Apa itu ISP atau Internet Service Provider? Ini Dia Penjelasannya

Apa itu ISP atau Internet Service Provider? Ini Dia Penjelasannya campaign-unlimited

Kehadiran Internet dalam kehidupan sehari-hari sangat menguntungkan Kehadiran nya berhasil membuat hidup kita menjadi lebih mudah dan simple. Berbagai kegiatan mulai dari browsing, komunikasi, belanja hingga mencari uang semuanya bisa didapatkan lewat internet. Ya, kamu bisa mendapatkan uang dari internet.

Berbagai kebutuhan hidup mulai dari kebutuhan personal hingga kebutuhan bisnis semuanya di zaman kini sangat bergantung dengan yang namanya internet. Siapa sih yang tidak menggunakan wifi ataupun mobile data saat ini? Oleh karena itu penting bagi anda yang menggunakan jasa internet untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu ISP yang merupakan singkatan dari Internet Service Provider.

Dan di artikel ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda secara lebih dalam tentang apa itu ISP yang sangat penting. Namun agar lebih paham, akan lebih baik jika anda memiliki pemahaman dan mengerti terlebih dahulu tentang apa itu Internet.

Apa itu Internet dan bagaimana perkembangannya?

Dilansir dari wikipedia, Internet merupakan singkatan dari interconnection networking. Internet memiliki pengertian sebagai seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking yang artinya adalah “antarjaringan”.

Apa itu ISP
idwebhost.com

Sejarah Internet

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Awalnya hal ini terbentuk lewat proyek ARPA atau yang sering disebut ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network, di sini mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak jauh yang tidak terhingga hanya dengan melalui saluran telepon.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di berbagai daerah yang vital untuk mengatasi berbagai masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat, yang apabila terjadi perang bisa dengan mudah dihancurkan.

Kini, Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal. Perjanjian ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force(IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC ini dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti IP, TCP, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS,SSH,Telnet, FTP, SSL dan lain – lain.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

Di antara semua ini, email atau surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis atau Mailing List dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, ataupun webcast, yang bisa diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Nah itu dia diatas merupakan pengertian sekilas tentang apa itu internet dan bagaimana perkembangannya. Setelah memahami tentang internet ini, saatnya kami akan membahas tentang apa itu ISP yang pasti bermanfaat bagi anda!

Koneksi internet
idwebhost

Apa itu ISP? Yuk pahami!

ISP atau yang merupakan kepanjangan dari Internet Service Provider atau lebih dikenal dengan penyelenggara jasa internet adalah perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP ini memiliki jaringan baik secara domestik ataupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP bisa terhubung ke jaringan internet secara global.

Jaringan di sini berupa media transmisi yang bisa mengalirkan data yang bisa berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet (ISP).

Melalui jasa ini kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan computer kita dengan komputer servernya. Adapun isi dari ISP ini adalah orang dan peralatan – peralatan yang diperlukan untuk memberikan service koneksi internet ke seluruh pelanggan. Peralatan – peralatan tersebut biasanya berupa server, router, dan lain sebagainya. ISP ini biasanya menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan – pelanggannya. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Dial – up (“kabel”) : Hubungan dial – up sekarang banyak ditawarkan secara gratis atau juga dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa.
  • Jalur lebar (“Broadband”) : Hubungan ini bisa berupa non-kabel, internet satelit. Broadband dibandingkan dengan modem mempunyai kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu “on”, namun lebih mahal.

Adapun layanan dari ISP ini biasanya dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu:

  • Dial on demand internet : Contoh layanannya adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial –  up dan ISP yang lain, juga beberapa layanan di ISP wireless local.
  • Dedicated internet : Contoh layanannya adalah : layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan berbagai layanan dari ISP wireless local.

Kelebihan dan kekurangan ISP Wire kabel dan ISP Wireless. Sebagai contoh, kita ambil salah satu ISP Telkom yang sudah sering kita dengar dengan nama speedy. Berikut ulasannya

1. Speedy

Kelebihannya :

  • Murah meriah dan hemat
  • 90% daerah di Indonesia sudah tercover
  • Tidak perlu investasi apa-apa (karena semua peralatan dipinjamkan dari Telkom)
  • Dll.

Kekurangannya:

  • Kecepatan Internet yang cukup Lambat
  • Memiliki cukup banyak masalah atau trouble
  • Kualitas sinyal tergantung dari bagus atau jeleknya jaringan saluran telepon di daerah Anda
  • Memiliki pelayanan yang kurang memuaskan dan kurang professional
  • Dll.

2. Wireless

Apa itu ISP

idwebhost.com

Kelebihannya:

  • Kalau lagi bermasalah biasanya akan diberi tahu kemana anda harus melaporkan atau sharing
  • Cukup cepat jika cuaca sedang tidak hujan
  • Harga relatif murah (untuk penggunaan computer diatas 5 unit)
  • Pelayanan yang memuaskan dan professional
  • Dll

Kekurangan nya:

  • Cukup mudah dibajak
  • Kecepatannya sangat bergantung dengan cuaca, jika sedang hujan kecepatannya akan berkurang
  • Investasi awal yang mahal (karena ISP tidak meminjamkan tower)
  • Harus pilih – pilih ISP yang bagus
  • Tergantung jarak lokasi anda ke gelombang terdekat (semakin jauh jaraknya, semakin tinggi tower yang dibangun)
  • Tergantung halangan yang ada disekitar anda
  • Dll.

Berikut tadi pengertian tentang apa itu ISP. Jangan lupa anda bisa mendapatkan domain dan hosting murah hanya di IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019