Kenali Penyebab Server Website Down

Kenali Penyebab Server Website Down campaign-unlimited

Pernahkah Anda merasakan kesal yang amat sangat karena mendapati website tak bisa diakses? Tentu saja, hampir semua pemilik website akan senewen ketika websitenya down. Siapa sih yang tidak panik ketika tiba-tiba mendapat komplain dari pelanggan karena website Anda tak bisa diakses. Sudah barang tentu, Anda, sebagai pemilik website akan menghubugi penyedia hosting untuk komplain. Namun, ketika komplain pastikan Anda harus dalam keadaan tenang, jangan malah marah-marah. Anda juga harus tahu penyebab server website down, agar tidak mudah panik saat keadaan buruk seperti ini terulang lagi. Lalu, apa sih penyebab server website down? Berikut ulasan kami, tim IDwebhost, spesial hanya untuk Anda.

Penyebab Server Down

Penyebab Server Website Down

Traffic Membeludak

Misalnya kamu memiliki konten di websitemu yang tiba-tiba viral. Dengan viralnya konten buatanmu, serta merta akan meningkatkan kunjungan secara mendadak ke websitemu. Kenaikan pengunjung secara medadak ini bisa membuat website down karena melebihi kapasitas space di websitemu.

Sebagai pemilik website, tentu kamu tak akan mau bukan berlama-lama mendapati situsmu tak bisa diakses? Untuk itu segeralah menghubungi penyedia hosting dimana kamu berlangganan. Diskusikan dengan mereka untuk mencari solusi terbaik dari masalahmu. Kini hampir semua penyedia hosting memiliki tim support yang bekerja 24 jam sehari dalam sepekan. Faktor support 24 jam ini juga harus kamu pertimbangkan saat akan memilih penyedia hosting.

DNS Bermasalah

DNS (Domain Name System) memiliki fungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui IP address suatu host terhadap host namenya. Peran DNS sendiri sangat penting bagi sebuah domain, karena apabila terjadi kesalahan pada pangaturan DNS, bukan hanya mengakibatkan domain tak bisa diakses. Juga akan membuat tak bisa mengirim dan menerima email.

DNS yang bermasalah bisa membuat servermu down. Karena itu, pastikan settingan DNS mu telah terkonfogurasi dengan baik. DNS yang bermasalah bisa mengakibatkan server tak bisa diemukan dan websitemu tidak bisa diakses sama sekali.

Penyebab Server Down

IP Akses Terblokir

Satu hal yang harus kamu jadikan perhatian. Terlalu banyak mengakses server akan membuatmu dicurigai melakukan serangan DDOS sehingga alamat IP mu akan diblokir oleh firewall yang sejatinya untuk melindungi server Anda. Sistem firewall ini pada umumnya bekerja secara otomatis. Dan ketika sistem server mendapati aktivitas yang mencurigakan, sistem ini akan secara otomatis akan melakukan pemblokkiran secara otomatis.

Ketika Anda mendapati hal ini, baiknya tanyakanlah kepada penyedia hosting Anda bagaimana cara mengatasi IP yang terblokkir. Penyedia hosting yang bagus akan memberikan ssolusi kepada pelanggannya seoptimal mungkin. Jadi disini Anda juga harus cermat dalam memililh penyedia hosting untuk website Anda.

Serangan Hacker

Di dunia maya, serangan hacker adalah sesuatu yang sangat mungkin dialami sebuah website. Serangan hacker ini sangat mungkin terjadi apabila website Anda memiliki celah keamanan yang tak Anda sadari. Celah keamanan ini sangat mungkin terjadi karena kelalaian pengguna sendiri.

Misalnya, Anda tidak melakukan log out dari website Anda.  Atau juga bisa disebabkan Anda mengakses data penting di tempat publik. Oleh karena itu, pastikan selalu menghapus history penelusuran dan cache browser Anda setiap usai mengaksesknya di tempat dengan koneksi publik. Situasi seperti inilah yang kadang dimanfaatkan oleh para peretas untuk mencari korban ulahnya.

