idwebhost Bikin Website Sekarang

Cek Paket dan Harga Internet Starlink, Mana Nih Incaranmu?

23 Jun 2024
Cek Paket dan Harga Internet Starlink, Mana Nih Incaranmu? campaign-unlimited

Warganet belakangan ini baru dikejutkan dengan kabar internet Starlink resmi masuk di Indonesia. Apakah kamu salah satunya? Pasalnya, layanan internet ini disebut mampu memberikan kecepatan internet yang super cepat lho.

Dengan layanan ini, kamu yang mungkin tinggal di daerah yang sulit dijangkau oleh layanan Fiber Optic kini bisa menikmati koneksi yang stabil dan cepat. Melihat kehebatannya ini tidak sedikit masyarakat yang penasaran berapa harga internet Starlink. Nah, sebelumnya mari kita bahas lebih lengkap tentang Starlink, yuk!

harga internet starlink

Starlink punya siapa sih? Starlink adalah layanan internet milik Elon Musk, yang juga dikenal sebagai pendiri SpaceX dan Tesla. Ini adalah layanan internet yang menggunakan jaringan satelit untuk menyediakan koneksi global.

Jaringan internet Starlink beroperasi di orbit rendah Bumi, atau yang dikenal sebagai Low Earth Orbit (LEO). Melalui jaringan berbasis satelit ini, Starlink dirancang untuk menyediakan akses internet di daerah terpencil dan pedesaan yang tidak memiliki infrastruktur kabel, seperti hutan atau gurun.

Pengembangan jaringan Starlink telah dimulai pada tahun 2015, dengan peluncuran satelit prototipe pertamanya di tahun 2018. Kini, dengan ribuan satelit yang telah diluncurkan oleh SpaceX, Starlink menjadi salah satu penyedia layanan internet berbasis satelit yang mampu menjangkau berbagai lokasi di seluruh dunia.

Kehadiran Starlink menandai dimulainya era konektivitas global, dimana pengguna internet dapat terhubung dengan jaringan yang membentang di seluruh dunia. Melalui Starlink, Elon Musk kembali menorehkan inovasi yang revolusioner, yang dapat merombak paradigma infrastruktur internet selama ini.

Infrastrukturnya yang jelas berbeda dibandingkan infrastruktur internet tradisional, menghadirkan banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Adapun beberapa keunggulan Starlink yang patut kamu ketahui antara lain sebagai berikut:

  • Akses internet cepat di daerah terpencil. Menyediakan koneksi internet cepat dan andal di wilayah terpencil seperti desa-desa, pegunungan, dan pulau-pulau terisolasi yang sulit dijangkau oleh infrastruktur internet konvensional.
  • Koneksi darurat. Memberikan koneksi darurat yang penting dalam situasi bencana alam atau keadaan darurat lainnya, sehingga memfasilitasi koordinasi dan pertolongan yang lebih efektif.
  • Peluang pendidikan. Membuka akses bagi siswa di daerah terpencil untuk mengakses sumber daya pendidikan online dan kursus daring, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Pengembangan ekonomi lokal. Memungkinkan masyarakat untuk menjalankan bisnis online dan mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan dalam ekonomi modern.
  • Inovasi teknologi. Memicu inovasi dalam teknologi internet satelit, meningkatkan kecepatan, keandalan, dan efisiensi koneksi satelit secara keseluruhan.
  • Mengurangi kesenjangan digital. Mengurangi kesenjangan digital dengan meningkatkan aksesibilitas internet bagi masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan internet konvensional.
  • Peningkatan aksesibilitas. Meningkatkan aksesibilitas internet, memberikan peluang baru dalam berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, dan inovasi teknologi.
harga internet starlink

Usai mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Starlink mulai dapat digunakan di Indonesia. Layanan internet ini menyediakan beberapa pilihan paket dan harga, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut detail paket dan harganya:

Paket Residensial menawarkan internet berkecepatan tinggi dengan latensi rendah tanpa batas. Paket ini cocok untuk penggunaan keluarga, dengan harga:

  • Standar: Rp 750.000/bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000

Paket Jelajah menawarkan fitur utama berupa kuota mobile tanpa batas di pedalaman, portabilitas, serta jeda layanan kurang dari 10 mph dalam kondisi bergerak. Paket ini cocok untuk pengguna yang suka berpergian atau hidup berpindah-pindah. Harga paket ini dipatok mulai dari:

  • Mobile regional: Rp 990.000/bulan
  • Mobile global: Rp 6.995.480/bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000

Paket Kapal dapat digunakan untuk keperluan maritim, tanggap darurat, maupun bisnis mobile.Kamu dapat menemukan semua fitur mobile layanan global untuk penggunaan bepergian dan berlayar. Dengan dukungan prioritasnya, paket ini bisa didapatkan mulai dari:

  • Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000/bulan
  • Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000/bulan
  • Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000/bulan
  • Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590

Ini merupakan layanan internet yang secara khusus didesain untuk bisnis dan penggunaan yang memiliki banyak kebutuhan. Layanan ini menawarkan fitur utama berupa kuota standar unlimited, IP publik, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas. Adapun harganya mulai dari:

  • Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000/bulan
  • Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000/bulan
  • Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000/bulan
  • Prioritas-6 TB: Rp 12.320.000/bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000

Paket Mobilitas Darat dapat digunakan untuk kebutuhan maritim, tanggap darurat, serta bisnis mobile. Adapun fitur yang ditawarkan layanan ini mencakup semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas. Untuk berlangganan paket ini kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar:

  • Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000/bulan
  • Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000/bulan
  • Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000/bulan
  • Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590

Paket Maritim menawarkan seluruh fitur mobile layanan global, dukungan penggunaan saat bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas lainnya. Paket ini dihargai mulai dari:

  • Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000/bulan
  • Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000/bulan
  • Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000/bulan
  • Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590
Cara daftar starlink

Kecepatan internet Starlink di Indonesia disebut Internet dapat mencapai 360 Mbps untuk download, sedangkan untuk kecepatan rata-ratanya mencapai 250 Mbps. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan koneksi Starlink, mari ikuti cara berlangganannya berikut:

1. Kunjungi situs Starlink.

2. Gulir ke bawah hingga menemukan kolom “Alamat Layanan” dan masukkan “Indonesia”.

3. Berikutnya, klik “Pesan Sekarang” untuk melihat ketersediaan layanan Starlink di wilayahmu.

4. Masukkan informasi kontak dan alamat pengiriman, lalu klik “Perbarui Alamat Pengiriman”.

5. Halaman akan menampilkan biaya layanan bulanan dan harga perangkat keras yang dipilih.

6. Biaya pengiriman dan penanganan sebesar Rp 345.000 juga akan ditampilkan.

7. Lalu, klik “Melakukan Pesanan” untuk melanjutkan.

8. Lakukan pembayaran. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui kartu kredit atau debit Mastercard dan Visa.

9. Estimasi waktu pengiriman adalah 1-2 minggu. Untuk paket Starlink Residensial, kamu akan menerima router Wi-Fi, kabel Starlink sepanjang 15 meter, kabel daya, dan base station. Kamu dapat memasang perangkat yang selanjutnya akan dikirimkan secara mandiri tanpa memerlukan teknisi, dengan mengikuti panduan di aplikasi Starlink.

10. Tagihan bulan pertama akan diterima setelah Starlink diaktifkan atau 30 hari setelah pengiriman.

Nah, itulah informasi tentang Starlink yang kini sudah bisa digunakan di Indonesia. Kira-kira kamu minat atau enggak nih? Melihat dari jangkauan lokasi dan kecepatan yang ditawarkannya, Starlink bisa banget nih buat kamu coba. Semoga informasi dari kami ini bermanfaat ya, salam!

Internet kencang tapi website lambat? Ampun! Yuk beralih ke hosting cepat super hemat!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022