Apa itu Java? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya!
Blog Website Development Apa itu Java? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya!

Apa itu Java? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya!

Apa itu Java? Java yaitu salah satu bahasa pemrograman populer yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, desktop, sampai website. Contoh website-website besar dunia yang telah menggunakan java yaitu Yahoo!, Spotify dan LinkedIn ternyata juga telah memakai Java untuk mengembangkan websitenya.

Salah satu alasan populernya Java dikarenakan ke fleksibilitasnya yang dapat digunakan di banyak platform. Jadi tidak heran sekitar 12 juta developer menggunakan Java untuk pengembangan aplikasi.

Jadi apakah Anda sudah penasaran apa bahasa pemrograman Java? 

Di pembahasan ini, Anda akan belajar apa itu Java, penggunaan, manfaat, sampai contoh framework Java. Tanpa basa-basi lagi berikut penjelasannya:

 

Isi Artikel  :

 

 

 

 

Apa Itu Java

 

apa-itu-java

Java merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk mengembangkan bagian back-end pada software, aplikasi Android, dan juga website. 

Java mempunyai moto “Write Once, Run Anywhere”. Artinya, Java dapat dijalankan di berbagai platform tanpa perlu disusun ulang yang dicocokan dengan platformnya. Contohnya, java dapat berjalan di Android, Windows, Linux, dan platform lainnya. 

Hal itu dapat terjadi karena Java mempunyai sistem syntax atau kode pemrograman level tinggi. Jadi saat program dijalankan, syntax akan di-compile dengan menggunakan bantuan dari Java Virtual Machine (JVM) yang menjadikan kode numeric (bytescode) platform. Sehingga aplikasi Java ini dapat dijalankan di berbagai perangkat. 

Berkat fleksibilitas-nya, Java telah dijalankan di 13 miliar perangkat. Beberapa aplikasi mobile yang telah menggunakan Java adalah Twitter, Netflix, sampai Spotify.

 

 

Kelebihan Menggunakan Java

 

apa-itu-java

Berikut ini kelebihan menggunakan bahasa pemrograman Java yang bisa Anda pelajari:

 

1. Membuat Aplikasi yang Fleksibel

Kelebihan utama dari Java yaitu mampu dijalankan di berbagai platform atau sistem operasi. Hal ini selaras dengan slogan mereka, yaitu “Write Once, Run Anywhere”. Artinya, cukup dengan sekali pembuatan file Java, program pun dapat dijalankan di beberapa platform tanpa perlu perubahan. 

Contohnya jika Anda membangun aplikasi Java dengan menggunakan sistem operasi Linux. Program juga bisa dijalankan di sistem operasi lain, seperti Mac dan Windows.

Java mempunyai compiler atau semacam virtual machine yang mampu menerjemahkan syntax Java ke bytecodes masing-masing platform. Itulah sebabnya Java dapat dijalankan di berbagai platform.  

 

2. Memiliki Library yang Lengkap

Java dikenal mempunyai library yang lengkap. Library dalam bahasa pemrograman yang di maksud yakni sekumpulan fungsi dan program yang dapat digunakan secara langsung untuk untuk pembuatan aplikasi. 

Selain itu, library ini juga masih didukung dengan keberadaan komunitas Java yang besar. Sehingga banyak menciptakan library baru yang dapat digunakan dalam melengkapi kebutuhan para developer Java. Dengan library ini,  Anda menjadi dapat membuat aplikasi berbasis Java lebih mudah.

 

3. Berorientas pada Objek

Pemrograman berorientasi pada objek yaitu sebuah pemrograman yang mengatur desain aplikasi berdasarkan pada objek. Objek di sini didefinisikan sebagai bidang data yang mempunyai atribut dan perilaku. 

Sebagai contoh dalam kehidupan nyata, objek berupa sepeda mempunyai atribut (ban, pedal, stang) dan perilaku (melaju, mengerem). 

Nah, dalam Java, semua data atau fungsi dideskripsikan ke dalam beberapa kelas yang dapat saling berhubungan. Fungsi tersebut menjadikannya mampu dalam hal menerima pesan, memproses data, hingga mengirim pesan ke objek lainnya. 

Kode pemrograman dengan menggunakan metode ini dapat membantu dalam membangun struktur program menjadi lebih ringkas. Selain itu juga dapat digunakan kembali yang lebih mudah dalam hal pembuatan aplikasi yang saling berkaitan atau kompleks dan aktif diperbarui. Jadi, proses development bisa menjadi lebih cepat dan dikembangkan lebih baik lagi.  

 

4. Mirip dengan Bahasa C++

Java merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C dan C++. Bahasa pemrograman C++ memang termasuk bahasa pemrograman yang cukup bagus, akan tetapi minusnya belum sefleksibel Java.Hal ini berbanding dengan Java dapat dibangun dengan lebih sederhana serta juga lebih fleksibel. 

Nah, kalau Anda sudah mempelajari atau familiar dengan bahasa pemrograman C++, tentunya hal ini tidak akan begitu kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman Java.  

 

5. Menulis Coding Lebih Sederhana

Dibanding bahasa pemrograman lainnya, Java mempunyai struktur coding yang lebih ringkas dan sederhana. Berikut perbandingannya:

Contoh Kode Javascript:

<!DOCTYPE HTML>

<html>

<body>

  <p>Before the script…</p>

  <script>

    alert( ‘Hello, world!’ );

  </script>

  <p>…After the script.</p>

</body>

</html>

Contoh Kode Java:

// Your First Program

class HelloWorld {

    public static void main(String[] args) {

        System.out.println(“Hello, World!”);

    }

}

Dari contoh script di atas, Anda pun dapat menulis lebih cepat bukan? Bahkan dengan adanya library yang cukup lengkap, Anda juga dapat menambahkan fungsi dengan lebih mudah.

 

6. Mendukung Native Method

Manfaat Java yang lain dan bisa Anda rasakan dalam pengembangan aplikasi yaitu mendukungnya native method. Hal ini berarti, salah satu fungsi program Java Anda dapat ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman selain Java, misalnya C atau C++. 

Dengan adanya dukungan pada native method ini, Anda pun menjadi lebih mudah dalam menjangkau perangkat keras atau server (sumber daya) yang hanya dapat diakses dengan bahasa pemrograman lain. Sehingga Anda menjadi dapat membuat aplikasi yang lebih kaya fitur. 

 

Kekurangan Menggunakan Java

 

apa-itu-java

Setiap perkembangan teknologi tentunya akan ada kelebihan dan kekurangan, begitu pula pada bahasa pemrograman java ini, berikut beberapa kekurangan dari Java:

1. Membutuhkan Memori yang Banyak

Java memang mempunyai banyak module dan fitur yang memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi. Sayangnya, program berbasis Java ini membutuhkan banyak memori. 

Hal itu karena java virtual machine membutuhkan data dalam pengumpulan sampah memori, kompiler, pembuatan kelas, dan lainnya.Keseluruhan proses tersebut memang mampu dalam membuat aplikasi Java yang aman dan bekerja secara lancar. Namun efek minus ke perangkat yang menjalankan aplikasi Java ini menjadi cenderung akan dapat memakan RAM yang cukup banyak. 

 

2. Mudah Didekompilasi

Kelemahan Java yang kedua adalah mudah didekompilasi. Dekompilasi merupakan proses dalam membalikkan kode menjadi kode sumber. 

Perlu diketahui, bahwa saat program dijalankan, file Java akan dikompilasi menjadi bytecodes platform. Namun, setelah dikompilasi, algoritma dasar pada program Java berefek mudah untuk  dilihat. Jadi, masih terdapat potensi besar aplikasi dapat dibajak.

Untuk mengantisipasinya, Anda membutuhkan upaya dalam meningkatkan keamanan program secara ekstra. Misalnya, dengan menambahkan lisensi terenkripsi. 

 

3. Graphical User Interface (GUI) dengan tampilan Kurang Menarik

GUI atau Graphical User Interface merupakan tampilan dari aplikasi atau website yang berfungsi untuk interaksi dengan pengguna. Beberapa komponen GUI ini contohnya meliputi ikon, menu, tombol, dan lainnya. 

Sayangnya, jika Anda membangun tampilan aplikasi atau website menggunakan Java, hasilnya akan menjadi kurang menarik. Hal ini dikarenakan, manfaat Java biasanya lebih banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi pada bagian back-end.  

Jadi, jika Anda membuat ingin membuat tampilan yang menarik, Anda dapat membuatnya menggunakan JavaScript.  

 

Kesimpulan

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi dan website secara lebih fleksibel dan dapat berjalan diberbagai platform.

Sampai saat ini, Java menjadi bahasa pemrograman yang telah banyak digunakan oleh para developer karena keunggulannya. Di antaranya, mudah untuk diaplikasikan pada beberapa platform, bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, mempunyai library yang lengkap, sampai mudah dipelajari karena mirip dengan bahasa C++.

Tertarik belajar bahasa pemrograman Java? Anda bisa mulai dan buat aplikasi impian Anda. Siapa tahu Anda juga dapat menciptakan aplikasi canggih seperti Spotify, Netflix, dan lainnya.

Semoga bermanfaat 

Untuk mendapatkan informasi artikel dari IDwebhost yang bermanfaat lainnya, Anda dapat mengunjungi halaman website IDwebhost pada bagian blog IDwebhost.

Tidak lupa juga IDwebhost sampaikan, jika Anda saat ini sedang mencari hosting terbaik untuk membangun website Anda, Anda dapat menggunakan layanan hosting dari IDwebhost dan domain lengkap. Selain itu juga terdapat promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Kemudian jika Anda merasa kesulitan dalam membuat website, Anda juga dapat memanfaatkan layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost atau wunik yang masih dalam satu naungan IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.