Cara Reset DNS di cPanel Hosting

3 September 2022
914

Reset DNS adalah proses mengembalikan DNS record yang ada ke cPanel, kembali ke versi default. Reset DNS sering dilakukan ketika record DNS di cPanel tidak dapat dibaca. Ada juga juga kondisi ketika kamu ingin update server. Bagaimana cara reset DNS di cPanel?

Pada panduan ini, kami akan memberikan contoh cara melakukan reset dns di cPanel hosting.  Panduan ini bisa kalian ikuti apabila ingin melakukan reset record dns ke setelan default. Kita akan menggunakan tools bernama Zone Editor di cPanel. 

Fitur Zone Editor pada cPanel ini berfungsi untuk menambahkan, mengedit, menghapus, dan mengelola DNS records A, AAAA, CNAME, SRV, MX, TXT. Bahkan juga bisa melakukan setting ulang semua record dns cPanel agar kembali ke default apabila melakukan kesalahan setting seperti menghapus dns dan lainnya. 

Cara Reset DNS di cPanel Hosting


Reset DNS ini akan mengembalikan seluruh record ke setingan default, yaitu setingan baru ketika kamu membeli atau baru saja aktivasi layanan hosting, sehingga seluruh record akan mengarah ke server DNS hosting milikmu saat ini.

Berikut panduan melakukan reset DNS di cPanel hosting: 

1. Login ke cPanel

Pertama, silahkan login ke cPanel hosting dahulu. Kamu bisa membaca panduan tentang Login ke cPanel dapat dilihat disini. 

2. Masuk ke Zone Editor

Jika sudah masuk ke halaman cPanel, silakan cari menu bernama Zone Editor untuk melakukan setting dns.

cara reset dns di cpanel

3. Manage DNS

Setelah masuk di Zone Editor selanjutnya lanjut klik Manage untuk masuk ke pengaturan detail DNS pada domain yang akan di reset DNS-nya.

cara reset dns di cpanel

4. Reset DNS Zone

Jika sudah klik tombol Actions, kemudian pilih opsi Reset DNS Zone.

cara reset dns di cpanel

5. Konfirmasi

Selanjutnya akan muncul pesan konfirmasi. Silakan klik tombol Continue untuk melanjutkan prosesnya.

cara reset dns di cpanel

Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah, DNS akan kembali ke setelan awal cPanel.

Reset DNS ini akan mengembalikan seluruh record dns kembali ke setelan semula. Artinya semua setting record yang sudah pernah kamu lakukan sebelumnya akan terhapus dan kembali ke konfigurasi awal.

Demikian panduan cara melakukan reset Domain Name Server pada cPanel. Semoga panduan ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat

Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )

Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *