idwebhost Bikin Website Sekarang

Tingkatkan SEO Website Anda Dengan AMP

19 Mei 2019
Tingkatkan SEO Website Anda Dengan AMP campaign-unlimited

Bagi Anda yang berlangganan berita SEO, Anda pasti mengetahui bahwa Google sekarang memasukkan mobile friendliness sebagai salah satu kriteria dalam menentukan ranking website Anda. Selain untuk memperkenalkan Progressive Web Apps (PWA), Google juga memperkenalkan Accelerated Mobile Pages atau AMP. Di artikel ini, IDwebhost akan membahas mengenai apa itu AMP, bagaimana cara meningkatkan seo website anda dengan Amp, apa saja keuntungan AMP, serta berbagai plugin untuk website WordPress.

Apa itu AMP ?

IDwebhost

AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Page. Diperkenalkan pada tahun 2016, AMP adalah sebuah program open source dari Google yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik. Tujuan dibuatnya halaman website versi tersebut adalah memberikan halaman website yang memang sudah dioptimasi supaya loading lebih cepat pada mobile. Halaman ini mempunyai waktu loading yang lebih cepat dibandingkan dengan halaman website biasa. Kenapa bisa begitu?

Pada dasarnya, AMP merupakan halaman HTML yang didesain supaya lebih ringan dibandingkan dengan halaman website biasa serta loading lebih cepat. Untuk mencapai itu, ada beberapa tags HTML yang tidak bisa Anda pakai. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memakai CSS yang lebih efisien. Memang Anda dapat menggunakan kebanyakan kode CSS tetapi kode yang memberatkan tidak bisa Anda pakai. JavaScript juga tidak disarankan untuk dipakai di AMP. Kalau Anda ingin memakai JavaScript, Anda perlu memanfaatkan library JavaScript yang dapat memberi Anda berbagai pilihan kode yang dapat Anda pakai pada halaman website AMP.

Baca juga : Cara Handal Meningkatkan Kecepatan & Kinerja WordPress

Jadi, seluruh halaman AMP memang didesain khusus supaya bisa dibaca dengan cepat. Gambar tidak akan bisa di load sampai Anda scroll ke bagian gambar. Selain itu halaman situs jenis ini juga didesain supaya bisa di cache sehingga Google dapat meng host halaman-halaman ini, meng host konten Anda langsung di Google, sehingga mereka tidak perlu lagi mem fetch konten dari situs Anda.

Cara Kerja AMP

Cara Kerja AMP
IDwebhost

Mungkin Anda penasaran bagaimana cara kerjanya. AMP me render halaman Anda memakai kode HTML yang sudah dioptimasi. Halaman-halaman tersebut diharapkan akan loading dengan lebih cepat karena tag kode HTML yang dianggap dapat memperlambat proses loading sudah dihilangkan. Jika halaman Anda memakai kode-kode JavaScript yang tidak disarankan untuk dipakai, maka scriptnya tidak akan dirender pada halaman AMP Anda.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya AMP Anda bisa berjalan dengan baik. Dua yang sudah disebutkan diatas adalah dengan memastikan bahwa Anda memakai CSS yang efisien dan kode JavaScript yang ada di library JavaScript yang dikhususkan untuk AMP. Selain itu, supaya website AMP bekerja, Anda perlu memvalidasi AMP dengan benar.

Jika Anda memerlukan formulir pada halaman situs Anda, Anda tidak bisa memasukkannya ke halaman AMP dikarenakan formulir tidak diperbolehkan. Selain itu, jika Anda memakai fonts kustom, mereka harus di loading secara khusus. Untuk Anda yang ingin memasukkan video, Anda perlu memakai extensions yang memang bisa dipakai untuk AMP. Untuk gambar, Anda perlu memastikan dimensi gambar sudah betul supaya tidak terlihat aneh ketika loading di halaman AMP.

Jadi, ketika Anda mengintegrasikan plugin serta memakainya untuk meningkatkan kecepatan halaman mobile Anda, yang terpenting bagi Anda adalah kecepatan dan seberapa mudah halaman itu dapat dibaca di mobile device. Jika Anda memikirkan tentang sosial share dan sebagainya, Anda tidak akan mendapatkannya di AMP. Tombol share sosial Anda tidak akan ditampilkan dengan benar, karena sebagian dari mereka dikembangkan memakai JavaScript.

Bagaimana AMP Mempengaruhi Hasil Pencarian ?

Mungkin Anda bingung bagaimana sebenarnya AMP dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian)? Untuk saat ini, memang AMP hanya khusus untuk mobile. Namanya saja Accelerated Mobile Pages. AMP sendiri mempunyai tampilan seperti carousel, terutama untuk artikel-artikel yang jenis berita karena memang AMP dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan UE (user experience) dalam membaca artikel hasil pencarian.

Jika Anda memakai mobile dan melihat ada tanda petir, coba anda buka karena itu menandakan bahwa halaman tersebut sudah dioptimasi pada mobile device. Pasti loadingnya lebih cepat dan Anda dapat swipe ke kiri atau kanan untuk membaca lebih banyak artikel lagi. Jadi dengan adanya AMP, Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih mudah diakses dan dapat dibaca dengan cepat.

