Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools
Blog Tips Keren Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools

Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools memberikan kepada anda banyak sekali pilihan alat bantu yang bisa anda sesuaikan fungsinya sesuai kebutuhan. Dengan pilihan tools yang tepat, sudah pasti anda akan mampu mengoptimalkan fungsi dari website anda itu sendiri. Dengan adanya penerapan yang tepat, sudah pasti hal ini akan memudahkan anda untuk lebih cepat dalam mengembangkan website yang anda inginkan didalamnya. Tentu ini akan sangat istimewa karena pada dasarnya metode SEO yang bisa anda aplikasikan dalam website tersebut pun juga ada beragam jenisnya. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dulu apa saja manfaat dari Google Webmaster Tools ini dan sejauh apa peran dan fungsinya nanti untuk membantu anda dalam mengembangkan SEO yang tersedia didalamnya.

Apa Itu Google Webmaster Tools

 

Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools
idwebhost.com

 

Pertama, akan dibahas mengenai Google Webmaster Tools. Yang pertama ini adalah sebuah alat digital yang tersaji dengan gratis dari Google untuk memberikan kemudahan pada anda memantau dan mengetahui apa saja yang terjadi pada website. Dengan adanay tools yang satu ini, maka anda pun secara langsung akan bisa mendapatkan kemudahan untuk mengetahui data apa saja yang dihimpun didalamnya. Jadi daripada anda menebak-nebak, maka kini anda akan bisa memahami situasinya secara langsung. Tentunya ini akan menjadikan manfaat tersendiri bagi anda pastinya.

Manfaat Dari Google Webmaster Tools

Mari masuk ke dalam manfaat dari Google Webmaster Tools itu sendiri. dengan adanya alat bantu yang satu ini maka akan terdapat beberapa manfaat yang akan bisa anda peroleh sebagai berikut:

  • Anda akan bisa mendapatkan tools terbaik yang bisa meningkatkan page rank situs anda dengan mudah dan signifikan. Tentu cara yang satu ini adalah sebuah hal yang sangat penting. Dalam hal ini Google selalu berupaya dalam melakukan penyempurnaan terhadap HTML yang ada didalamnya. Di sini yang dimaksud dengan HTML itu sendiri adalah penghapusan terhadap link-link yang bersifat broken atau sudah rusak itu sendiri.
  • Google Webmaster Tools juga akan menyajikan kepada anda kemudahan dalam mengevaluasi kinerja pada website dengan lebih mudah. Dengan adanya cara ini maka anda pun akan bisa membuat website lebih mudah diakses dengan baik. Anda juga akan mampu mengetahui perbandingan kecepatan dari website anda dibandingkan dengan website lain yang ada didalamnya. Google sendiri terus melalukan langkah signifikan untuk mengetahui seberapa cepat loading page website anda di mesin pencari tersebut.
  • Google Webmaster Tools juga akan memberikan manfaat dalam rangka mendeteksi adanya malware bahaya yang bisa menyerang website dengan signifikan. Dalam hal ini, semua memang harus diterapkan dengan tepat. Pasalnya, anda akan melihat bahwa malware itu sendiri akan berpotensi memberikan dampak yang signifikan pada situs anda. Jika sudah demikian, alangkah baiknya jika anda mampu menerapkan solusi yang tepat adn terbaik.
  • Manfaat lainnya dari Google Webmaster Tools ini adalah mampu memberikan kemudahan bagi anda dalam rangka melakukan konfigurasi dengan lebih gampang. Perlu diketahui bahwa konfigurasi adalah sebuah hal yang penting bagi website itu sendiri. Jika anda mampu melakukannya dengan baik, sudah pasti alat bantu yang satu ini akan bisa memberikan semuanya dengan mudah dan tepat. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi dalam penggunaan yang ada didalamnya.

Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tools

 

Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools
idwebhost.com

 

Sekarang anda sudah melihat apa saja manfaat yang akan bisa diperoleh dari Google Webmaster Tools itu sendiri. Di sini yang bisa anda lakukan adalah dengan mengetahui bagaimana cara mendaftar didalamnya. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tahap pertama adalah anda harus Sign In dulu di akun Gmail yang anda miliki. Jika belum punya akun Gmail, maka pastikan anda membuatnya terlebih dahulu di menu sign up yang sudah disediakan oleh situs yang satu ini.
  • Setelah itu, anda di sini hanya tinggal memasukan alamat website atau URL anda pada kolom yang sudah disediakan. Nantinya ini akan membawa anda menuju halaman verifikasi. Setelah itu ada dua jenis pilihan yang ditawarkan dalam Google Webmaster Tools ini, apakah anda ingin menggunakan Recomended Method atau Alternate Method. Anda bisa memilih mana yang tepat dan terbaik.
  • Jika anda memilih recommended method maka anda disarankan untuk mengunduh terlebih dahulu file HTML yang tersedia, kemudian secara langsung mengunggahnya di Folder Root yang terdapat pada website anda itu sendiri. Dari sini anda bisa melakukannya lewat FTP.
  • Jika anda memilih Alternate Method dalam Google Webmaster Tools, maka nantinya Google akan menawarkan sebanyak 4 jenis pilihan yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan yang ada didalamnya.
  • Jangan lupa apabila anda menggunakan CMS WordPress atau Blogger, maka yag perlu anda lakukan adalah menambah meta tag pada bagian homepage website anda itu sendiri. Di sinilah anda akan bisa menerapkan semuanya dengan mudah. Simak selengkapnya di penjelasan di bawah.

Untuk Pengguna WordPress Versi Gratis

 

Panduan Dan Manfaat Google Webmaster Tools
idwebhost.com

 

Bagi anda yang menggunakan WordPress versi gratis, anda tidak perlu cemas karena yang harus dilakukan hanyalah tinggal copy saja kode yang tersedia di halaman terkait. Jika sudah, maka anda tinggal memasukannya saja nanti ke menu tools yang ada didalamnya. Dari sini anda bisa kemudian mencoba mengaktifkan Google Webmaster Tools yang anda miliki tersebut.

Untuk Pengguna Blogger

Bagi anda yang menggunakan Blogger, maka anda hanya tinggal mengcopy saja kode yang tersedia tersebut, kemudian di paste kedalam dashboard akun blogger anda. Dari sini anda hanya tinggal memilih menu template, kemudian dengan sendirinya anda bisa paste kode tersebut dengan cara memilih bagian Edit HTML itu sendiri.

Untuk Pengguna CMS WordPress Yang Self Hosted

Bagi pengguna CMS WordPress yang Self Hosted, anda bisa mengcopy dan paste kode tersebut dengan cara masuk ke admin area anda terlebih dahulu. Dari sinilah anda bisa memilih menu kemudian, Appearance, tak lupa dengan memilih bagian Editor yang terdapat didalamnya. Dari sini anda bisa mencari File Header.Php yang nantinya bisa anda kondisikan dan sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Fungsi Fitur Pada Google Webmaster Tools

Kini hal lain yang perlu anda pahami dalam Google Webmaster Tools tersebut adalah sejumlah fitur yang terdapat didalamnya. Fitur tersebut akan mampu memberikan kepada anda penjelasan mengenai apa saja yang sebaiknya anda terapkan didalamnya itu sendiri. Dalam hal ini, akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya nanti dari sini.

Misalnya adalah Sitemaps yang menjadi fitur berguna bagi untuk memberikan indeks ke seluruh page yang terdapat pada website anda. Kemudian ada juga Crawl Access yang akan memberikan anda otoritas untuk menunjukan mana halaman yang anda tidak ingin di-index oleh Google itu sendiri.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.