Cara mengaktifkan SPF dan DKIM

28 September 2022
115

Sahabat IDwebhost, apakah kamu tahu SPF dan DKIM? Dalam dunia hosting, dua fitur ini berada di menu Email Deliverability. Fungsinya untuk mencegah spam email. Untuk menggunakannya, kamu harus tahu cara mengaktifkan SPF dan DKIM terlebih dulu. 

Namun sebelum itu, mari kita cari tahu lebih banyak tentang apa itu SPF dan DKIM. 

Apa itu SPF dan DKIM? 

SPF adalah kependekan dari Sender Policy Network. Fungsi SPF adalah untuk mencegah pemalsuan alamat pengirim email. 

Pada dasarnya, SPF tidak dapat menghentikan spam. Namun, SPF bekerja dengan melakukan kontrol dan menghentikan pemalsuan pengirim email. 

Sedangkan DKIM adalah kependekan dari DomainKeys Identified System. DKIM adalah bentuk TXT record yang diterbitkan dalam DNS, atau Domain Name System. 

Cara kerja DKIM adalah memvalidasi nama domain menggunakan teknik kriptografi. DKIM akan menggunakan sebuah kunci untuk memastikan bahwa email yang dikirimkan adalah email pengirim aslinya. 

Intinya, SPF dan DKIM akan melakukan pengecekan email yang masuk. Dan memastikan bahwa email memang benar terkirim dari alamat asal dan bukan termasuk spam. 

Cara mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel shared hosting berbayar, tujuan mengaktifkan SPF dan DKIM ini untuk mencegah dan meminimalisir spam saat kirim email dan saat terima email.

Cara setting SPF dan DKIM di cPanel

1. Login ke cPanel hosting milikmu, lalu klik menu Email Deliverability

cpanel

Pada menu domain sebelah kiri akan muncul list email dari webmailmu, lalu cek Email Deliverability Status. Jika statusnya valid, maka konfigurasi SPF dan DKIM domainmu sudah benar. Namun jika statusnya Problems Existed, maka konfigurasi SPF dan DKIM perlu dibenahi agar menjadi valid. Karena akan menjadi masalah untuk ke depannya. Detilnya bisa lihat gambar di bawah. 

DKIM

2. Validasi

Solusi jika status Problems Exist, maka kamu bisa langsung klik menu Repair  dan tunggu hingga prosesnya selesai. Secara otomatis hingga status Problems Exist tadi berubah menjadi Valid

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel

3. Cek detail konfigurasi

Jika sudah valid, maka kamubisa mengkroscek detil dari konfigurasi tersebut dengan klik menu Manage di menu paling kanan. 

Contoh konfigurasi yang valid seperti di gambar, nah untuk konfigurasi yang valid adalah sebagai berikut: 

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel

Nah itu tadi adalah cara mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel beserta solusi saat konfigurasi yang tidak tepat.

Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat

Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )

Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *