Cara Menaikkan Domain Authority Terbaru 2022

14 Apr 2022
Cara Menaikkan Domain Authority Terbaru 2022 campaign-unlimited

Seperti yang Anda ketahui, untuk meraih peringkat pertama dalam SERP berbagai mesin pencari bukan hanya karena penerapan SEO website yang optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dari domain website itu sendiri atau dikenal dengan sebutan domain authority (DA). Nah, untuk itu Anda harus memahami bagaimana cara menaikkan domain authority (DA).

Semakin tinggi kualitas website dari segi alamat domain, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk menduduki peringkat pertama. Ada berbagai cara untuk menaikkan domain authority sebuah website. Hal ini tentunya tidak mudah dilakukan, apalagi bagi website yang masih baru. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk memahami lebih dalam mengenai domain authority.

Apa Itu Domain Authority?

Seperti yang kita ketahui, SEO yang optimal bukanlah satu-satunya penentu situs Anda dapat menempati peringkat pertama dalam SERP. Domain authority (DA) adalah metrik penentu sebuah website berkualitas atau tidak. Nah, kualitas ini dilihat dari segi domain website tersebut. Semakin berkualitas sebuah website, maka semakin besar kemungkinan untuk meraih peringkat pertama.

Nah, domain authority ditampilkan dalam bentuk skor dengan rentang 1 sampai 100. Skor yang semakin tinggi, artinya suatu website memiliki domain yang berkualitas. Intinya, keberadaan domain authority dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa peringkat website Anda di SERP.

Cara kerja domain authority hampir sama seperti PageRank milik Google yang sudah tidak aktif lagi sejak 2014. Hanya saja, metrik tidak ditentukan oleh Google, melainkan hasil pengukuran dari Moz. Nah, dalam menentukan nilai, Moz menggunakan data dari indeks web dan algoritma mereka sendiri.

Akan tetapi, ada tiga faktor yang mempengaruhi nilai skor domain authority sebuah website. Ketiga faktor tersebut adalah umur domain, popularitas domain, dan juga ukuran domain. Supaya Anda lebih paham, berikut ini penjelasan mengenai tiga faktor yang mempengaruhi nilai skor domain authority (DA) sebuah website.

Menciptakan banyak konten berkualitas “linkable”

1. Umur Domain

Faktor pertama yang mempengaruhi skor domain authority adalah umur domain situs tersebut. Ketika Anda baru membuka sebuah website, tentu saja nilai DA situs Anda sangat rendah. Mengapa demikian? Hal ini karena jumlah konten yang Anda upload baru sedikit. Semakin lama website Anda beroperasi, maka skor DA tersebut akan bertambah.

Memaksimalkan seluruh aspek SEO

2. Popularitas Website

Yang kedua adalah faktor popularitas website atau domain. Tentunya semakin populer website Anda, maka semakin tinggi pula skor domain authority-nya. Hal ini karena banyak website yang menjadikan situs Anda sebagai referensi dengan mencantumkan backlink situs Anda di konten mereka. Semakin banyak backlink yang berkualitas, maka semakin tinggi pula skor domain authority website Anda. Ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk menaikkan domain authority situs Anda.

Membangun internal linking yang kuat

3. Ukuran Domain Website

Faktor terakhir yang mempengaruhi nilai skor domain authority adalah ukuran dari domain website tersebut. Nah, ukuran website sendiri akan semakin besar apabila jumlah konten berkualitas yang terdapat dalam website Anda juga semakin banyak. Jika ukuran domain situs Anda besar, maka nilai skor domain authority juga akan semakin meningkat.

Cara Menaikkan Domain Authority

baca juga: Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website.

Cara Menaikkan Domain Authority Website

Supaya website Anda memiliki peluang yang besar untuk menempati peringkat pertama dalam SERP, maka Anda harus memahami cara untuk menaikkan skor domain authority. Nah, dalam penjelasan di atas, dikatakan terdapat tiga faktor yang mempengaruhi skor domain authority suatu website.

Ketiga faktor domain authority tersebut adalah umur, popularitas, dan ukuran dari domain website Anda. Jika melihat ketiga faktor tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak mudah dan butuh waktu lama untuk meningkatkan skor domain authority website. Akan tetapi, hal tersebut akan lebih mudah jika Anda menerapkan cara menaikkan domain authority berikut ini.

Pastikan website Anda sudah mobile-friendly

1. Membuat Konten Berkualitas Secara Rutin

Salah satu faktor penentu atau yang mempengaruhi skor domain authority sebuah website adalah popularitas situs. Oleh karena itu, cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan domain authority website adalah dengan membuat konten berkualitas secara berkala. Semakin banyak konten berkualitas yang Anda buat, maka semakin populer pula situs Anda di mesin pencari.

Baca Juga: Cara Setting All in One SEO Pack WordPress Terbaru

Untuk membuat konten berkualitas ini, Anda harus memperhatikan isi konten tersebut. Usahakan untuk membuat konten yang lengkap akan informasi. Sehingga, mesin pencari akan menilai konten Anda sebagai konten berkualitas bagi para pengguna. Nah, optimalkan juga strategi SEO dalam setiap konten Anda untuk mendukung konten agar semakin berkualitas.

Cara Menaikkan Domain Authority

2. Cara Menaikkan Domain Authority dengan Optimalisasi Internal Link

Nah, untuk mendukung pembuatan konten yang berkualitas, Anda juga harus memaksimalkan atau mengoptimalkan internal link yang ada dalam website Anda. Link ini akan menghubungkan konten tersebut dengan konten lainnya dalam website Anda. Sehingga, pengunjung tidak akan bosan saat menikmati konten Anda.

Selain itu, cara untuk menaikkan domain authority yang satu ini juga membuat mesin pencari melihat situs Anda sebagai website yang berkualitas dan terpercaya. Mesin pencari seperti Google juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengindeks halaman situs Anda.

3. Cara Menaikkan Domain Authority dengan Membangun Backlink Berkualitas

Salah satu tanda yang membuktikan bahwa situs Anda memiliki popularitas yang tinggi adalah banyaknya backlink berkualitas yang masuk ke website Anda. Cara yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan domain authority adalah dengan membangun backlink berkualitas itu. Semakin banyak jumlah backlink berkualitas, maka semakin tinggi pula skor domain authority.

Bagaimana caranya? Anda dapat rutin membuat konten berkualitas di situs Anda. Nah, untuk mendukung konten di situs Anda (on-page), Anda dapat membuat konten di platform lain yang tentunya memiliki DA PA yang tinggi (off-page) untuk membangun backlink berkualitas.

4. Melakukan Audit Backlink

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan skor domain authority adalah dengan melakukan audit atau pemeriksaan terhadap backlink yang masuk ke situs Anda. Tidak semua backlink yang masuk ke situs Anda adalah backlink yang berkualitas. Bisa saja link tersebut ternyata broken link ataupun spam.

Nah, ketika backlink yang masuk ke website Anda memiliki kualitas yang rendah atau mungkin rusak, maka sudah pasti akan berdampak buruk pada kualitas situs Anda. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan secara berkala dan menghapus backlink yang bermasalah.

Cara Menaikkan Domain Authority

Domain Authority Checker

Agar dapat menaikkan domain authority dengan maksimal, Anda harus mengecek secara berkala skor domain authority websitea. Nah, untuk melakukan pengecekan tersebut, Anda dapat menggunakan domain authority checker. Alat cek domain authority ini dapat Anda akses secara online dan juga gratis.

Anda bisa menemukan banyak sekali domain authority checker di internet. Nah, salah satunya adalah menggunakan domain authority checker dari Moz. Alat cek skor DA milik Moz ini dapat Anda peroleh dari fitur link explorer di situs resmi milik Moz. Selain itu, ada juga alat cek skor DA lainnya seperti CheckMoz, Small SEO Tools, dan lain-lain.

Kesimpulan

Sebagai pengganti PageRank dari Google, Moz mengeluarkan domain authority sebagai penentu kualitas suatu website. Semakin tinggi nilai DA, maka semakin berkualitas pula website tersebut. Supaya domain authority Anda meningkat, Anda dapat melakukan empat cara untuk menaikkan nilai DA. Dengan menerapkan cara menaikkan nilai domain authority di atas, besar kemungkinan situs Anda menempati peringkat pertama SERP.

Nah, selain menaikkan skor domain authority, Anda juga dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan layanan web hosting terbaik dari IDwebhost. Optimalkan performa website Anda dengan menggunakan hosting murah dari IDwebhost. Biar makin murah, jangan lewatkan berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini! 

Promo IDwebhost

Penulis
Member since 2 Jul 2013