Panduan Email Hosting Untuk Pemula
Blog Tips Keren Panduan Email Hosting Untuk Pemula

Panduan Email Hosting Untuk Pemula

Email hosting untuk pemula merupakan sebuah media pengiriman informasi yang paling banyak dipakai dan juga tidak tergantikan sampai saat ini. Apalagi dengan berkembangnya tren saat ini, media sosial maupun mobile apps yang banyak muncul. Pemakaian email tetap meningkat secara siginifikan. Seringkali email menjad persyaratan utama. Anda bisa melihat pelayanan keuangan online, sebuah website ecommerce ataupun autoresponder, ternyata email mempunyai sebuah peran untuk menggantikan identitas yang Anda punya.

Ide dari sebuah pengembangan email terjadi ketika cara berkirim pesan secara tradisional yang dilakukan dengan menggunakan surat. Kelebihan dalam penggunaan email juga bisa meningkatkan kecepatan komunikasi sampai berkali lipat. Anda juga bisa membayangkan aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan informasi bisa begitu saja dipersingkat menjadi dalam hitungan detik.

email hosting untuk pemula

Struktur pada Email Hosting Untuk Pemula

Email hosting untuk pemula pada umumnya mempunyai struktur penyusunan yang sama dengan email pada umumnya. Hal ini juga dikarenakan agar penyusun dapat bekerja dengan benar dan sebagai mana mestinya. Berikut ini merupakan struktur dari sebuah email:

  1. Header email. Adalah bagian kepala dari sebuah surat elektronik yang berisi mengenai alamat email yang ditujukan baik untuk pengirim maupun penerima, judul atau subjek email, tanggal dan juga waktu.
  2. Body email merupakan bagian tubuh dari sebuah surat elektronik yang berisi tentang konten pesan. Bentuknya sangat bisa beragam. Dan bisa juga membuat pesan teks sampai dengan gambar dan video.

Anda dibebaskan untuk memilih tipe file apa yang Anda kirimkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Teks juga bisa ditulis pada body email, atau Anda bisa hanya menyisipkan lampiran, pesan sebuah gambar, video ataupun audio.

email hosting untuk pemula

Mail Server Email Hosting untuk Pemula

Merupakan sebuah server penyimpan dan juga pemroses dari setiap email yang Anda punyai. Ada beberapa mail server yang banyak digunakan hingga saat ini:

Email Hosting untuk Pemula POP3 (Post Office Protocol Version 3)

Merupakan sebuah email yang dipakai agar bisa mengambil email yang berasal dari sebuah server. Protokol POP3 ini juga ditujukan agar ada yang bisa digunakan untuk menampung email sementara waktu hingga email tersebut diambil alih oleh penerima dikomputernya. Kelebihannya adalah bisa dicara secara offline, karena email sudah otomatis diunduh ke dalam aplikasi atau komputer milik Anda. Selain itu juga mudah dalam pengarsipan karena email disimpan langsung di computer pengguna. Selanjutnya, kekurangannya adalah hanya bisa dipakai dari computer atau aplikasi pengguna saja. Dan pengakses juga harus mendownload ulang terlebih dahulu, jika akses dilakukan dari perangkat yang berbeda.

Email Hosting untuk Pemula IMAP (Internet Message Access Protocol)

Merupakan sebuah protocol standar yang paling banyak digunakan dalam mengakses dan juga mengambil email di server. Dengan adanya IMAP juga membantu pengguna dalam membaca sebuah pesan, memilih pesan dan juga menghapus pesan yang tertentu dan juga bisa membuat sebuah folder pada server. Bisa dibilang protocol ini lebih dinamis dikarenakan mempunyai interkasi dua arah dan sangat jauh berbeda dengan POP3 yang hanya bisa mendownload email yang berasal dari server ke computer. Kelebihan dari IMAP adalah pengguna bisa melakukan pengelolaan sebuah email secara rutin dan realtime dari server. Dan email juga langsung di download dari sebuah server, sehingga nantinya bisa dibaca dimanapun walaupun menggunakan media yang tidak sama. Kekurangannya adalah karena email diakses langsung dari server sehingga kapasitas resource server akan otomatis berkurang saat Anda mengakses email.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

POP3 dan IMAP adalah sebuah protocol yang digunakan untuk menerima email, berbeda dengan SMTP yang merupakan suatu protocol yang dipakai guna mengirim sebuah pesan yang berasal dari computer pengirim kepada mail server penerima.

email hosting untuk pemula

Mail Application

Jika dijelaskan secara pengertian, mail application merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang khusus dipakai untuk media berkirim pesan dengan bantuan internet. Ada begitu banyak mail application yang bisa Anda pakai, tetapi ada beberapa juga yang populer dan bisa Anda coba.

Outlook

Merupakan sebuah aplikasi dari Microsoft yang memakai metode email client agar bisa mengunduh dan juga mengirimkan pesan email. Layanan ini juga sudah dilengkapi dengan adanya pengaturan POP atau IMAP dan juga SMTP agar bisa menunjung berbagai aktivitas berkirim pesan yang ada.

Push Mail

Merupakan sebuah teknologi terbaru yang ditawarkan kepada para pemakai layanan email yang ada di dunia. Apalagi yang gemar mengakses email dengan menggunakan gadget ataupun smartphone. Kelebihan yang dipunyai oleh penyedia layanan email adalah user atau penggunanya bisa memantau email masuk dengan bantuan kotak masuk kepunyaan mereka masing-masing secara real time atau bisa juga minute by minute. Sehingga nantinya Anda tidak lagi ketinggalan e-mail yang baru.

Gmail

Adalah sebuah kepedekan dari Google Mail. Jika dilihat dari namanya, Anda sudah mengetahui jika mail application ini adalah mail application yang berasal dari raksasa IT di dunia. Gmail juga mempunyai fitur POP dan juga IMAP yang bisa dimanfaatkan agar bisa menggunakan email client mirip seperti Outlook. Gmail juga sudah dilengkapi dengan adanya berbagai fitur pemindai virus sehingga bisa langsung mendeteksi email ataupun berkas yang akan Anda kirim.

email hosting untuk pemula

Berbagai Permasalahan pada Email Hosting untuk Pemula

Dengan menggunakan email memang sering dipusingkan dan juga direpotkan dengan ukuran file yang lebih dari batas yang sudah ditentukan. Dan juga berbagai permasalahan yang lain. Berikut contohnya:

Attachmet Size Limitation

Adalah sebuah permasalahan yang ketika akan mengirimkan sebuah berkas dengan over capacity atau dengan kata lain melebihi dari batas maksimal yang terjadi pada sebuah layanan email. Anda juga tidak perlu lagi cemas karena terdapat beberapa vendor yang sudah memberikan solusi alternative agar dapat mengatasi permasalahan ini. Dropbox dan juga Google Drive adalah sebagai dari contoh solusi dalam membantu mengatasi permasalahan ini. Tentunya dengan adanya tempat penyimpnan temporere yang sangat siap dalam menampung file dengan ukuruan yang besar.

Spam

Adalah sebauh tidak penyalahgunaan contohnya berupa pengiriman berita elektronik. Seringkali dipakai oleh pihak tertentu, tetapi digunakan dalam kepentingan komersial. Berupa bentuk text gambar ataupun ideo. Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi spam:

  1. Pilihlah sebuah antivirus yang sudah mendukung misi untuk anti spam.
  2. Memberikan sebuah filter untuk spam pada sebuah router atau server sebuah email.
  3. Pakailah firewall yang ada di sistem operasi Anda dan gunakan untuk personal firewall
  4. Bagi pengguna outlook Express, Anda sangat bisa menggunakan pelayanan mail filtering yang ada dalam aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Email memang sudah menjadi media yang sangat penting dan sangat efektif. Karenaya dapat dilakukan pertukaran informasi yang sangat cepat. Tidak hanya bertukar pesan berupa teks tetapi juga bisa berkas dalam berbagai bentuk seperti dokume, gambar, audo, ataupun video yang bisa diakomodasi. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.