Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

4 Agustus 2022
1485

Ketika menjalankan bisnis, apalagi bisnis online, penggunaan landing page sangat penting. Karena landing page bisa mengerek kenaikan leads yang signifikan. Jika kamu adalah pengguna WordPress, kamu bisa membuat landing page menggunakan Elementor. Tutorial kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat landing page dengan Elementor.

Jadi, simak sampai selesai, ya.

Apa itu Elementor

Elementor adalah salah satu plugin page builder dari WordPress. Sampai saat ini plugin Elementor telah diinstall lebih dari 5 juta pengguna. Plugin juga mendapatkan rating bintang 5.

 Elementor dikembangkan pada tahun 2014 oleh Yoni Luksenberg dan Ariel Klikstein. Elementor dikenalkan ke publik pada 1 Juni 2016. Elementor memiliki 2 versi, yaitu Elementor versi gratis dan berbayar. 

Elementor menjadi salah satu plugin yang wajib diinstall bagi kamu yang gemar bereksperimen dengan website. Mulai dari modifikasi tampilan website, membuat landing page, company profile, curriculum vitae dan sebagainya. 

Kamu bisa menemukan Elementor Page Builder di menu plugins WordPress.

Kelebihan Elementor

Berikut kelebihan Elementor untuk membuat landing page, yaitu :

  • Open Source
  • Mudah digunakan
  • Responsive
  • Ramah SEO
  • Dapat di-custom 

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Setelah tahu apa itu Elementor dan kelebihan yang dimilikinya, sekarang waktunya untuk menginstall Elementor dan membuat landing page pertamamu di WordPress.

Berikut cara membuat landing page dengan Elementor: 

1. Login WordPress

Langkah pertama adalah login WordPress. Untuk login bisa mengakses namadomain.com/wp-admin, kemudian masukkan username dan password.

Cara membuat landing page dengan elementor

2. Memilih Plugins Elementor Page Builder

Setelah berhasil login, pergi ke menu plugins kemudian klik add new.

cara membuat landing page

Lalu pada kotak pencarian, tuliskan ‘elementor’ lalu akan muncul pilihan plugin. Silakan pilih Elementor Website Builder dan klik Install Now

landing page elementor

Setelah proses instal selesai, jangan lupa klik Activate untuk mengaktifkan plugin Elementor

Elementor

3. Membuat Landing Page dengan Elementor

Jika belum membuat pages bisa langsung ke menu Pages >> Add New. Atau jika sudah membuat pages sebelumnya, bisa ke menu Pages >> All Pages. Pada panduan ini, kita akan membuat pages baru. 

cara membuat landing page dengan elementor

Pada halaman yang akan di buat, silakan klik Edit With Elementor.

Cara membuat landing page dengan elementor

Tunggu hingga tampilan seperti di bawah ini: 

landing page

Dapat dilihat di sisi kiri tampak beberapa elemen dari Plugin Elementor Page Builder. Elemen-elemen tersebut bisa kamu drag and drop langsung ke halaman website. Kamu hanya perlu klik, tarik lalu letakkan ke kolom yang diinginkan.

Pertama-tama, silakan klik tombol +untuk memilih kolom yang diinginkan untuk tampilan website.

cara membuat landing page

 

4. Memilih Elemen untuk Landing Page

Setelah memilih kolom, sekarang saatnya membuat landing page yang kamu inginkan. Pastikan kamu sudah mendesain landing page terlebih dahulu ya, agar tidak bingung. 

Kamu bisa memasukkan Heading, image, carousel, Google Maps, Icon, Image Box, Icon Box, Image Gallery, Image Carousel, Progress Bar, Testimonial, text editor dan sebagainya. Tinggal bagaimana kreativitas kamu ya!

Sebagai contoh, pada panduan ini akan dibuat landing page dengan memilih 3 kolom sebagai berikut:

Membuat text editor

Silakan drag elemen text editor ke kolom bagian kanan. 

Elementor Elementor

Kamu bisa mengubah tampilan text editor pada bagian kiri. Kamu bisa ubah konten text editor pada bagian tab Content. Jika ingin mengubah warna huruf, silakan klik tab Style. Jika ingin menambahkan background dan custom css silakan tab Advanced.

text editor

Menambahkan Image

Silakan drag image ke kolom bagian kanan

landing page

Untuk memasukan gambar klik choose image pilih gambar dari pc/laptop 

Images

Kamu bisa mengubah tampilan image pada bagian kiri. Kamu bisa ubah ukuran gambar, letak posisi gambar, caption dan link pada bagian tab Content. Jika ingin mengubah ukuran gambar, silakan klik tab Style. Jika ingin menambahkan background dan custom css silakan tab Advanced

images

Membuat Icon box

Silakan klik “+” pada kolom lalu drag elemen “Icon Box” ke tiap kolom.

iconbox

Kamu bisa ubah judul, icon, posisi icon, deskripsi, tulisan serta link pada bagian tab Content. Jika ingin mengubah warna, hover, spasi dan ukuran silakan klik tab Style. Jika ingin menambahkan background, pengaturan margin, pengaturan padding dan custom css silakan tab Advanced. Jangan lupa klik Update untuk menyimpan hasil editing!

icon box

5. Landing Page sudah Selesai

Selamat, landing page pertamamu sudah selesai. Hasilnya seperti gambar di bawah. 

landing page

Semoga panduan cara membuat landing page dengan Elementor ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat
Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )
Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *