Trik Mudah Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android
Blog Tips Keren Trik Mudah Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android

Trik Mudah Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android

Surfing, alias berselancar di internet menggunakan smartphone merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Tak seperti 15 tahun yang lalu, keberadaan smartphone. Namun, saat sedang asik internetan, kadang muncul iklan yang cukup mengganggu. Hal ini tentu akan membuat orang bertanya-tanya, “Kok bisa di handphone saya muncul iklannya?” Bagaimana cara menghilangkan iklan di smartphone Android? 

Jika Kamu sedang membaca artikel ini, berarti Kamu sedang beruntung. Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Kamu semua, Sahabat IDwebhost, cara menghilangkan iklan di smartphone Android. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Bisa Muncul Iklan di Smartphone Kamu? 

Pertanyaannya, bagaimana bisa smartphone yang sifatnya pribadi dapat disusupi iklan? Pada dasarnya, iklan adalah salah satu cara dari website untuk mendapatkan penghasilan, termasuk juga aplikasi dan game. 

Umumnya, iklan akan sering muncul pada game atau aplikasi yang versi gratisan. Tidak menutup kemungkinan, game atau aplikasi premium juga sering dihinggapi iklan. Jika dilihat dari sisi positif, iklan dapat mendukung pemilik website dan pengembang untuk dapat lebih berkembang dan mendapatkan penghasilan. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri, iklan yang muncul kerap kali mengganggu interface dan kenyamanan ketika sedang beraktivitas dengan smartphone Android. 

Hingga akhirnya, banyak pengguna Android yang mengeluhkan permasalahan iklan ini. Dan mereka akan mencari solusi untuk menghilangkan iklan dari smartphone Android. 

Jenis Iklan di Smartphone Android

Sebenarnya, ada jenis iklan di handphone Android yang kadang sangat mengganggu. Pertama, iklan sistem, kedua iklan aplikasi, dan iklan virus atau sering disebut sebagai adware. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga jenis iklan yang kerap muncul di smartphone Android: 

Iklan Sistem

Iklan jenis pertama adalah iklan sistem. Jenis iklan ini merupakan iklan bawaan dari Android. Iklan ini akan muncul pada menu notifikasi, dan aplikasi bawaan handphone. Seperti browser pemutar video, pemutar musik, dan lain sebagainya. Namun iklan ini juga bisa muncul di mana saja. 

Iklan Aplikasi 

Kemudian ada yang namanya iklan aplikasi. Jenis iklan yang satu ini bisa saja muncul dari aplikasi berjalan yang tidak diketahui. Biasanya, iklan ini muncul dari aplikasi yang di-root. 

Iklan Virus

Jenis iklan yang ketiga adalah iklan virus atau yang disebut dengan adware. Iklan ini akan muncul di sistem tanpa diketahui penyebabnya. Kemungkinan besar disusupi oleh adware. 

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android 

Munculnya pop up iklan yang tiba-tiba, pada dasarnya merupakan hal yang biasa. Tetapi, apa jadinya jika iklan tersebut muncul terus menerus? Tentu akan sangat mengganggu, bukan? 

Ada beberapa penyebab kemunculan iklan tersebut. Misalnya karena malware dan virus. Nyatanya, kecanggihan teknologi memang diimbangi dengan usaha orang-orang jahat pembuat malware dan virus. Yang harus Kamu tahu, malware atau virus tidak hanya menjangkiti komputer, tetapi juga smartphone. 

Baca Juga: Cara Menempatkan Kode Iklan Google Adsense ke Website

Program ini mampu berkamuflase sebagai aplikasi, serta iklan yang tiba-tiba muncul. Karena itu, tidak semua iklan yang muncul di smartphone Kamu, bisa dikatakan aman. Bisa saja iklan tersebut adalah sebuah potensi bahaya yang mungkin saja tidak kamu sadari. Tetapi tenang, kamu bisa menghilangkan iklan tersebut dengan mudah. Berikut caranya: 

1. Menghapus Aplikasi 

Salah satu kemunculan iklan di smartphone Android, salah satunya disebabkan oleh aplikasi. Cari aplikasi ini dan Kamu bisa menghapusnya. Berikut ini cara menghapus aplikasi: 

  • Masuk ke Play Store
  • Klik foto profil Google di bagian kanan atas, kemudian pilih Aplikasi dan Game Saya
  • Selanjutnya pilih tab Koleksi dan lakukan penyortiran berdasarkan file terbaru atau recent
  • Keluar dari Play Store dan masuk ke menu pengaturan. 
  • Dari menu pengaturan, silakan pilih menu Aplikasi
  • Lalu cari dan pilih aplikasi yang sekiranya berbahaya. 
  • Jika sudah dipilih, matikan smartphone dan restart kembali. Pastikan aplikasi tesebut tidak muncul lagi. 

2. Pengaturan Keamanan

Langkah kedua cara menghilangkan iklan di Android adalah dengan melakukan pengaturan keamanan pada smartphone kamu. Matika fitur yang memungkinkan smartphone mu dari aplikasi yang berasal dari luar Play Store dengan cara berikut ini: 

  • Masuk ke menu Security Setting
  • Pilih opsi “jangan izinkan instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal”
  • Kemudian, lakukan pembaruan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store
  • Pembaruan aplikasi biasanya akan disertai dengan peningkatan keamanan. 

Jangan lupa untuk memastikan izin aplikasi sebelum mendownload dan menginstalnya. Kalau smartphone memberikan notifikasi izin tidak berkaitan, maka sebaiknya carilah aplikasi yang lebih aman. 

Sebagai catatan, ketika menggunakan WiFi untuk melakukan pembaruan aplikasi, gunakan VPN untuk perlindungan data yang lebih maksimal. 

3. Memasang Antivirus

Selain dengan dua cara di atas, Kamu juga bisa menggunakan antivirus untuk menghilangkan iklan di Android. Penggunaan antivirus ini tentu saja untuk menghilangkan adware dan malware yang mungkin ada di penyimpanan sistem smartphonemu. 

Ada berbagai antivirus yang bisa digunakan smartphone Android. Bila bingung dengan banyak pilihan, Kamu bisa coba menginstal antivirus yang menjadi “Pilihan Editor” di Play Store. 

4. Pengaturan Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser default yang ada di smartphone Android. Dengan fitur-fitur yang ada, Kamu bisa melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Dengan Chrome, Kamu bisa menghilangkan ikland di Android dengan mudah. Berikut pengaturan caranya: 

  • Masuk ke browser Google Chrome. 
  • Klik ikon tiga titik di bagian kanan atas halaman, kemudian pilih menu “Settings”. 
  • Pilih Site Settings
  • Klik Pop-up and redirects untuk mengaktifkan fitur blokir iklan pop up otomatis. 
  • Klik Ads untuk memblokir iklan pada website tertentu. 
  • Selain itu, Kamu juga bisa memilih Notifications sampai berubah menjadi blocked untuk memblokir iklan lainnya. 

5. Reset Smartphone 

Jika beragam cara diatas belum berhasil,, kamu bisa mencoba untuk mereset handphone ke mode factory reset. Cara ini dianggap cukup efektif,karena semua data yang ada di smartphone akan dikembalikan seperti baru. 

Sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah mem-backup data penting. 

Penutup

Seiring perkembangan zaman, banyak cara pula yang dilakukan orang untuk melakukan digital marketing. Salah satunya dengan membuat iklan yang muncul di smartphone Android. Kalau kamu tidak suka dengan kemunculan iklan-iklan tersebut, cara menghilangkan iklan di Android diatas bisa dicoba. Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pemblokir iklan di Android. Beberapa diantaranya adalah AdAway, NoRoot Firewall, dan AdBlock Browser. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis