Apa Itu SERP? Apa Penting buat SEO?
Blog SEO Apa Itu SERP? Apa Penting buat SEO?

Apa Itu SERP? Apa Penting buat SEO?

SERP bagi sebagian orang yang sedang memulai belajar SEO dari awal bisa jadi masih bingung dengan pengertian dan juga fungsinya.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang belajar SEO atau sudah kenal SEO tapi ingin memperdalam ilmu SEO lagi, Anda dapat mempelajari SERP pada artikel ini. Berikut penjelasannya lebih lengkapnya.

 

Daftar Isi :

 

 

Apa itu SERP?

 

apa-itu-serp

SERP atau Search Engine Results Pages adalah hasil tampilan halaman penelusuran yang telah diketik oleh pengguna di kolom pencarian pada search engine seperti Google.

Hasil dari SERP terdiri dari pencarian organik dan juga berbayar.

Perbedaan yang bisa dilihat adalah jika pada berbayar terdapat icon yang bertuliskan ad, iklan dsb yang menunjukan bahwa hasil yang tertampil di pencarian tsb adalah hasil dari pemilik website yang membayar search engine seperti Google. 

Sedangkan untuk organik hasil pencarian yang tertampil tanpa ada tanda iklan seperti hasil pada penelusuran yang berbayar.

 

 

Apa Pentingnya SERP untuk SEO?

 

apa-pentingnya-serp-untuk-seo

SERP menjadi alasan utama dari semua praktik SEO yang telah diterapkan supaya website yang dioptimasi berada di SERP dengan harapan berada di posisi teratas hasil pencarian organik.

Jadi mudahnya, SEO merupakan cara tidak berbayar agar website dapat tertampil di SERP.

SERP juga menguntungkan website yang memiliki banyak halaman agar salah satu atau beberapa halamannya dapat muncul di pencarian.

Kebanyakan orang melakukan klik di hasil pencarian pada halaman pertama SERP dan hampir tidak banyak yang melakukan pencarian di halaman kedua. 

Jadi, peran SERP sangat penting sebagai hasil akhir dari upaya optimasi SEO yang dilakukan agar bertujuan menarik trafik kunjungan sebanyak-banyaknya dan alhasil mengantarkan ke tujuan pembelian produk di website yang di miliki.

 

 

Cara Website Muncul di SERP

 

cara-website-muncul-di-serp

SERP terdiri dari iklan berbayar, hasil organik, dan fitur SERP.  Berikut penjelasan lengkapnya

1. Iklan Berbayar

Ketika Anda menggunakan iklan berbayar, website Anda akan muncul di SERP dengan ditandai icon yang menunjukan pencarian tersebut merupakan hasil iklan (tanda: ad atau iklan).

Cara memunculkan website di SERP dengan metode iklan berbayar ini disebut dengan teknik Search Engine Marketing atau SEM. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memenangkan bidding pada iklan yang telah Anda set agar iklan Anda bisa berada di peringkat atas di SERP.

Metode yang digunakan ini dikenal dengan nama Pay Per Click (PPC). Jadi Anda dikenakan biaya iklan jika ada orang yang melakukan klik pada iklan Anda. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan anggaran khusus pada iklan ini.

 

2. Hasil Organik dengan Optimasi SEO

Berbeda dengan metode iklan berbayar, metode pada poin 2 ini lebih menekankan pada upaya secara natural yaitu dengan optimasi SEO.

Nah agar website Anda dapat muncul di search engine results pages ini, maka Anda perlu memeriksa Meta Tag, yang terdiri dari meta title (judul), URL slug, dan meta description.

Untuk penjelasannya sebagai berikut :

  • Meta Title adalah judul yang akan ditampilkan pada bagian paling atas di hasil pencarian. Tujuannya adalah agar dapat memberikan informasi tentang isi konten Anda kepada pengunjung.
  • URL Slug adalah URL/permalink pada website Anda yang menerangkan maksud atau poin utama konten yang dibangun dengan serangkaian link.
  • Meta Description adalah konten website yang dirangkum agar pengunjung dapat mengetahui deskripsi singkat mengenai konten yang Anda buat di website Anda.

Kemudian, hasil pencarian organik di SERP, semuanya diambil dari database yang memuat miliaran website yang dikenal dengan nama Google Index. Artinya, website Anda penting untuk masuk ke Google Index agar dapat tertampil di SERP meskipun masuk ke nomor halaman SERP manapun.

