Kotlin vs Java: Lebih Unggul Mana untuk Aplikasi Android?

30 Mei 2022
Kotlin vs Java: Lebih Unggul Mana untuk Aplikasi Android? campaign-unlimited

Kotlin vs Java mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian pengembang aplikasi dalam menentukan aplikasi mobile mana yang baik.

Keduanya memang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Anda perlu tahu perbedaan Kotlin dan Java sebelum memutuskan bahasa pemrograman mana yang dapat Anda pilih

Lebih lengkapnya, Anda dapat mengikuti pembahasan pada artikel ini sebagai berikut :

Apa itu Java ?

apa-itu-java

Java adalah bahasa pemrograman web yang populer dan digunakan pada objek yang dapat dijalankan pada semua jenis sistem operasi.

Ini tak lepas dari perkembangan Java yang tidak hanya berfokus pada satu sistem operasi saja, namun dapat digunakan pada segala macam jenis sistem operasi. Java juga bersifat open source.

Selama ini, Java dikenal berkat moto “Write Once, Run Anywhere”. Makna dari moto ini adalah, bahwa setiap kode program yang ditulis memakai Java dapat langsung dijalankan pada platform berbeda-beda dan tidak perlu menyusun ulang.

Hal ini dikarenakan penulisan kode program Java biasanya disimpan dalam file berekstensi java. Dengan menggunakan Javac Compiler, Anda dapat menyusun file berekstensi java menjadi file berekstensi class. File berekstensi class inilah yang dikenal sebagai bytecode dan bisa berjalan pada seluruh Java Virtual Machine (JVM).

Dilihat dari penggunaannya, sebagai bahasa pemrograman umum Anda dapat menggunakan Java untuk kebutuhan membuat berbagai jenis aplikasi.

Contohnya aplikasi berbasis desktop, website, mobile, sampai aplikasi embedded device seperti perangkat pintar atau mikroprosesor.

Manfaat Menggunakan Java

Berikut manfaat menggunakan pemrograman java, antara lain:

1. Mudah digunakan

Dasar dari Java adalah menggunakan bahasa pemrograman C++. Java dirancang sebagai versi updrade dari bahasa pemrograman tersebut. 

Hal ini menjadikan Java menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana untuk digunakan. Secara khusus, jika Anda telah familiar dengan C++, Anda  tidak akan mengalami kesulitan untuk mempelajari Java.

2. Berorientasi pada objek

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman C++ yang bisa dikatakan semi berorientasi pada objek.

Java kaya akan fitur dari bahasa pemrograman berorientasi objek atau object-oriented programming language (OOP). Hal-hal tersebut contohnya seperti abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism.

3. Keamanan 

Pada awalnya, Java ini dibentuk dengan tujuan untuk perangkat mobile yang bertukar data melalui jaringan. Hal ini dikarenakan membuat bahasa Java dibangun dengan tingkat keamanan tinggi.

Java sendiri bisa dibilang menjadi salah satu bahasa pemrograman dengan tingkat keamanan yang tinggi. Menurut CodeJava, sekarang ini tidak terdengar ada virus yang menyerang pada aplikasi Java. 

4. Bisa digunakan di berbagai platform

Sebuah program idealnya dapat bekerja di banyak platform. Dan Java dikembangkan menjadi bahasa pemrograman yang portabel dan dapat digunakan lintas platform.

Hal tersebut dapat membantu membuatnya bisa digunakan di berbagai sistem operasi, hardware, ataupun perangkat. Hal ini juga sejalan dengan slogan “write once, run anywhere: yang mencerminkan dengan bahasa pemrograman ini.

Alasan Kenapa Menggunakan Java sebagai Aplikasi Android

Ketika membandingkan Kotlin vs Java, Anda perlu mempelajari terlebih dulu mengenai seluk beluk Java sebagai salah satu bahasa pemrograman. Sejak dikembangkan oleh SUN Microstystem di tahun 1991, Java semakin diminati oleh banyak orang, karena khususnya para programmer. Hal ini karena Java mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri.

1. Kelebihan Java

Java memberikan kemudahan dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Hal ini dikarenakan java dibekali sifat yang multiplatform. Jadi, banyak para programmer memilih java untuk mengembangkan aplikasi mulai yang menggunakan komputer desktop seperti Windows dan Linux. Tidak menutup pengecualian juga pada aplikasi mobile yang berbasis Android dan iOS.

Selain itu, dalam pemrograman menggunakan Java code program maupun strukturnya mudah dimodifikasi. Tentunya berdasarkan kebutuhan dari penggunanya. Pemrograman Java juga berorientasi pada objek.

2. Kekurangan Java

Disamping kelebihannya, java juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah banyaknya fitur yang ditawarkan. Hal ini akan membutuhkan ruang yang cukup besar dan Anda butuh resource memory yang cukup besar, misalnya komputer dengan kapasitas RAM besar.

Apa itu Kotlin

apa-itu-kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern, yang tersaji secara statis dan dapat berjalan pada platform Java Virtual Machine (JVM). Kotlin memakai compiler LLVM yang bisa dikompilasi ke dalam kode JavaScript. Bahasa pemrograman ini juga banyak diminati oleh para developer. Terutama bagi Anda yang ingin menjadi developer Android,Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman ini.

Manfaat Menggunakan Kotlin

manfaat-menggunakan-kotlin

Berikut manfaat menggunakan kotlin, yaitu 

1. Bahasa Pemrograman yang Open Source

Open-sources Kotlin bisa digunakan secara bebas oleh Anda secara gratis. Anda juga dapat mengetahui proses pengembangan, modifikasi atau bahkan ikut berkontribusi di dalamnya. Selain Anda dapat menggunakan Kotlin untuk pengembangan aplikasi Android. Kotlin juga dapat Anda pakai dalam membangun aplikasi server dan web.

2. Mudah Dipelajari

Kotlin memiliki keunggulan berupa kesederhanaan yang membuatnya disukai para developer. Kesederhanaannya ini yang dimaksud berupa sintak, dll. Jika sebelumnya Anda menggunakan Java untuk membuat aplikasi Android, maka besar kemungkinan Anda juga tak akan kesulitan saat menjajal Kotlin.

3. Perusahaan Banyak yang Memakai Kotlin

Perusahaan besar, seperti Gojek telah menggunakan Kotlin di project Java yang telah ada. Hal ini membuatnya banyak diikuti oleh perusahaan besar lainnya. Ini artinya semakin banyak startup atau perusahaan besar menggunakan dan menerapkan Kotlin. Sehingga berpeluang besar untuk membantu kebutuhan developer Kotlin pun semakin menanjak. Contoh perusahaan-perusahaan menggunakan Kotlin yaitu, Gojek, Pinterest, Evernote, Slack Trello, dsb.

Alasan Kenapa Menggunakan Kotlin sebagai Aplikasi Android

Kotlin menonjolkan konsep sebuah bahasa pemrograman yang praktis. Kotlin juga dianggap versi ‘penyempurnaan’ dari bahasa pemrograman Java yang sebelumnya telah banyak digunakan, khususnya dalam pengembangan aplikasi berbasis Android.

1. Kelebihan Kotlin

Beberapa kelebihan Kotlin adalah pada bagian kompilasinya di bytecode JVM yang digunakan. Fiturnya juga aman dari Null Pointer Exception. Selain itu, Kotlin juga tidak memerlukan harga yang terlalu adopsi dalam membuat aplikasi. Jadi, Anda hanya menggunakan satu klik saja dan ketika menggunakannya tidak memerlukan learning curve dalam waktu cukup lama. Kotlin juga dapat disetting dengan bahasa pemrograman Java.

2. Kekurangan Kotlin

Beberapa kekurangan kotlin adalah durasi runtime-nya akan bertambah. Tapi, ukurannya cukup kecil yakni 800KB. Selain itu, bahasa pemrograman Kotlin juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi para pemula. Hal ini karena untuk beberapa kasus bahasa kode ini sulit untuk dibaca. Di samping itu, bahasa pemrograman Kotlin masih sangat sedikit dikarenakan bahasa pemrogramannya yang baru.

Kotlin vs Java, Mana yang Lebih Baik?

Jadi manakah yang lebih unggul antara Kotlin dan Java? Keduanya memang memiliki keunggulan tersendiri. Jika Anda yang baru pertama membuat aplikasi, sebaiknya pilih bahasa pemrograman Java. Hal ini dikarenakan java mempunyai konverter ke Kotlin tapi tidak sebaliknya.

Sementara bila Anda mempunyai proses pengembangan Android dalam kurun waktu 160-200 jam dan memiliki arsitektur pemrograman yang cukup kompleks, maka Kotlin dapat diandalkan. Begitu juga untuk waktu pengembangan pada kisaran 5-6 bulan, Kotlin juga dapat menjadi pilihan bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Jadi, antara kotlin dan java ini, pilihan terbaiknya terletak pada kebutuhan dan waktu pengerjaan dari aplikasi Android yang Anda butuhkan sendiri.

Kesimpulan

Kotlin dan java memang memiliki keunggulan tersendiri. Jika Anda yang baru pertama membuat aplikasi mobile, ada baiknya Anda memilih bahasa pemrograman Java. Hal ini dikarenakan java mempunyai konverter ke Kotlin tapi tidak sebaliknya. 

Sementara bila Anda mempunyai proses pengembangan Android dalam kurun waktu 160-200 jam dan memiliki arsitektur pemrograman yang cukup kompleks, maka Kotlin bisa Anda pilih

Semoga bermanfaat

Lalu tidak lupa juga mengingatkan, Jika Anda ingin mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda juga dapat mengikuti informasi di blog IDwebhost ini

IDwebhost juga mempunyai promo hosting dan domain yang bisa dipakai untuk kebutuhan hosting atau domain pada website Anda. Kilik gambar di bawah ini!

membuat website bisnis
Penulis
Member since 2 Jul 2013