Loading...

Panduan Verifikasi Domain ke Google Search Console Melalui DNS

Apa Itu Google Webmaster Tools? Ini Penjelasannya.

Google Webmaster Tools adalah tools yang disediakan oleh Google untuk para publisher agar website mereka lebih gampang ditemukan di search engine Google. Alat bantu ini menyediakan laporan berikut data yang dapat memudahkan Anda untuk memahami bagaimana halaman website Anda bisa muncul di hasil pencarian.

Anda bisa mengetahui search query dimana halaman dari website Anda muncul di hasil pencarian dan seberapa sering diklik oleh audiences. Data ini bisa membantu Anda meningkatkan artikel yang pernah Anda tulis, membantu proses penulisan artikel baru, hingga menentukan strategi terbaik bagi website Anda.

Google Webmaster Tools ini juga memungkinkan Anda untuk mengajukan XML sitemap dari website atau situs Anda, mengecualikan URL, serta juga membantu Google menampilkan konten yang paling penting dari website Anda.

Disamping itu, tool ini juga bisa memberikan notifikasi kepada Anda apabila terjadi atau terdapat masalah dengan situs Anda dimana Google akan memiliki hak untuk menghentikan crawling dan tidak lagi mengindeks website Anda.

Apa Saja Manfaat Google Webmaster Tools?

Sudah banyak pemilik website bisnis yang mengenali apa itu Google Webmasters Tools dimana sebuah alat gratis dengan basis web sehingga bisa menghadirkan beberapa hal penting. Dari Google Webmasters ini, Anda bisa melihat beberapa hal penting mulai dari Google Index, Crawl, Search Appearance,hingga Security Issues. Jadi akan lebih lengkap bila kita bahas satu per satu dari manfaat utama Google Webmasters tersebut.

Langkah 1. Dapatkan kode verfikasi webmaster

1. Akses dan login menggunakan akun Gmail Anda ke alamat https://search.google.com/search-console/welcome

2. Kemudian Klik bagian Domain lalu masukan nama domain Anda dan klik Continue

3. Pastikan memilih opsi Any DNS Provider
Tersedia dua opsi verifikasi Google Search Console, yaitu melalui setting DNS atau melalui file HTML namun di panduan ini kita akan fokus seting menggunakan DNS.

Selanjutnya silahkan dapat dipilih sesuai dengan layanan yang Anda miliki di IDwebhost, apabila hanya domain saja kami menyarankan untuk seting dari Kelola DNS member area, jika Anda memiliki hosting maka dapat melakukan seting dari panel Plesk/Cpanel hosting Anda.

1. Verifikasi melalui cPanel (Layanan Domain dan Hosting)

Panduan ini akan digunakan apabila Anda memiliki layanan domain dan hosting atau, yang fitur DNS dilakukan melalui cPanel. Langkahnya sebagai berikut :

  • Login ke cPanel melalui namadomain/cpanel
  • Klik menu Zone Editor > lalu klik tombol Manage pada domain yang akan Anda setting.
  • Buat TXT record seperti gambar berikut, jika sudah klik Add Record
  • Tunggu proses resolve dns dahulu selama 30 menit kemudian klik Verify pada panel Google Console Anda.

2. Verifikasi melalui Plesk Panel (Layanan Domain dan Hosting)

Panduan ini akan digunakan apabila Anda memiliki layanan domain dan hosting atau, yang fitur DNS dilakukan melalui Plesk. Langkahnya sebagai berikut :

  • Login ke Plesk Panel melalui link http://namadomain:8443
  • Klik menu DNS Setting
  • Klik tombol¬†Add Record
  • Lalu Tambahkan DNS record TXT dan klik OK

3. Verifikasi Melalui Member Area (Jika hanya order domain saja tanpa hosting)

Panduan ini akan digunakan apabila Anda memiliki layanan domain saja tanpa hosting, yang fitur DNS hanya dapat dilakukan melalui Member Area. Langkahnya sebagai berikut :

  • Login ke https://member.idwebhost.com/
  • Klik menu Domain > Pilih pada domain yang Anda akan dilakukan untuk setting
  • Klik menu Kelola DNS.
  • Masukan kode verifikasi Google dengan Jenis Record SPF(TXT) kemudian Simpan
  • Pastikan name server domain sudah dirubah ke ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id atau klik tombol Ubah NS Sekarang

Catatan : Setelah melakukan seting DNS tersebut, mohon menunggu proses Resolve DNS kurang lebih 1-2 jam, lalu klik tombol Verify dari halaman Google Search Console.

Demikian panduan untuk cara verifikasi Google Webmaster Tools, apabila masih ada kesulitan silahkan hubungi kami melalui Live Chat yang tersedia.

Apakah artikel ini bermanfaat? Silakan menilai

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan