platform CMS. Cara untuk membuat website desa di WordPress juga sangat mudah. Cukup ikuti langkah-langkah yang ada dan WordPress selesai di-install.

Anda juga dapat memasang berbagai plugin untuk mendukung performa website desa Anda. Beberapa plugin penting yang harus Anda install adalah plugin keamanan, plugin kecepatan, plugin SEO untuk konten blog, plugin contact form, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengenal Dashboard WordPress Secara Detail [Terbaru]

  1. Menggunakan Template Website Desa dari IDwebhost

Nah, setelah semua cara di atas telah selesai Anda lakukan, selanjutnya Anda dapat menggunakan berbagai template dari IDwebhost untuk membuat website desa. Semua template ini dapat Anda peroleh secara gratis. Jadi, cukup beli domain dan layanan hosting di IDwebhost, Anda sudah mendapatkan gratis template website desa dengan berbagai fitur siap pakai.

Fitur-fitur ini sendiri sudah disesuaikan dengan kebutuhan website desa. Sehingga, Anda tidak perlu menambahkan fitur baru untuk kebutuhan utama website desa. IDwebhost sendiri sudah menyediakan fitur seperti profil, agenda kegiatan, berita desa, informasi terbaru, dan lain-lain.

cara membuat Website Desa

Kesimpulan

Keberadaan website desa memang cukup penting untuk kemajuan dan perkembangan desa. Dengan cara membuat website desa, pemerintah dapat hadir secara nyata bagi masyarakat dan juga membantu dalam meningkatkan perekonomian desa. Nah, cara untuk membuat website desa sendiri sedikit berbeda dengan cara untuk membuat website biasa.

Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh pemerintah desa untuk mendaftarkan nama domain website ke Kominfo. Nah, cara membuat website desa ini juga harus mengikut aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Akan tetapi, semuanya dapat dengan mudah dilakukan dengan cara menggunakan jasa pembuatan website desa dari IDwebhost.

Tidak perlu membayar jasa pembuatan, cukup beli domain dan layanan hosting murah dari IDwebhost Anda sudah dapat menggunakan template gratis untuk website desa Anda. Ada banyak layanan web hosting yang dapat Anda pesan di IDwebhost. Jangan ketinggalan juga promo menarik supaya Anda lebih hemat dengan klik disini!

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022