Cara Mengatasi Max Defers pada Mail Hosting

11 Agustus 2022
1436
Cara Mengatasi Max Defers pada Mail Hosting

Max Defers adalah dua kata yang terdapat dalam pesan error saat gagal melakukan proses kirim email di mail hosting. Contoh, kalimat lengkapnya seperti ini, “Domain has exceeded the max defers and failures per hour (5/5 (14%)) allowed”. Bagaimana cara mengatasi max defers?

Beberapa hal yang menjadi penyebab gagalnya proses pengiriman email, antara lain:

  • Alamat email tujuan yang tidak valid
  • MX Record email tujuan tidak ditemukan
  • Aktifnya fitur untuk menghindari spam yang dilakukan oleh user

Penyebab munculnya pesan error ini adalah karena cPanel secara default memiliki fitur untuk menghindari tindakan spam yang kemungkinan bisa dilakukan oleh user. cPanel akan melakukan pemblokiran pada satu akun yang berkali-kali mengirimkan email yang tidak valid atau spam dalam waktu  satu jam. 

Tidak valid di sini artinya, kamu mengirim email pada penerima yang sebenarnya tidak ada atau ada setting yang belum tepat di email hosting, hal ini akan dibaca sebagai spam oleh cPanel.

Cara Mengatasi Max Defers Pada Email Hosting

Lantas, bagaimana cara mengatasi max defers pada email hosting? Berikut cara mengatasi max defers pada email hosting: 

1. Login ke member area IDwebhost

Pertama, silakan login ke member area IDwebhost untuk masuk ke cPanel

cara mengatasi max defers

2. Pilih menu layanan

Dari halaman dashboard member area, pilih menu Layanan

cara mengatasi max defers
  • Pilih hosting yang ingin di cek, klik tulisan nama paket hosting semisal awesome
cara mengatasi max defers
  • Di menu tindakan pilih login cpanel
cPanel

3. Masuk ke Track Delivery di cPanel

Kemudian, kamu akan dialihkan new tab login otomatis ke cPanel. Lalu di kolom search silakan ketik/tulis track selanjutnya klik track delivery

cpanel
  • Berikut tampilan Track Delivery pada mail hosting. Laporan akan muncul pada tabel di bawah. Isi tabel juga bisa difilter sesuai kebutuhan. Misal, kamu hanya ingin menampilkan email yang gagal terkirim, caranya dengan klik tombol Show Blocked & Failed.
cara mengatasi max defers
  • Penyebab error max defers karena adanya kegagalan pengiriman email lebih dari 5 kali dalam 1 jam. Untuk keterangan email yang gagal pada track delivery bisa dilihat dengan keterangan event seperti gambar dibawah ini.

system defered System deferred the message.

Delivery ErrorPesan mengalami kesalahan pengiriman.

track deliveredServer email menerima pesan tetapi tidak mengirimkan pesan ke kotak masuk penerima. Ini biasanya terjadi karena server spam memfilter pesan tersebut.

Rejected Sistem menolak dan membuang pesan pada waktu SMTP. Ini biasanya terjadi karena server pengirim tidak menggunakan konfigurasi yang aman atau terblacklist.

  • Jika dalam track delivery ada kegagalan email dengan keterangan event diatas lebih dari 5 kali dalam 1 jam akan mendapat bounce max deffer. Error max defers akan tereset otomatis setelah 1 jam setelah email pengiriman terakhir.
cpanel

Kini kamu  sudah mengetahui penyebab dari pesan error muncul pada saat melakukan pengiriman email di mail hosting. Anda bisa mengecek aktivitas tersebut melalui Track Delivery di cPanel. Kemudian, mencari tahu solusi yang bisa dilakukan.

Semoga panduan cara mengatasi max defers ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat

Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )

Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *