Jaringan Komputer Adalah: Pengertian, Jenis-jenis, Topologi, dan Cara Kerjanya

28 Jul 2023
Jaringan Komputer Adalah: Pengertian, Jenis-jenis, Topologi, dan Cara Kerjanya campaign-unlimited

Apakah kamu tahu bahwa jaringan komputer berperan penting dalam pertukaran data? Jaringan komputer adalah jaringan yang bertugas untuk menghubungkan satu perangkat komputer dengan lainnya. Tanpa adanya jaringan komputer maka kamu tidak bisa mengakses berbagai data dari luar, termasuk dengan internet.

Mungkin beberapa dari kamu cukup familiar dengan istilah seperti LAN, MAN, atau WAN. Itu adalah beberapa jenis jaringan komputer. Namun, bukan hanya itu saja. Masih ada jenis lainnya dari jaringan komputer. Selengkapnya mari kita pelajari dari ulasan di bawah ini!

Apa Itu Jaringan Komputer?

Merujuk pada definisi yang dijelaskan oleh Geeksforgeeks, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan sejumlah komputer independen untuk membagikan data, informasi, atau sumber daya. Sistem ini dibuat dengan perpaduan konfigurasi antara hardware dan software.

Dalam sebuah jaringan, kamu bisa menemukan switch dan router. Kedua perangkat ini menggunakan protokol dan algoritma guna membawa data dari satu titik ke titik lainnya. Titik akhir di mana data dibawa disebut dengan host.

Kamu bisa mengenali host dari pengenal unik yang disebut dengan alamat IP. Pengenal ini digunakan untuk menunjukkan sumber maupun tujuan transmisi. Host atau endpoint ini dapat berupa komputer pribadi, server, telepon, hingga hardware lainnya.

Jaringan komputer dapat menggunakan teknologi kabel maupun nirkabel. Untuk jaringan dengan kabel diperlukan perangkat pendukung seperti kabel tembaga, optical fiber, atau coaxial cable. Sementara jaringan wireless menggunakan koneksi data nirkabel guna menghubungkan endpoint seperti satelit, radio seluler, radio siaran, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem sekaligus saluran yang digunakan untuk melakukan transmisi data. Menurut cakupan areanya, jaringan komputer dibedakan atas beberapa jenis. Berikut beberapa di antaranya:

1. LAN

jaringan komputer

Jenis yang pertama adalah LAN atau Local Area Network. Ini merupakan jaringan komputer dengan cakupan jarak yang pendek. Biasanya jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam gedung kantor, sekolah, atau rumah. Jaringan LAN umumnya digunakan untuk memudahkan pekerjaan yang memerlukan proses transmisi data.

Oleh sebab itu, jaringan ini lebih banyak dikelola dan dimiliki oleh satu individu atau satu kelompok organisasi. LAN menggunakan teknologi konektivitas Ethernet dan Token Ring. Untuk jaringan nirkabelnya, LAN juga sering disebut dengan WLAN atau Wireless Local Area Network.

2. MAN

Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih perangkat dalam cakupan area kota yang sama. Jaringan MAN biasanya digunakan sebagai alternatif apabila jaringan LAN tidak mampu menjangkau area yang dibutuhkan.

MAN banyak digunakan oleh instansi pemerintahan dan berbagai industri. Jaringan MAN mampu menghubungkan LAN dengan LAN lainnya melalui saluran telepon.

3. WAN

Melampaui jangkauan MAN, WAN memiliki cakupan area yang bisa menjangkau negara bagian hingga benua. Pada dasarnya, WAN atau Wide Area Network merupakan kumpulan jaringan LAN yang tersebar di berbagai wilayah geografis.

WAN dapat terhubung melalui kabel, saluran telepon, tautan satelit, frame relay, hingga X.25 yang dapat menjangkau jarak jauh. Kebanyakan WAN tidak dimiliki oleh satu pihak, namun dikelola oleh pengelolaan kolektif. Salah satu contohnya seperti sambungan internet yang kita gunakan saat ini.

4. PAN

PAN adalah Personal Area Network. Cakupannya hampir sama seperti LAN, namun dalam skala yang lebih kecil. Misalnya seperti pada jaringan rumah atau kantor. Jaringan komputer ini digunakan untuk berbagi sumber daya, contohnya seperti internet atau printer.

5. CAN

Campus Area Network merupakan jaringan komputer yang terbatas pada cakupan institusi universitas saja. Jaringan komputer ini biasanya digunakan untuk mendukung kegiatan administratif maupun pembelajaran di perguruan tinggi. Contohnya untuk menyediakan sistem pemberitahuan, jadwal, ujian, dan sebagainya.

Topologi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas perangkat-perangkat yang dihubungkan dalam struktur virtual jaringan. Struktur ini disebut juga sebagai topologi jaringan. Adapun beberapa tipe dasarnya adalah sebagai berikut ini:

1. Bus

pengertian jaringan komputer

Ini merupakan topologi jaringan komputer yang paling umum. Topologi bus menggunakan rangkaian kabel untuk menghubungkan perangkat komputer. Kabel Ethernet adalah salah satu alat pendukung yang digunakan untuk membangun jaringan komputer topologi ini.

2. Cincin

Seperti namanya, topologi jaringan komputer ini memliki bentuk cincin yang dibentuk berdasarkan perangkat loop dengan switch sebagai perantara satu komputer dan lainnya. Topologi ini mendistribusikan data satu arah: searah jarum jam atau berlawanan arah.

Biasanya topologi ini banyak digunakan untuk jaringan komputer sekolah atau perkantoran. Akan tetapi, topologi ini mempunyai kelemahan yang sama dengan topologi bus. Kelemahan tersebut antara lain adalah kerusakan pada kabel dapat memutuskan loop.

3. Bintang

Topologi bintang berpusat pada satu router yang bertugas untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus. Dalam praktik penggunaannya, jaringan ini memerlukan banyak kabel data untuk menyalurkan data dari pusat atau hub. Meskipun memiliki struktur yang lebih terpusat, kerusakan pada router dapat berdampak pada pemutusan jaringan.

4. Pohon

Ini merupakan topologi hybrid atau kombinasi dari topologi bintang dan bus. Jaringan ini dibangun dengan dua buah hub atau router sebagai pusatnya. Hub ini kemudian disebut sebagai akar pohon. Transmisi data dilakukan dari kedua hub menuju pohon atau perangkat komputer, layaknya transmisi pada topologi bintang.

5. Mesh

Terakhir, ini merupakan topologi dengan konsep routing. Jika kamu menggunakan topologi mesh, kamu dapat mengirimkan data ke perangkat lain dengan mengaturnya secara khusus. Kamu dapat mengirimkan data ke tujuan tertentu saja.

Artinya, proses transmisi yang dilakukan dalam satu arah, seperti pada topologi cincin. Bedanya, di topologi ini kamu memerlukan peran dari server untuk menentukan ketersediaan dan keberhasilan pengiriman data.

Cara Kerja Jaringan Komputer

Nah, kamu pasti bertanya-tanya kan bagaimana cara jaringan komputer bekerja? Jaringan komputer adalah sistem yang merangkai beberapa komputer pada sebuah penghubung yang disebut node. Peran dari node ialah untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus.

Node dapat berupa modem, switch, hub, atau peralatan komunikasi data. Dari rangkaian tersebut lalu data ditransmisikan melalui penggabungan dua buah node. Penggabungan ini bisa secara nirkabel maupun dengan tautan fisik seperti menggunakan kabel dan serat optik.

Di dalam node terdapat seperangkat protokol yang bertugas untuk menentukan metode pengiriman dan penerimaan data melalui tautan. Dengan begitu, perangkat komputer bisa saling terhubung dan bertukar data.

Itu dia pembahasan tentang jaringan komputer. Sudah paham kan sekarang? Jadi, jaringan komputer adalah seperangkat komponen hardware dan software yang terangkai secara teknis untuk menghubungkan komputer satu dan lainnya dengan guna mengirimkan data.

Dilihat dari cakupannya, jenis-jenis jaringan komputer dibedakan atas LAN, MAN, WAN, PAN, dan CAN. Untuk membentuk sebuah jaringan yang sistematis, diperlukan empat komponen utama dalam jaringan komputer, yakni komponen fisik, organisasi fungsional, protokol, dan prosedur.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya. Kamu bisa baca artikel lain seputar teknologi di blog IDwebhost, gratis! Cek juga pilihan layanan kita untuk jika kamu menginginkan layanan hosting website yang super cepat.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022