Cara Block IP Address Menggunakan cPanel
Blog Hosting Guru Cara Block IP Address Menggunakan cPanel

Cara Block IP Address Menggunakan cPanel

Mengetahui cara block IP address sangat bermanfaat bagi Anda, para pemilik website. Mampu memblokir alamat IP tertentu dari mengakses situs website anda dapat bermanfaat karena banyak alasan. Misalnya seseorang mengirim spam di kolom komentar website Anda yang berisi tautan phishing. Anda dapat juga hanya ingin memblokir seseorang karena komentar yang tidak pantas.

Pada artikel ini, kami akan membagikan tips cara block IP address menggunakan IP Manager di cPanel untuk Sahabat IDwebhost semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Mengapa harus Block IP address?

Terdapat sejumlah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan fitur pemblokiran alamat IP, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan pemblokiran IP:

1. Bandwidth overload

Kehadiran spammer dan bot ,dapat menghabiskan bandwidth website Anda. Maka dari itu, untuk melindungi website dan pengunjung nyata Anda, memblokir alamat IP adalah keputusan terbaik. 

2. Konten berbahaya

Umumnya, para bot menyebarkan komentar yang berisi informasi yang tidak diinginkan atau tidak pantas. Anda tidak mendapatkan benefit apapun dari para spammer, kecuali tautan phising yang berisi virus dan malware. 

3. Bahaya peretasan. Jika Anda sering menemukan kegiatan yang mencurigakan di website Anda, ada peluang besar website Anda diserang peretas. Anda bisa menolak akses mereka dengan block IP address mereka, atau mencegah entri apapun ke website Anda untuk semua orang, kecuali Anda.

Cara Block IP adress menggunakan cPanel

Pengertian cPanel

Bagi Anda yang masih pemula dan belum mengetahui cPanel. Berikut penjelasannya!

cPanel adalah layanan antarmuka grafis berbasis Linux (GUI) online yang digunakan sebagai panel kontrol untuk menyederhanakan manajemen website dan server. cPanel memungkinkan penggunanya untuk mempublikasikan situs website, mengelola domain, mengatur file web, membuat akun email, dan banyak lagi.

cPanel adalah salah satu panel kontrol paling populer di dunia. Tak heran, banyak provider web hosting menyediakan cPanel kepada pelanggan sebagai bagian dari paket hosting mereka.

cPanel memiliki dua antarmuka, antarmuka pengguna yang disebut cPanel dan antarmuka manajemen server yang disebut Web Host Manager (WHM). Kombinasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola website dan memasok penyedia hosting dengan alat untuk mengelola server.

Layanan cPanel sendiri tidak gratis karena merupakan aplikasi pihak ketiga. Namun, sebagian besar penyedia hosting memasukkan cPanel dalam paket hosting mereka tanpa biaya tambahan. Ada beberapa penyedia yang akan memasok cPanel gratis untuk tahun pertama dan kemudian membebankan biaya pada tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga : Cara Install Free SSL di Plesk

Cara Block IP Address Menggunakan cPanel

Ada banyak alasan mengapa cPanel begitu populer. Salah satunya adalah kenyataan bahwa ada cukup banyak tugas yang dapat Anda lakukan melalui Graphical User Interface (GUI). Melalui layanan antarmuka ini, Anda benar-benar dapat melarang alamat IP berbahaya untuk dapat mengakses situs Anda. Anda dapat melakukan ini melalui IP Deny Manager. Salah satu sebuah tools yang telah digabungkan cPanel dengan GUI-nya.

Pada dasarnya, IP Deny Manager adalah sebuah tools yang memungkinkan pengguna untuk mencegah tidak hanya block IP adress tetapi juga domain dari memperoleh akses ke situs website tertentu. Alamat-alamat ini juga dapat diblokir melalui tools yang sama.

Memblokir Alamat IP di SiteGround Anda, Hosting cPanel

Jadi, berikut adalah bagaimana Anda dapat block IP adress tertentu yang dapat menangkal bahaya bagi website Anda, hal ini cukup sederhana. Berkat layanan antarmuka cPanel yang mudah digunakan.

  • Cari tahu ingin Block IP adress mana yang mungkin berbahaya

Jika Anda tidak yakin dengan IP adress yang ingin dan harus Anda blokir, Anda bisa memeriksanya melalui direktori ini:

“Visitors stats > Awstats”

Setelah masuk ke folder Awstats, Anda akan menemukan daftar IP, serta informasi tentang IP adress yang Anda cari. Cari alamat IP yang mengonsumsi sumber daya dalam jumlah besar dari situs website Anda, dan catatlah. Hal yang seperti ini adalah IP address yang harus Anda blokir.

  • Pergi ke IP Deny Manager

Anda dapat mengakses IP Deny Manager dengan membuka layanan antarmuka cPanel akun hosting Anda dan Anda akan menemukan opsi “Keamanan”. Setelah Anda klik dan masuk ke“IP Deny Manajer ”, Anda akan dialihkan ke halaman baru, tempat Anda dapat menginput IP adress yang ingin Anda block. Untuk block IP adsress dapat di dilakukan melalui penggunaan .htaccess. Namun, penggunaan adanya IP Deny Manajer cPanel membuat pekerjaan Anda terasa lebih mudah.

Cara Block IP adress menggunakan cPanel

Mengapa Block IP address adalah suatu keharusan?

Dari langkah-langkah yang disebutkan di atas. Anda sudah dapat melihat cara block IP address melalui alat cPanel dapat dilakukan dengan sangat mudah. Namun, Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa Anda harus memblokir sejumlah IP address dan apa keuntungannya?

Salah satu alasan umum untuk block IP address atau nama domain adalah karena adanya kemungkinan sebuah konten mengandung bahaya, yang dapat memengaruhi situs website Anda. Ada juga beberapa IP address dan website yang mungkin membonceng dan masuk pada jaringan Anda, yang mengakibatkan kinerja situs website Anda sendiri semakin lambat aksesnya karena bandwidth yang overload. Setiap IP address atau domain yang ingin Anda blokir dari dapat mengakses situs website Anda dapat dicantumkan di IP Deny Manager.

Mengizinkan akses ke IP adress yang sudah diblokir

Jika Anda ingin memberikan akses ke IP address dan nama domain yang sudah Anda blokir sebelumnya dan Anda ingin kembali mengizinkan mereka mengakses situs website Anda. Anda juga dapat memproses IP adress tersebut agar bisa mengakses website Anda kembali. Anda dapat menghapus block IP adress melalui tools yang sama yaitu IP Deny Manager. Berikut langkah-langkah untuk membuka blokir IP address:

  • Akses IP Deny Manager

Buka layanan antarmuka cPanel anda dan klik pada bagian keamanan atau security. Buka IP Deny Manager.

  • Hapus alamat atau domain dari daftar

Temukan IP address atau nama domain yang ingin Anda hapus dari daftar Blocklist Anda. Ada ikon “Hapus” di samping ikor tersebut. Cukup klik pada opsi ini untuk memungkinkan mereka dapat hilang dari blocklist Anda, Sehingga dapat mengakses situs website Anda kembali.

Cara Block IP adress menggunakan cPanel

Kesimpulan

Itulah tadi cara mudah dan sederhana tentang cara memblokir alamat IP menggunakan cPanel. Dengan block IP address, Anda dapat mengamankan situs web Anda dari pengunjung yang tidak Anda inginkan untuk mengakses website Anda. Semoga berhasil!

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website Anda!

Mau punya website untuk jualan? Atau website untuk membagikan karya-karya Anda ke dunia? Tunggu apalagi, ayo berlangganan domain dan hosting hanya di IDwebhost.