Cara Handal Meningkatkan Kecepatan & Kinerja WordPress
Blog Tips Keren

Cara Handal Meningkatkan Kecepatan & Kinerja WordPress

Kecepatan situs web yang sangat cepat memainkan peran penting dalam meningkatkan lalu lintas dan pendapatan. Pada dasarnya, situs WordPress yang lambat dapat mengganggu akses pengunjung yang juga merusak reputasi website Anda. Halaman pemuatan cepat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan tampilan halaman Anda, dan membantu dengan SEO WordPress Anda. Pada artikel ini, saya akan membagikan tips pengoptimalan kecepatan WordPress yang paling berguna untuk meningkatkan kinerja WordPress dan mempercepat situs web Anda.

Jangan Lupa Untuk Mengkompresi Gambar

Meskipun citra web yang menakjubkan adalah suatu keharusan, sering kali hal ini bisa mengakibatkan situs menjadi lebih lambat. Bahkan terkadang, gambar terdiri lebih dari setengah ukuran halaman. Ukuran halaman yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk dimuat dan dapat menyebabkan pengurangan kinerja. Agar beban WordPress lebih cepat, Anda harus selalu mengkompres gambar agar ukurannya lebih kecil. Anda dapat menginstal plugin seperti WP Smush untuk mengurangi ukuran file gambar Anda dan menghapus metadata tersembunyi yang mungkin mengambil ruang yang tidak diperlukan. Jika Anda memilih untuk mengekspor gambar Anda dari editor seperti Photoshop atau Lightroom, sebagai aturan praktis untuk mengunggah web, resolusi gambar harus disetel menjadi 72 dpi dan disimpan dalam format JPEG (atau PNG untuk grafis yang tajam, seperti logo).

Menurut IDwebhost format gambar yang paling sering digunakan adalah JPEG dan PNG. Untuk gambar PNG tidak terkompresi, sehingga memiliki kualitas yang lebih tinggi dengan lebih detail. Kekurangannya adalah ukuran file yang lebih besar, jadi perlu waktu lebih lama untuk memuat. Sementara JPEG merupakan format file terkompresi yang memiliki kualitas gambar lebih rendah, tetapi ukurannya jauh lebih kecil.

Jadi bagaimana kita memutuskan format gambar mana yang harus dipilih?

Jika foto atau gambar kami memiliki banyak warna berbeda, maka gunakanlah JPEG. Namun apabila gambar terlihat lebih sederhana atau gambar transparan, maka gunakanlah PNG. Di bawah ini adalah grafik perbandingan ukuran file dan alat kompresi yang bisa Anda gunakan.

File dan Alat Kompresi Gambar
File dan Alat Kompresi Gambar

Pengiriman Konten Tercepat Dengan CDN

Tanpa berinvestasi dalam CDN, konten di situs web Anda mungkin tidak dioptimalkan untuk pengiriman global yang cepat. Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan global server yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk mengakses aset statis, seperti gambar, JavaScript, stylesheet, dan lainnya, dari server yang secara geografis lebih dekat dengan mereka. Ini menghasilkan pengiriman konten cepat, serta Anda tidak perlu khawatir tentang latensi antara browser dan server. Jika Anda menggunakan layanan kami, teknologi CDN kami merupakan salah satu arsitektur WordPress yang paling skalabel di planet ini.

Jalankan Diagnosis Kecepatan Situs

Pelacakan kecepatan situs disarankan jika Anda menginstal plugin atau membuat perubahan lain ke situs Anda dan ingin melihat bagaimana pengaruhnya terhadap waktu pemuatan situs. Untuk menganalisis kecepatan beban, coba gunakan alat seperti WordPress Speed Test untuk tips kecepatan situs WordPress agar membuat situs Anda berjalan lebih baik. Atau jika Anda adalah pelanggan WP Engine, sebaiknya gunakan Kinerja Laman dalam Page Performance untuk melacak dan menguji kinerja laman web Anda terhadap perubahan situs. Dengan Page Performance, Anda bahkan dapat menjadwalkan tes rutin yang dikirim ke kotak masuk Anda sehingga Anda tidak harus menyiapkannya secara manual.

Gunakan Kutipan di Beranda dan Arsip

Secara default, WordPress menampilkan konten lengkap setiap artikel di beranda dan arsip Anda. Ini berarti beranda, kategori, tag, dan halaman arsip Anda lainnya akan memuat lebih lambat. Untuk mempercepat waktu pemuatan Anda untuk halaman arsip, Anda dapat mengatur situs untuk tidak menampilkan konten secara lengkap. Anda dapat menavigasi ke Setting » Reading dan Pilih “For each article in a feed, show: Summary” bukan “Full Text”

Jaga Situs WordPress Anda Tetap Diperbarui

Menjaga Situs WordPress Anda Tetap Diperbarui
Menjaga Situs WordPress Anda Tetap Diperbarui

Sebagai proyek open source yang terawat baik, WordPress sering diperbarui. Setiap pembaruan tidak hanya akan menawarkan fitur baru, tetapi juga memperbaiki masalah keamanan dan bug. Tema WordPress dan plugin Anda juga mungkin memiliki pembaruan rutin. Sebagai pemilik situs web, Anda bertanggung jawab menjaga situs WordPress, tema, dan plugin Anda diperbarui ke versi terbaru. Tidak melakukannya dapat membuat situs Anda lambat dan tidak dapat diandalkan, dan membuat Anda rentan terhadap ancaman keamanan.

Bagi Komentar ke Halaman

Bagi Komentar ke Halaman
Bagi Komentar ke Halaman

Mendapatkan banyak komentar di posting blog Anda? Selamat! Itu adalah indikator hebat dari audiens yang terlibat. Namun, kelemahannya adalah memuat semua komentar tersebut dapat mempengaruhi kecepatan situs Anda. WordPress hadir dengan solusi bawaan untuk itu. Cukup buka Setting » Discussion dan centang kotak di samping opsi” Break comments into pages “.

Jangan Mengunggah Video Langsung ke WordPress

Anda dapat langsung mengunggah video ke situs WordPress Anda, dan secara otomatis akan menampilkannya dalam pemutar HTML5. Namun jangan lakukan itu. Hosting video akan membebani bandwidth Anda. Hosting video juga meningkatkan ukuran cadangan Anda secara luar biasa, dan menyulitkan Anda untuk memulihkan WordPress dari cadangan. WordPress memiliki fitur embed video built-in, sehingga Anda dapat menyalin dan menempel URL video Anda langsung ke dalam posting dan itu akan disematkan secara otomatis.

Gunakan Tema IDwebhost yang Dioptimalkan untuk Kecepatan

Saat memilih tema WordPress untuk situs web Anda, penting untuk memberi perhatian khusus pada pengoptimalan kecepatan. Beberapa tema yang mengesankan tidak dikodekan dengan baik dan dapat memperlambat jalannya situs Anda. Biasanya lebih baik menggunakan tema yang lebih sederhana dan menggunakan plugin berkualitas untuk mendapatkan fitur yang Anda butuhkan, daripada memilih tema yang penuh dengan tata letak rumit, animasi yang mencolok, dan fitur lain yang tidak perlu. IDwebhost menawarkan tema yang dikodekan dengan baik dan dioptimalkan untuk kecepatan.

Kurangi Permintaan HTTP Eksternal

Banyak plugin dan tema WordPress memuat semua jenis file dari situs web lain. File-file ini dapat mencakup skrip, stylesheet, dan gambar dari sumber daya eksternal seperti Google, Facebook, layanan analitik, dan sebagainya. Tidak apa-apa untuk menggunakan beberapa ini. Banyak dari file ini dioptimalkan untuk dimuat secepat mungkin, jadi lebih cepat daripada menghostingnya di situs web Anda sendiri. Tetapi jika plugin Anda membuat banyak permintaan ini, maka hal itu bisa memperlambat situs web Anda secara signifikan.

Batasi Revisi Posting

Revisi posting mengambil ruang di database WordPress Anda. Beberapa pengguna percaya bahwa revisi juga dapat memengaruhi beberapa kueri basis data yang dijalankan oleh plugin. Anda dapat dengan mudah membatasi jumlah revisi yang disimpan WordPress untuk setiap artikel. Cukup tambahkan baris kode ini ke file wp-config.php Anda.

define (‘WP_POST_REVISIONS’, 4);

Kode tersebut akan membatasi WordPress hanya menyimpan 4 revisi terakhir dari setiap posting atau halaman, dan membuang revisi lama secara otomatis.

Mengoptimalkan Database WordPress

Mengoptimalkan Database WordPress
Mengoptimalkan Database WordPress

Setelah menggunakan WordPress untuk sementara waktu, basis data Anda akan memiliki banyak informasi yang mungkin tidak Anda perlukan lagi. Untuk meningkatkan kinerja, Anda dapat mengoptimalkan database Anda untuk menyingkirkan semua informasi yang tidak perlu. Ini dapat dengan mudah dikelola dengan plugin WP-Sweep Plugin. Hal ini memungkinkan Anda untuk membersihkan database WordPress dengan menghapus hal-hal seperti posting sampah, revisi, tag yang tidak digunakan, dll. Ini juga akan mengoptimalkan struktur database Anda hanya dengan sekali klik.

Dengan menggunakan praktik terbaik pengoptimalan WordPress dan kiat kecepatan dasar yang tercantum di atas, Anda akan melihat peningkatan besar dalam waktu pemuatan situs Anda. Kiat-kiat berikut sedikit lebih teknis, dengan beberapa yang mengharuskan Anda untuk memodifikasi file situs Anda atau memiliki pemahaman dasar tentang PHP. Anda harus memastikan untuk membuat cadangan situs Anda terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Dan IDwebhost hadir sebagai hosting terbaik untuk menunjang kebutuhan Anda dalam mengembangkan website bersama wordpress.

 

 

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.