5+ Cara Cek Kecepatan Internet dan Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelumnya

9 Feb 2024
5+ Cara Cek Kecepatan Internet dan Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelumnya campaign-unlimited

Saat koneksi internet terasa lambat, mungkin terkadang kamu bingung, apakah hal tersebut dikarenakan paket data yang menipis atau ada masalah dari provider? Jika kamu merasa demikian, kamu bisa lakukan cek kecepatan internet untuk memastikannya. Bagaimana caranya?

Kini telah tersedia banyak tools yang bisa digunakan untuk memeriksa kecepatan sambungan internet pada berbagai perangkat elektronik. Akan tetapi, sebelum mengetahui apa saja alat dan caranya, kami akan menjelaskan istilah dan persiapan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama, mari menuju ke pembahasan!

Istilah dalam Kecepatan Internet

Untuk dapat membaca hasil pemeriksaan dengan baik, kamu perlu mengetahui arti istilah-istilah yang digunakan. Adapun beberapa istilah cek kecepatan internet yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Download Speed – merupakan angka yang menunjukkan kecepatan koneksi internet dalam mengunduh data. Semakin besar angka Download Speed, maka semakin tinggi kecepatan sambungan unntuk mengunduh data.
  • Upload Speed – merupakan angka yang menunjukkan kecepatan internet dalam mengunggah data. Semakin tinggi angka Upload Speed, artinya semakin singkat waktu yang diperlukan perangkat untuk mengunggah data.
  • Ping – merupakan angka yang menunjukkan jeda waktu yang diperlukan untuk mengirimkan data dari satu host ke komputer tujuan dan kembali lagi. Kebalikan dari Upload Speed, kecepatan ping semakin tinggi jika angkanya semakin kecil.
  • Jitter – merupakan angka yang menunjukkan stabilitas koneksi internet. Angka ini menunjukkan fluktuasi nilai ping dalam millisecond (ms). Semakin rendah angka Jitter maka semakin stabil koneksi internet.

Persiapan Sebelum Cek Kecepatan Internet

Sebelum melakukan pemeriksaan kecepatan internet, kamu perlu melakukan sejumlah hal sebagai persiapannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tutup Program yang Tidak Digunakan

Koneksi internet yang lambat dapat dikarenakan membuka terlalu banyak aplikasi atau program di perangkat. Oleh sebab itu, sebelum memeriksa kecepatan internet, tutuplah semua aplikasi dan program yang tidak digunakan. Dengan begitu, koneksi di perangkat bisa kembali stabil.

2. Bersihkan Cache

Cache yang menumpuk juga dapat menghambat koneksi internet. Meskipun fungsi awalnya, cache digunakan untuk mempercepat penelusuran di internet, terlalu banyak cache justru buruk bagi kecepatan internet. Pastikan untuk membersihkan cache pada perangkat terlebih dahulu untuk mengembalikan stabilitas internet.

3. Lakukan Restart

Terakhir, sebelum cek kecepatan internet, cobalah lakukan restart pada perangkat. Saat kondisi perangkat sedang tidak baik atau terlalu banyak aktivitas, koneksi internet akan terdampak menjadi kurang stabil. Dengan melakukan restart perangkat, kamu bisa memulihkan kondisi perangkat agar siap digunakan dengan koneksi internet.

Selain melakukan restart perangkat, lakukan juga restart pada modem. Koneksi internet yang menggunakan modem atau router tidak terhindarkan dari berbagai gangguan pada perangkat kerasnya. Cobalah untuk melakukan restart modem untuk memulihkan koneksi internet yang lebih stabil.

Cara Cek Kecepatan Internet

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya, kami akan menjelaskan apa saja alat yang dapat digunakan untuk melakukan tes kecepatan internet. Berikut telah kami rangkumkan beberapa cara uji kecepatan internet.

1. Fast.com

Pertama-tama, kamu bisa mencoba cek kecepatan internet di Fast.com. Alat ini dapat kamu gunakan secara gratis melalui websitenya. Untuk melakukan tes kecepatan ini bahkan sangat mudah.

Kamu hanya perlu masuk ke website Fast menggunakan perangkat dan koneksi internet yang ingin diperiksa. Selanjutnya, alat ini akan secara otomatis menghitung kecepatan internetmu.

2. Internet Speed Meter Lite

Pilihan selanjutnya adalah Internet Speed Meter Lite. Ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memeriksa kecepatan internet, terutama untuk sambungan Wifi secara real time. Biasanya, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Internet Speed Meter Lite menyediakan hasil pemeriksaan secara instan, yang memudahkan pengguna. Jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk menguji kecepatan internet di hp, kamu akan mendapatkan laporan kecepatan sambungan mobile data maupun Wifi data.

3. Speedtest.net

Jika kamu sudah mencoba persiapan sebelum uji kecepatan tapi internetmu masih terkendala, cobalah gunakan Speedtest.net. Alat ini dapat digunakan melalui websitenya. Kamu dapat mengakses Speedtest.net menggunakan smartphone maupun PC. Cukup klik tombol Go dan tunggu Speedtest melakukan pemeriksaan kecepatan internetmu.

4. Meter.net

Untuk mendapatkan pemeriksaan dan hasil yang detail, kamu dapat mencoba alat uji kecepatan, Meter. Gunakan smartphone atau PC untuk mengakses website Meter. Kemudian, tekan tombol Start dan tunggu hingga hasil uji kecepatan ditampilkan. Saat memeriksa kecepatan, Meter akan menampilkan pemberitahuan: Test in progress – please wait.

Jika sudah selesai, hasil akan ditampilkan di bagian atas tampilan halaman. Kamu akan mendapatkan hasil tes, yang meliputi kecepatan download, upload, dan ping. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap terkait sambungan internetmu, klik Show Details of This Test.

5. Speedsmart.net

Tidak kalah lengkap dibandingkan dengan Meter, cobalah untuk melakukan pemeriksaan internet dengan Speedsmart. Kamu dapat mengakses alat ini melalui websitenya, di Speedsmart.net. Untuk memulai tes, klik tombol Start Test di halaman utama.

Selanjutnya, alat Speedsmart akan langsung melakukan cek kecepatan internet. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses pemeriksaan selesai. Adapun hasil pemeriksaan yang akan kamu dapatkan antara lain, meliputi informasi provider dan server, serta kecepatan data, upload, download, jitter, dan ping.

6. Google Fiber

Perusahaan raksasa, Google, juga menyediakan alat tes yang dapat menguji kecepatan internet secara akurat. Nama alat ini adalah Google Fiber. Untuk menggunakannya, kunjungi website Google Fiber menggunakan perangkat dan koneksi yang ingin diperiksa.

Kemudian, klik tombol Go pada halaman utama untuk memulai pemeriksaan. Hasil pemeriksaan yang akan kamu dapatkan meliputi informasi server, lokasi, kecepatan download, kecepatan unduh, ping, dan jitter.

7. Bandwidthplace.com

Terakhir, kamu bisa menggunakan opsi pemeriksaan kecepatan internet menggunakan Bandwidthplace.com. Untuk memeriksa kecepatan dengan alat ini, klik tombol Start. Kemudian, hasil akan ditampilkan secara real time lengkap dengan informasi IP dan providernya.

Itulah sedikit informasi tentang cara cek kecepatan internet beserta rekomendasi alat, penjelasan istilah di dalamnya, dan persiapan yang diperlukan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengatasi kendala internet yang lambat.

Jangan abaikan website yang lambat dan kurang responsif, pastikan kamu tahu solusi untuk meningkatkan kecepatan website yang tepat! IDwebhost menyediakan berbagai layanan hosting yang siap meningkatkan performa web menjadi lebih baik, sehingga dapat menjangkau audiens dengan lebih efektif.

Jika kamu butuh kecepatan maksimal untuk mengatasi traffic yang tinggi, IDwebhost punya layanan Cloud VPS yang bisa meningkatkan kecepatan 100x jadi lebih cepat. Dengan layanan IDwebhost, kamu akan mendapatkan dukungan tim profesional mulai dari proses instalasi, migrasi data, pengamanan data, hingga pemantauan 24/7!

Mulai dari Rp 120 ribuan per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan layanan Cloud VPS untuk server website personal dengan berbagai fitur yang lengkap. Tunggu apalagi? Ayo, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022