Linux vs Windows: Apa saja perbandingannya?
Blog Tips Keren Linux vs Windows: Apa saja perbandingannya?

Linux vs Windows: Apa saja perbandingannya?

Membicarakan perbedaan Linux dan Windows adalah perdebatan yang tak pernah berakhir. Bagaimana tidak, baik di dunia maya maupun dunia nyata, pembicaraan mana yang terbaik diantara keduanya selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Hal ini kemudian membuat banyak orang penasaran, sesungguhnya apa sih, yang membedakan dua sistem operasi ini. Namun, pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas siapa yang terbaik antara Linux dan Windows. Yang akan dibahas di sini dan kami sajikan pada Sahabat IDwebhost adalah, perbedaan Linux dan Windows yang harus Anda ketahui. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Windows? 

Pertama, mari membahas Windows. Windows adalah sistem operasi berlisensi yang source code-nya tidak mudah diakses. OS ini dirancang untuk bisnis, pengguna komersial, dan bahkan individu yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang komputer. Windows bisa digunakan oleh siapapun dengan mudahnya. 

Versi pertama Windows, yaitu Windows 1.0 pertama kali dirilis pada tahun 1985. Sistem operasi yang satu ini dibangun menggunakan basis MS-DOS. Tak lama setelah versi 1.0 muncul ke publik, Microsoft segera meluncurkan versi terbaru Windows beberapa tahun setelahnya. Termasuk pembaruan besar pada Windows 3.0 pada tahun 1987. 

Hingga kemudian, Windows 95 dirilis pada tahun 1995. Versi Windows yang satu ini menjadi salah satu versi Windows dengan pengguna terbanyak. Windows 95 berbeda dengan versi Windows pendahulunya. Perbedaannya terletak pada penggunaan kernel berbasis DOS 16-bit dan ruang pengguna 32-bit untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Windows sendiri tidak banyak mengubah inti dari arsitektur ini. Sekaligus ditambah dengan beberapa fitur untuk menangani komputasi modern hari ini. 

Baca Juga : Cara Instalasi Monit Server Untuk Memonitor CentOS 7 

Apa Itu Linux? 

Linux adalah sistem operasi berbasis open source dan gratis berdasarkan standar Unix. Sistem operasi yang satu ini menawarkan tampilan interface pemrograman yang kompatibel dengan user interface. Linux sendiri berisi banyak elemen yang dikembangkan secara terpisah dan bebas dari kode berpemilik. 

Linux sendiri diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Ia seorang mahasiswa asal Finlandia yang ingin membuat kernel sistem operasi gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Sejak pertama kali dirilis, Linux menawarkan sistem operasi sederhana, tanpa tampilan grafis seperti Windows. Berawal dari beberapa baris kode pada saat pertama kali dirilis, Linux kini memiliki lebih dari 23 juta baris kode. 

Linux sendiri pertama kali didistribusikan di bawah lisensi publik GNU pada tahun 1992. 

Perbedaan Linux dan Windows

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang terdapat pada Linux dan Windows: 

User

Perbedaan Linux dan Windows yang pertama ada di sisi user. Terdapat tiga jenis user di Linux. Yaitu, reguler, administrative (root), dan service users. Berbeda dengan Linux, Windows memiliki 4 jenis akun users. Yaitu administrator, standard, child,dan guest. 

Jumlah Pengguna

Menurut riset pasar, lebih dari 92% komputer di dunia ini berjalan menggunakan sistem operasi Windows. Sedangkan Linux, hanya kebagian 1% pengguna saja. Bukan tanpa alasan mengapa Windows sangat populer. Pertama, banyak orang yang kesulitan menggunakan Linux, dan Windows menawarkan kemudahan yang tidak ada pada Linux. Ini membuat daya tarik Linux sangat terbatas pada kalangan tertentu saja. 

