Apa Name Server Hosting Saya

23 Juni 2022
488

Apakah Name Server Itu?

Sederhananya name server adalah yang mengatur lalu lintas di internet. Ketika kamu memasukkan nama domain di browser dan tekan enter browsermu akan memulai pencarian di mana server website tersebut berada dan mengarahkan kamu ke server yang diinginkan. Name server berada di tengah proses tersebut, ia menyimpan record website apa lokasinya ada di mana.

Domain yang mana adalah nama website yang kamu masukkan di browser tadi tidak mudah dipahami oleh komputer. Sebuah rangkaian nomor khusus yang disebut IP address lebih mudah dicerna. Name server menerjemahkan nama domain menjadi IP address, menghubungkan informasi yang mudah dipahami oleh manusia dengan informasi yang dipahami oleh komputer. Kamu dapat membayangkan prosesnya seperti sebuah peta, nama kota atau nama jalan dipahami oleh orang-orang namun bagi kartografer akan lebih tertarik pada koordinat. Ketika browsing orang akan lebih mudah memasukkan “idwebhost.com” misalnya namun komputer lebih tertarik pada IP address tempat server website tersebut berada.

Ketika domain diterjemahkan menjadi sebuah IP address, name server kemudian dapat mengarahkan permintaanmu ke server website yang kamu cari. Prosesnya seketika meskipun aslinya memerlukan beberapa langkah. Browsermu melakukan ping ke name server, menerima respon dan mengarahkan kamu ke website yang kamu inginkan hanya dalam hitungan detik.

Cara Mengetahui Name Server Hosting di IDwebhost

Name Server hosting dapat dilihat dari halaman member di https://member.idwebhost.com/. Setelah login silahkan ke menu layanan atau services

Arahkan kursor ke nama hosting kemudian klik

Name server hosting akan tampil pada bagian Rincian Layanan

Selain di halaman member, name server juga diinformasikan di email aktivasi hosting

 

Demikianlah sekilas pengertian name server dan bagaimana cara menemukan name server hosting di IDwebhost. Bila menemui kesulitan atau ada pertanyaan terkait name server silahkan menghubungi kami.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *