Apa Itu Router? Ini Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Modem!

8 Des 2022
Apa Itu Router? Ini Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Modem!

Selain membutuhkan perangkat dan paket data yang aktif, kamu juga memerlukan bantuan router untuk mengakses internet. Tanpa disadari, router merupakan salah satu perangkat penting yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Jadi, apa itu router?

Pengguna aktif internet pasti tidak asing dengan router. Akan tetapi, yakin kamu sudah tahu apa router itu sebenarnya? Tenang, jika kamu belum mengetahuinya, ulasan ini bisa membantu kamu mengenal pengertian router, jenis-jenis, fungsi, cara kerja, dan perbedaannya dengan modem. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Router?

Router dapat berupa perangkat jaringan internet fisik maupun virtual. Pengertian router adalah sebuah perangkat yang memiliki tugas utama untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet menuju perangkat lain. Proses pengiriman paket data ini juga sering disebut sebagai routing.

Sederhananya, router bekerja untuk mengelola arus lalu lintas jaringan dengan meneruskan paket data ke berbagai alamat IP tujuan. Kegunaan utama router adalah untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan. Router memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung dengan satu koneksi internet yang sama.

Jenis Router

Untuk lebih mengenal apa itu router, ketahui juga jenis-jenisnya. Router dibedakan menurut mekanisme dan bentuknya.

1. Jenis Router Menurut Mekanismenya

Menurut mekanismenya, router terbagi atas dua jenis. Dalam melakukan tugasnya, router bekerja dengan table routing dengan cara statis dan dinamis. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Router statis. Jenis router ini merupakan router yang mempunyai table routing yang tetap. Pengaturan pada router jenis ini sifatnya manual dilakukan oleh administrator jaringan. Router statis cocok untuk kebutuhan jaringan internet skala kecil.
  • Router dinamis. Kebalikan dari router statis, jenis router dinamis mempunyai table routing yang berubah-ubah. Router ini mempelajari arus terbaik untuk meneruskan paket data secara otomatis sesuai dengan instruksi dari administrator. Jenis router dinamis kebanyakan digunakan untuk kebutuhan internet skala besar.

2. Jenis Router Menurut Bentuknya

Selain dibedakan menurut mekanismenya, router juga dibedakan menurut bentuknya. Seperti yang disebutkan sedikit di pembahasan apa itu router di atas, router dapat berupa perangkat internet fisik maupun virtual. Adapun jenis-jenisnya antara lain sebagai berikut:

  • Router software. Layaknya sebuah program perangkat lunak, router jenis ini dapat diunduh di perangkat komputer. Biasanya router ini digunakan sebagai aplikasi yang penggunaannya tergantung pada perangkat keras yang tersedia.
  • Router hardware. Selain dalam bentuk software, ada juga jenis router dalam bentuk perangkat keras atau hardware. Jenis router ini merupakan jenis router yang paling umum digunakan. Contoh router hardware antara lain seperti router Mikrotik dan Cisco.
  • Router PC. Mirip dengan router software, jenis router ini bisa diunduh di perangkat komputer. Akan tetapi dalam pemakaiannya, jenis router ini dapat langsung digunakan menggunakan komputer dengan prosesor minimal Intel Pentium 2.

Fungsi Router

fungsi router

Kira-kira jenis router apa saja yang sudah pernah kamu gunakan atau ketahui sebelumnya? Beralih dari pembahasan apa itu router dan jenisnya, berikutnya kamu bisa mempelajari fungsi router. Selain fungsi utamanya untuk mengirimkan paket data, router juga mempunyai beberapa fungsi lain sebagai berikut:

  • Mengirimkan informasi. Router bekerja dengan pola networking bridge. Pola ini memungkinkan router untuk menjadi perantara jaringan agar suatu jaringan internet bisa digunakan oleh jaringan lainnya.
  • Menghubungkan jaringan. Agar pengguna dapat melakukan pembagian paket data ke berbagai perangkat, router menghubungkan beberapa jaringan ke satu (atau lebih) perangkat. Dalam melakukan fungsi ini, router melakukan distribusi alamat IP ke setiap perangkat pada jaringan tertentu.
  • Menyaring paket data. Router menyaring paket data internet pada sebuah jaringan guna menyediakan koneksi internet yang cepat tanpa adanya broadcast storm yang dapat menghambat kecepatan jaringan. Dalam prosesnya, filtering dilakukan dengan aturan penyaringan melalui alamat IP, TCP dan UDP, dan Internet Control Message Protocol (ICMP).
  • Menghubungkan jaringan ke DSL. Penggunaan router tidak hanya terpaku pada pemakaian kabel LAN saja. Router dapat membagikan jaringan internet secara nirkabel dengan menghubungkan jaringan lokal ke digital subscriber line (DSL).
  • Membagikan file. Router juga berfungsi untuk membagikan berbagai sumber daya atau file internet ke perangkat-perangkat seperti printer, scanner, dan layanan penyimpanan berkas sebuah instansi. Pengaturan jaringan dan perangkat berbasis internet yang digunakan ini dapat dikelola langsung oleh administrator jaringan.

Cara Kerja Router

router adalah

Router bekerja dengan memastikan paket data atau internet sampai ke perangkat-perangkat yang terhubung secara efektif. Dalam melakukan tugasnya, router bekerja dengan bantuan table routing untuk menganalisis dan mengirimkan paket data atau internet.

Router membaca header paket aliran sebelum menentukan arus pengiriman paket data. Cara kerja router ini juga meliputi analisis arus yag paling efisien dan cepat untuk menjangkau tujuan alamat IP. Setelah itu, router mengirimkan paket jaringan ke arus yang sudah ditentukan dengan table routing.

Setiap paket data yang dikirimkan oleh router terdiri atas beberapa bagian. Salah satu bagiannya berisikan informasi yang meliputi tipe data, data pengirim, serta IP address tujuan. Informasi ini dikirimkan bersama bagian lainnya dalam router melalui beberapa jaringan hingga tiba di komputer atau jaringan tujuan.

Perbedaan Router dan Modem

apa itu router

Usai mengetahui pengertian apa itu router, kira-kira sudah bisa membedakannya dengan modem atau belum? Sebenarnya, ada banyak perbedaan router dan modem yang bisa dikenali dari beberapa aspek. Berikut ini adalah ulasan mengenai perbedaan antara router dan modem:

1. Fungsi

Router dan modem mempunyai perbedaan dari sisi fungsi. Modem mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal digital yang dapat dibaca atau dikenali oleh berbagai jenis perangkat. Jika fungsi modem meliputi proses pengubahan, router hanya mencakup pengelolaan.

Pengelolaan yang dimaksud adalah pengelolaan aliran data dalam sebuah jaringan. Router bekerja dengan menganalisis dan melakukan transmisi paket data atau internet pada jalur yang paling efektif sehingga bisa sampai di IP address tujuan dengan cepat.

2. Sambungan

Perihal sambungan atau konektivitas, router dapat terhubung pada beberapa PC sekaligus dengan jaringan nirkabel wifi. Sementara itu, modem hanya dapat digunakan untuk terhubung pada satu atau beberapa komputer saja dengan menggunakan perangkat lunak.

3. Tipe Alamat IP

Router dan modem mempunyai tipe IP address yang berbeda. Tipe IP address yang digunakan oleh router adalah private IP address, sedangkan modem menggunakan public IP address.

4. Distribusi Paket Data

Perbedaan selanjutnya juga bisa dikenali dari distribusi paket data antara router dan modem. Router mendistribusikan data dengan jangkauan Local Area Network (LAN). Sementara itu, modem menggunakan jaringan Wide Area Network (WAN).

5. Jumlah Ethernet Port

Router mempunyai ethernet port dalam jumlah yang banyak. Jumlah ethernet port yang banyak pada router ini digunakan untuk menghubungkan banyak perangkat sekaligus ke jaringan internet. Dengan konektivitas yang lebih terbatas, modem biasanya mempunyai jumlah ethernet port yang lebih sedikit.

Demikian ulasan mengenai apa itu router, fungsi, jenis-jenis, cara kerja, dan bedanya dengan modem. Jadi, sudah bisa membedakan router dan modem kan  sekarang? Router adalah perangkat yang mengelola jaringan internet dan mentransmisikan paket data melalui beberapa jaringan untuk membuat perangkatmu dapat terhubung ke internet.

Dengan bantuan routing table, router dapat menganalisis dan menentukan arus jaringan paling efektif. Kamu bisa membaca juga ulasan lain seputar teknologi di blog IDwebhost, gratis. Jika tertarik mengelola website, kamu juga bisa tentukan domain murah pilihanmu sendiri. Yuk, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022