Selain itu, yang membuat Windows mendominasi pasar sistem operasi saat ini adalah perjanjian lisensi antara Microsoft selaku pemilik Windows, dengan berbagai vendor komputer. Hal ini membuat vendor komputer menyematkan Windows pada setiap komputer yang mereka jual. Maka tak heran, popularitas Windows jauh melebihi Linux. Meskipun beberapa perusahaan komputer mulai memberikan Linux sebagai sistem operasi pre install di produknya, sepertinya akan sangat sulit untuk mendongkel Windows sebagai penguasa pasar. 

Kernel 

Linux menggunakan kernel monolitik yang memakan banyak ruang memori. Berbeda dengan Windows yang menggunakan kernel mikro, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih sedikit, tetapi mengorbankan sisi efisiensi. 

Baca Juga : Perintah Dasar Linux yang Harus Anda Tahu

File Systems

Perbedaan selanjutnya ada pada sistem file. Di Microsoft, disimpan dalam direktori /folder pada drive data yang berbeda, seperti C:, D:, dan E:. Berbeda halnya dengan Linux. Di Linux, semua file diurutkan dalam struktur yang dimulai dengan direktori root  dan bercabang ke berbagai sub direktori lainnya. 

Dan di Linux pula, semua hal diperlakukan sebagai file. Direktori adalah file, pun begitu dengan file, sampai pada perangkat yang terhubung secara eksternal. Seperti printer, mouse, dan keyboard, semua dianggap sebagai file. 

Keamanan 

Sebagai pengguna Windows, tak jarang mengalami keamanan dan disabilitas. Hal ini tak lepas dari banyaknya peretas yang mengirim spam dengan target pengguna Windows. Windows versi konsumen pada awalnya dirancang untuk kemudahan single user tanpa koneksi jaringan dan tidak memiliki fitur keamanan bawaan. 

Seringkali pengguna Windows mengalami blue screen yang disebabkan kegagalan sistem memberikan respon tugas. Untuk mengatasi ini, Microsoft sering merilis patch keamanan lewat Windows Update. 

Di sisi lain, Linux merupakan OS berbasis pada arsitektur multi user, sehingga membuatnya lebih stabil dari Windows. Karena berbasis komunitas, sangat sering problem yang muncul di Linux dapat diselesaikan oleh community support anggotanya. 

Kompatibilitas 

Untuk urusan kompatibilitas, bisa dikatakan Windows lebih baik dari Linux. Setertinggal apapun versi OS Windows, pengguna masih bisa menggunakannya. Sedangkan Linux, di sisi lain masih berupaya untuk mengatasi hal ini. 

Kemudahan Penggunaan 

Selama beberapa tahun terakhir, Linux telah mengalami progres yang signifikan dalam kemudahan penggunaan. Contohnya seperti Mint dan Ubuntu. Dua distribusi Linux ini telah membuat proses instalasi dan pengaturan menjadi lebih mudah bagi pengguna awam. 

Sedangkan Windows, karena telah tersedia dalam setiap komputer yang ada di dunia, membuat orang-orang lebih familiar dengan sistem operasi perusahaan milik Bill Gates ini. 

Privasi 

Linux memiliki sistem privasi yang lebih baik dibandingkan dengan Windows. Linux tidak memata-matai apapun yang dilakukan oleh penggunanya. Sehingga privasi lebih terjamin. 

Berbeda halnya dengan Linux, Windows tahu semua yang dilakukan penggunanya. Data ini kemudian dilakukan untuk meningkatkan kinerja Cortana, asisten digital buatan Microsoft. Namun, masalah privasi ini masih banyak mengundang perdebatan. 

Penutup 

Pada akhirnya, artikel ini bukan untuk mencari siapa yang terbaik diantara Linux dan Windows. Namun lebih pada kebutuhan. Linux berbasis open source, sedangkan Windows. Jika Anda butuh OS yang dapat mengakomodasi multimedia dan pemrograman, Linux telah support hampir semua platform multimedia dan bahasa pemrograman. 

Sedangkan untuk kebutuhan gaming, jelas Windows lebih unggul. Karena nyaris banyak game yang menggunakan Windows sebagai sistem operasi standar bersama Mac OS. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia. 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis