Apa Itu Jaringan WAN? Cari Tahu Cara Kerja dan Kelebihannya Ini

2 Apr 2023
Apa Itu Jaringan WAN? Cari Tahu Cara Kerja dan Kelebihannya Ini campaign-unlimited

Untuk menghubungkan satu komputer dengan lainnya diperlukan adanya jaringan komputer. Salah satunya adalah jaringan WAN. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang secara fisik tidak berada di lokasi yang sama.

Beberapa dari kamu mungkin sudah familiar dengan jaringan LAN. Pada dasarnya LAN, WAN, dan MAN adalah tiga jenis jaringan dengan cakupan area yang berbeda. Artikel ini akan menjelaskan tentang WAN mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, hingga jenis-jenisnya. Langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini, yuk!

Apa Itu WAN?

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network. Jaringan WAN biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan komputer dengan cakupan area yang luas. Cakupan jaringan ini merupakan yang terbesar di antara ketiga jaringan yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga: Ini Cara Menghubungkan Domain ke Shopify!

WAN merupakan jaringan komputer gabungan dari jaringan LAN dan MAN. Luas cakupan jaringan ini dapat mencapai sebuah negara dan bahkan benua. Membangun jaringan ini memerlukan kabel fiber optic, kabel telepon, atau satelit. Inilah yang membuatnya mampu menjangkau area yang luas.

Jenis-jenis Layanan WAN

Apa Itu Jaringan WAN

Kini kebanyakan WAN disediakan oleh perusahaan penyedia jaringan atau yang biasa disebut ISP. Ada beberapa macam teknologi jaringan ini yang sekarang cukup umum digunakan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Leased lines. Teknologi WAN ini menggunakan koneksi permanen antar perangkat untuk menyediakan koneksi stabil dengan tujuan untuk meminimalisir kehilangan paket. Dengan kata lain, leased lines berfokus pada teknologi pengelola kualitas sambungan atau QoS.
  • Frame relay. Ini adalah teknologi jaringan WAN yang memungkinkan komunikasi WAN melalui line digital dengan kualitas tinggi.
  • Public Switched Telephone Network (PSTN). Seperti namanya, teknologi ini memanfaatkan sambungan telepon untuk mengubah data digital menjadi data analog. Biasanya, teknologi ini menggunakan perangkat keras berupa modem.

Fungsi WAN

Kegunaan dari sebuah jaringan tentu saja untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Namun, jaringan WAN juga mempunyai fungsi lainnya. Adapun beberapa fungsinya kami jelaskan dalam poin-poin berikut:

1. Mempermudah Transmisi Data

Jangkauan area yang begitu luas membuat WAN dapat diandalkan untuk mempermudah berbagai transmisi data. Sebagai contoh terdapat dua buah kantor yang bekerja sama namun berada di wilayah yang berbeda. Dengan WAN, keduanya tetap bisa berhubungan dan mengirimkan data dengan cepat dan praktis.

Baca Juga: Mengubah Password cPanel dari Member Area

WAN menawarkan kemudahan untuk integrasi antar perangkat sebab perangkat tersebut terhubung dengan satu jaringan yang sama. Dengan adanya kemudahan transmisi data, komunikasi antara dua pihak yang terpisahkan oleh jarak jauh juga lebih mudah dan lancar.

2. Menghubungkan Jaringan dengan Lingkup yang Lebih Kecil

Selain mengintegrasikan antar perangkat, jaringan WAN juga mengintegrasikan jaringan dengan lingkup yang lebih kecil. Contohnya seperti jaringan LAN dan MAN. WAN dapat berguna sebagai jembatan penghubung yang memudahkan sebuah instansi untuk memperoleh informasi secara up to date.

3. Membantu Kegiatan Operasional Instansi

Pembangunan WAN dinilai menghabiskan biaya yang cukup besar. Namun, sebenarnya biaya instalasi tersebut cukup murah lantaran dapat menghubungkan perangkat di negara atau benua yang berbeda. Inilah alasan WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional. WAN sangat memudahkan kegiatan operasional perusahaan yang dibatasi perbedaan wilayah.

Cara Kerja WAN

Apa Itu Jaringan WAN

Lalu, bagaimana cara WAN bekerja? Sederhananya, jaringan WAN mengandalkan dua buah komponen: kabel transmisi dan komponen switching. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Kabel transmisi berguna untuk mengirimkan bit dari satu komputer ke lainnya. Sedangkan komponen switching bertugas untuk menghubungkan dua (atau lebih) kabel transmisi dalam sebuah komputer.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Websitemu ke Website Lain

Pada praktiknya diperlukan sebuah komputer sebagai server. Komputer ini digunakan untuk memenuhi keperluan akses database dari sebuah instansi. Selanjutnya, perangkat server inilah yang bertugas untuk mengirimkan informasi database dan paket data ke jaringan yang sudah dibangun menyesuaikan topologi.