Data Center yang Down

Data center bermasalah juga bisa menjadi penyebab server website down. Sebagai pengguna, kadang Anda tidak mengetahui apa yang terjadi di data center. Bagaimana backup data, sinkronisasi data, dan banyak aktivitas lainnya. IDwebhost akan selalu memastikan data center tetap berfungsi optimal, untuk meminimalkan kemungkinan down pada website anda.

Pemadaman Listrik Mendadak

Pemadaman listrik mendadak, atau biasa disebut power outage sangat berbahaya bagi instrumen IT. Power Outage bisa terjadi pada data center maupun lokasi pada jaringan internet. Untuk itu, IDwebhost berupaya melakukan langkah preventif untuk mencegah terjadinya power outage pada data center yang dimiliki. Tentu saja, semua demi kenyamanan pelanggan pengguna layanan IDwebhost.

Bencana Alam

Pernahkah Anda merasakan ketika bencana alam terjadi, Anda kesulitan untuk melakukan akses internet dari tempat kejadian? Atau website yang anda miliki tiba-tiba down karena lokasi server yag berada di Amerika Serikat terdampak badai tornado? Ya, bencana alam atau natural disaster adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi kepastian kejadiannya.

Gempa bumi, gunung meletus, hingga tsunami dan banjir bandang adalah bencanan alam yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Oleh karena itu penting bagi penyedia hosting untuk meyiapkan DRP atau Disaster Recovery Plan. Dengan memiliki Disaster Recovery Plan yang baik, penyedia hosting dapat meminimalkan kerugian atau bahkan mampu menghindari server down karena bencana alam.

Salah satu contoh dari penerapan Disaster Recovery Plan adalah penempatan server pada lokasi dengan potensi bencana alam yang kecil. Sebagai contoh, banyak penyedia hosting yang menempatkan servernya di Singapura, karena negara itu jauh dari gunung api, lempeng bumi, sehingga kecil kemungkinan terjadi bencana alam berskala besar disana.

Penyebab Server Down

Plugin dan Aplikasi Bajakan

Penggunaan aplikasi dan plugin bajakan juga memiliki kontribusi sebagai penyebab server down. Patut Anda ketahui bahwa penggunaan apllikasi bajakan ada website dapat mempengaruhi kestabilan pada website dan hosting Anda. Jangan sembarangan menginstal aplikasi ataupun plugin yang tidak jelas.

Sebaiknya Anda konsultasikan pada penyedia hosting terlebih dahulu jika ingin menginstal plugin, diluar plugin yang diberikan penyedia hosting anda. Ini penting dilakukan untuk mennghindari kesalahpahaman yang bisa berujung pemblokiran website Anda karen penggunaan plugin atau aplikasi bajakan.

Kelemahan Sistem/Single Point Failure

Single point of failure (SPOF) adalah salah satu kelemahan dari sebuah sistem. Jika terjadi error, atau system failed, akan mengakibatkan keseluruhan sistem berhenti berfungsi. SPOF ini dapat dihilangkan dengan cara merancang desin perencanaan yang baik. Juga perencanaan pemilihan software dan hardware, berikut monitoring dan pengawasan yang disiplin agar sitem dapat bejalan baik secara keseluruhan.

Kerusakan Hardware

Bagaimanapun, server adalah sebuah mesin yang memiliki tugas berat. Adakalanya perangkat keras di server mengalami masalah dan itu sangat merepotkan. Penanganan termudah dari kerusakan hardware pada server ialah melakukan penggantian perangkat secara berkala.

Itulah tadi berbagai penyebab server down yang harus Anda ketahui. Server down memang sangat menyebalkan bagi siapapun. Maka dari itu pilihlah penyedia hosting terbaik yang mampu menjamin Anda dengan server yang teruji dan tangguh. IDwebhost memiliki server yang terdedikasi sehingga menjamin kalancaran operasional website Anda.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019