 

3. Fitur SERP

Berikut fitur SERP yang dapat Anda gunakan sebagai upaya untuk optimasi SEO pada website Anda:

3.1. Featured Snippets

Featured Snippet adalah fitur yang disediakan search engine seperti Google yang berguna untuk menampilkan cuplikan konten pada salah satu website yang berisi informasi paling relevan terhadap kata kunci tertentu. Umumnya, Featured Snippet ini berada pada posisi di atas SERP.  Featured Snippet juga dikenal dengan ranking #0.

 

3.2. Rich Snippets

Rich Snippets merupakan versi lebih lengkap dari hasil pencarian pada umumnya. Selain itu, juga memuat hasil review dari sebuah website. Untuk itulah, hasil pencarian makin menjadi terlihat lebih menonjol di SERP.

 

3.3. Knowledge Cards

Knowledge Cards merupakan fitur yang menampilkan jawaban singkat dari kata kunci yang dicari. Fitur search engine results pages ini dapat muncul dengan berbagai format. 

Contoh jika Anda mengetikkan pencarian  “berapa usia mohamed salah“ maka muncul jawaban usianya tanpa Anda perlu masuk ke halaman websitenya.

Atau jika Anda ingin mengkonversi dari dollar ke rupiah, Anda dapat mengetikan kata kunci dollar ke rupiah maka akan tertampil kolom konversi dan Anda dapat melakukan input konversi dollar ke rupiah tanpa perlu masuk ke halaman website.

 

3.4. Knowledge Panel

Knowledge Panel merupakan fitur SERP yang memberitahukan informasi utama pada kata kunci.

Jika di mobile, fitur ini akan tertampil pada bagian atas SERP dan di komputer tertampil pada bagian kanan layar.

 

3.5. Kumpulan Gambar

Kumpulan Gambar atau image packs akan memberitahukan thumbnails dari berbagai gambar yang disesuaikan dengan kata kunci yang dicari. Pada umumnya, fitur search engine results pages memberikan pada posisi atas pada hasil pencarian.

 

3.6. Berita Utama

Top Stories merupakan fitur yang menampilkan artikel/berita terbaru dan video sesuai kata kunci pencarian.  Fitur ini akan menampilkan thumbnail gambar, judul, nama website, serta waktu rilis berita.

Contohnya jika Anda mengetikan kata kunci “Presiden Jokowi” maka akan tertampil informasi berita-berita tentang presiden jokowi beserta thumbnail gambar, judul, nama website serta waktu rilis berita.

 

3.7. People Also Ask

Fitur ini menampilkan pertanyaan yang biasa ditanyakan orang terkait kata kunci tertentu. Jadi di dalam kotak daftar pertanyaan akan menampilkan jawaban singkat atas pertanyaan yang berkaitan dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna.

 

3.8. Hasil Belanja

Fitur ini akan menampilkan iklan pada produk yang relevan dengan kata kunci terutama yang mempunyai maksud untuk membeli produk. Misalnya, “Beli laptop murah” atau “Beli HP murah”.

 

3.9. Kotak Twitter

Kotak Twitter merupakan fitur yang menampilkan tweet terbaru yang relevan dengan kata kunci tertentu. Google lebih mendukung tweet yang bersumber pada akun Twitter resmi.

 

3.10. Sitelink

Sitelink menampilkan halaman-halaman paling populer di website Anda dan ditampilkan tepat di bawah hasil pencarian organik setelah meta description pada website Anda.

 

3.11. Hasil Pencarian Video

Fitur ini menampilkan hasil pencarian informasi berupa video yang telah di upload di youtube. Informasinya terdiri dari judul, tanggal upload, pihak yang mengupload, durasi video, dan juga deskripsi singkat dari video tsb.

 

Kesimpulan

Sebagai pemilik website, praktisi SEO, ataupun content creator, website yang Anda kelola perlu sekali agar dapat masuk ke SERP agar website Anda mendapatkan peringkat pencarian dengan tujuan mendatangkan trafik dan juga konversi penjualan.

Anda dapat menerapkan cara optimasi website agar dapat muncul di SERP dengan mengikuti artikel yang telah dibahas ini.

Semoga bermanfaat

Baca juga perkembangan informasi seputar teknologi, bisnis dsb di bagian blog IDwebhost secara gratis, 

Selain itu jika Anda memerlukan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost yang memiliki promo hosting dan domain setiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.