Topologi adalah cara menghubungkan satu komputer dengan lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan. Struktur ini memungkinkan user maupun klien untuk mengakses berbagai informasi dari database sekalipun terbatasi dengan jarak yang jauh.

Kekurangan dan Kelebihan WAN

WAN memiliki sejumlah kekurangan dan kelebihan. Untuk mengetahui gambaran yang lebih baik akan penggunaan WAN dalam praktiknya di kehidupan sehari-hari, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya yang akan dijelaskan dalam pembahasan ini.

1. Kekurangan WAN

Jika dibandingkan dengan jaringan lainnya, WAN memiliki beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Biayanya mahal. Jangkauan WAN yang luas membuat biaya instalasi, fasilitas, maupun perawatannya cukup mahal.
  • Rentan serangan. Lingkup jaringan juga bisa dianggap sebagai kekurangan lantaran bisa menjadi celah untuk serangan dari peretas.
  • Perlu fasilitas keamanan. Tanpa adanya fitur keamanan, jaringan ini rentan terganggu. Oleh sebab itu, wajib menggunakan firewall untuk mengamankan semua aktivitas dalam jaringan.
  • Lebih rumit. WAN memiliki pengaturan dan konfigurasi yang lebih rumit dibandingkan dengan jaringan lainnya.

2. Kelebihan WAN

Untuk menilainya secara objektif maka sebaiknya kamu mengetahui kelebihan dari jaringan ini juga. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mampu menjangkau lingkup area yang luas. WAN memiliki sistem jaringan yang luas hingga dapat mencapai negara, benua, dan dunia.
  • Menyediakan akses data cepat. Jaringan WAN menggunakan bandwidth yang besar. Dengan begitu, kecepatam transmisi data dengan WAN bisa lebih cepat.
  • Bisa digunakan untuk berbagai resources. WAN bisa digunakan untuk berbagi sumber daya dengan cara memanfaatkan koneksi workstations.
  • Menyediakan data real time. Kecepatan WAN memungkinkan penggunanya untuk menggunakan data yang sama dalam waktu instan.

Perangkat Jaringan WAN

Apa Itu Jaringan WAN

Agar dapat menjangkau perangkat yang terpisahkan jarak sangat jauh, jaringan Wide Area Network membutuhkan beberapa perangkat jaringan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Antena

Kamu tentu mengenal perangkat satu ini, bukan? Antena berguna untuk menangkap sinyal yang selanjutnya ditransformasikan dalam bentuk suara, tulisan, hingga gambar. Perangkat ini bukanlah komponen utama dari jaringan WAN. Akan tetapi, antena memudahkan sinyal WAN untuk disebarkan sehingga dapat menjangkau lingkup yang luas dengan stabil.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Server?

2. Modem

Modem adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan komputer, hp, atau perangkat lainnya ke internet. Peran dari modem tidak lain sebagai pengirim paket data di alur telepon melalui modulasi dan demodulasi sinyal.

3. Router

Perangkat WAN lainnya adalah router. Fungsi dari router adalah sebagai pengirim paket data jaringan internet ke perangkat lain. Bukan hanya melakukan tugas routing, perangkat ini juga mendukung jaringan agar tetap stabil saat digunakan.

Kesimpulan

Akhirnya kita sudah sampai pada pembahasan kesimpulan. Jadi, jaringan WAN atau Wide Area Network adalah jaringan dengan cakupan wilayah yang sangat besar. Jangkauan area WAN mencakup pulau, negara, benua, hingga seluruh dunia.

WAN mengandalkan kabel fiber, kabel telepon, hingga satelit untuk menjangkau wilayah yang luas. Meskipun dinilai sebagai jaringan yang membutuhkan biaya besar, kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan WAN layak dengan harganya.

Jaringan ini menyediakan bandwidth besar yang memungkinkan user dank lien untuk mengakses dan berkirim data dengan kecepatan tinggi. Di samping itu, kecepatan ini juga mempengaruhi kualitas dan konsistensi dari data yang didapatkan secara real time.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu WAN. Akan lebih baik jika kamu juga tahu layanan hosting yang terbaik!  IDwebhost punya banyak pilihan paket yang bisa kamu sesuaikan kebutuhanmu, lho. Jangan lewatkan potongan harganya, cek sekarang yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022