Bagaimana AMP Mempengaruhi Hasil Pencarian
IDwebhost

Keuntungan Menggunakan AMP

Anda pasti mengetahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecepatan website, page views, serta ranking search engine. Jadi, kalau website Anda loadingnya cepat maka pengunjung akan melanjutkan untuk melihat-lihat halaman lain pada website Anda. Dengan begitu, bounce rate anda berkurang. Kalau bounce rate Anda rendah, maka Google akan menambahkan point ke halaman website Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian google atau search engine result page (SERP). Sebenarnya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai AMP. Berikut ini 5 keuntungan utama jika Anda memutuskan untuk memakai AMP :

Waktu loading yang lebih cepat

Siapa yang tidak menyukai kalau website yang dikunjungi loadingnya cepat? kecepatan website adalah faktor yang utama dalam SEO. Konten yang berkualitas tentu penting tetapi jika halaman website Anda susah diakses, pengunjung juga tidak akan mau membacanya. Menurut sebuah studi, delay selama 1 detik pada mobile browser dapat mengurangi conversion rate sebesar 3.50%, mengurangi pageviews sebesar 9.40%, serta meningkatkan bounce rate sampai dengan 8.30%. Inilah mengapa Anda perlu memastikan bahwa halaman browser mobile Anda harus loading dengan waktu cepat. AMP bisa membantu Anda untuk mencapainya. Jika halaman mobile Anda memerlukan loading lama, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan target pengunjung Anda dan kehilangan kesempatan untuk mengubah mereka menjadi customer.

Meningkatkan ranking SEO

Meskipun AMP bukan untuk meningkatkan ranking, tetapi karena AMP untuk mempercepat waktu loading dan mobile friendliness, maka itu akan mempengaruhi ranking SEO juga akan meningkat. Jadi website yang memakai AMP pasti akan mendapat poin lebih dari Google dibandingkan dengan website yang lambat dan tidak responsive.

Visibilitas yang lebih tinggi

Google menandai hasil pencarian yang mempunyai AMP. Biasanya mereka muncul di bagian atas hasil pencarian. Dengan begitu, artikel serta website Anda akan mendapat visibilitas yang lebih tinggi. Dan juga, SERP Google juga menampilkan konten AMP dalam format carousel serta gambar yang cukup besar. Ini tentu akan menarik perhatian user dan konten yang muncul di carousel tersebut akan mendapatkan traffic yang tinggi.

AMP mendukung Ads

AMP juga mendukung ads atau iklan. Tujuannya untuk menampilkan ads dengan loading cepat dan mempunyai konten yang bagus serta menarik perhatian pengguna. Ini akan membantu advertiser untuk meningkatkan influence mereka serta meningkatkan ROI.

Analytics untuk pengunjung AMP

Sekarang, semua pemilik situs tentu ingin melacak perilaku pengunjung situsnya. Anda tidak perlu khawatir lagi karena AMP juga mendukung itu. Anda dapat memilih satu dari dua tag yang telah disediakan. Tag ini bekerja untuk melacak data pengunjung situs seperti jumlah pengunjung, conversion, tracking video serta link, dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan google AMP
IDwebhost

3 Plugin AMP untuk Website WordPress

Untuk membuat AMP pribadi, Anda dapat membangun AMP dari nol menggunakan coding. Tetapi, jika Anda mempunyai website WordPress, Anda dapat menggunakan plugin untuk membangun AMP Anda. Berikut ini beberapa plugin AMP terbaik untuk website WordPress.

AMP for WP – Accelerated Mobile Pages

AMP for WP merupakan plugin all in one yang akan mengoptimasi website WordPress Anda untuk AMP. AMP for WP menawarkan extension, opsi support, dan fitur yang banyak sehingga Anda dapat mengkustomisasinya. AMP untuk WP juga mempunyai update regular untuk memperbaiki fix, penambahan fitur, serta melakukan test kinerja sistem. Plugin ini mudah digunakan dan mempunyai reputasi andal, responsive, serta fleksibel.

AMP for WordPress

AMP merupakan plugin AMP yang disarankan untuk startups, blogs, dan website editorial yang memakai WordPress. AMP merupakan plugin yang cocok untuk user pemula dan bagi Anda yang baru mulai belajar cara optimasi AMP untuk website WordPress. Sayangnya, AMP kurang cocok untuk situs yang lebih berat.

Glue for Yoast SEO & AMP

Mungkin banyak dari Anda yang memakai Yoast SEO untuk membantu meningkatkan ranking SEO situs Anda. Yoast juga ada plugin yang bisa membantu Anda untuk membangun AMP. Plugin ini berfungsi sebagai penghubung antara Yoast SEO dengan AMP website WordPress Anda. Dengan plugin ini, user bisa mendapatkan keuntungan dari integrasi SEO dan optimasi konten website WordPress Anda terutama pada mobile. Dengan begitu, website Anda bisa mendapatkan ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost telah membahas tentang AMP. Karena hubungan yang signifikan antara kecepatan situs, page views, dan ranking SEO, AMP dapat membantu Anda untuk mencapai ranking lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Jika Anda menginginkan bisa membangun halaman AMP dengan cepat, Anda bisa memakai plugin untuk membantu Anda. Di artikel ini, IDwebhost sudah memberi Anda beberapa pilihan plugin AMP terbaik untuk website WordPress. Jika Anda ingin berbagi pengalaman atau punya pertanyaan, Anda dapat meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini. Sebagai penyedia cloud hosting Indonesia, kami ingin terus membantu Anda melalui konten menarik di blog kami. Semoga artikel ini dapat membantu ya!